Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Yuk, Maksimalkan Belajar dari Rumah dengan Cara Ini

BABY  |  BRANDS  |  MY STORY  |  16 Sep '21


Sebagai salah satu langkah nyata mencegah pandemi COVID-19 semakin berlarut, pemerintah mendorong masyarakat untuk menjalankan Adaptasi Kebiasaan Baru. Di masa ini, seluruh kegiatan yang membutuhkan kontak fisik tidak diperbolehkan kecuali terpaksa. Itu pun harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan.

Karena rawan menjadi pusat penyebaran penyakit, gedung-gedung sekolah pun ditutup untuk kegiatan belajar mengajar. Anak-anak diminta belajar dari rumah dengan bantuan teknologi informasi. Meski para guru tetap membimbing anak-anak didiknya via online, tentu tidak seefektif jika kegiatan belajar mengajar dilakukan di sekolah. Peran orang tua pun semakin menentukan sukses tidaknya pembelajaran si Kecil di rumah.

Yang menjadi hambatan dan tantangan adalah perbedaan situasi belajar di sekolah dan di rumah. Anak-anak usia dini membutuhkan lebih banyak bantuan dalam belajar dibandingkan dengan anak yang lebih tua. Situasi rumah dan mood si Kecil harus selalu terjaga dengan baik selama proses pembelajaran di rumah agar dia mampu memetik ilmu dari apa yang dipelajarinya. Moms pun juga perlu menjaga mood sehingga pengalaman belajar si Kecil tetap menyenangkan.

Apa yang bisa Moms lakukan agar Moms dan si Kecil selalu termotivasi dalam belajar meski harus dari rumah? Simak, yuk, tips berikut ini! 

Tips menjaga suasana/mood orang tua dan anak selalu baik untuk mengoptimalkan proses belajar dari rumah

1. Sajikan alat peraga yang berwarna-warni

Sesuatu yang berwarna-warni cepat menarik perhatian anak-anak. Oleh karena itu, saat menyediakan alat peraga belajar, pilihlah yang berwarna-warni. Si Kecil yang tertarik dengan benda berwarna-warni ini akan lebih mudah berkonsentrasi dan rasa ingin tahunya juga akan semakin besar.

2. Biarkan si Kecil memimpin proses belajar di rumah

Agar suasana hati si Kecil tidak terusik, Moms bisa membiarkan si Kecil memimpin proses belajar di rumah. Fokuslah pada aktivitas dan topik yang disukai si Kecil saat ini. Tentunya disesuaikan dengan silabus belajar di rumah. 

Ketika si Kecil sedang terobsesi dengan tata surya, Moms bisa membuat aktivitas yang berhubungan dengan mempelajari tata surya dikaitkan dengan materi fisika dasar, misalnya. Atau jika si Kecil sedang senang menyantap salad buah, Moms bisa mengenalkan macam-macam buah dan kandungan gizinya. Ketika Moms mengajak si Kecil main di pekarangan rumah, si Kecil yang tertarik dengan kupu-kupu bisa sekalian belajar tentang metamorfosis dan daur hidupnya. Proses belajar akan selalu lebih menyenangkan dengan prinsip child-driven ini. 

Moms dapat mengakses Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) untuk mengunduh berbagai macam aktivitas yang dapat menstimulasi kecerdasan si Kecil. Aktivitas-aktivitas di situs MIPP dapat mengisi hari-hari si Kecil dengan kegiatan positif dan memaksimalkan belajar dari rumah.

3. Kenakan pakaian yang sesuai

Pakaian yang Moms dan si Kecil kenakan berdampak banyak pada kinerja dan produktivitas. Jangan hanya karena sedang belajar dari rumah, lantas Moms acuh pada pakaian yang Moms dan si Kecil kenakan. Saat si Kecil hanya memakai piyama atau dia melihat Moms memakai daster, dia akan merasa tidak benar-benar sedang belajar dari rumah. Sebaliknya, si Kecil yang mengenakan seragam atau pakaian yang sesuai acara, demikian juga Moms, akan lebih bersemangat dalam belajar.

4. Berikan kesempatan pada si Kecil tetap terhubung dengan teman-temannya

Bagi si Kecil, tetap terhubung dengan teman-temannya sangat vital. Beri dia kesempatan berinteraksi dengan teman sebaya selama istirahat (misalnya saat waktu makan siang) mereka secara online. Ini akan membantu mereka menjaga koneksi dan meningkatkan mood mereka. Tidak hanya teman sebaya, gunakan teknologi informasi untuk tetap berhubungan dengan keluarga besar, terutama jika si Kecil terbiasa mengunjungi saudara, kakek, nenek, secara rutin.

5. Dorong si Kecil berolahraga di siang hari

Olahraga dapat membantu meningkatkan mood, energi, konsentrasi, dan motivasi. Otak manusia mudah lelah ketika belajar lebih dari 20 menit dan sulit untuk tetap fokus setelah belajar selama 45 menit. Olahraga dapat membantu otak bagian lain aktif dan otak yang digunakan untuk belajar bisa beristirahat mengumpulkan energi.

6. Terapkan gaya hidup aktif

Tidak hanya rutin berolahraga, Moms dan si Kecil juga perlu tetap aktif. Manfaatkan waktu bersama di rumah untuk bermain bersama di halaman rumah, berkebun, memasak, menggambar, membaca buku, dan lain sebagainya. Keterlibatan orang dewasa juga sangat penting dan berdampak positif pada mood semua anggota keluarga. Jangan lupa, jalin ikatan keluarga akan tetapi tetap hormati kebutuhan privasi tiap-tiap anggota keluarga termasuk si Kecil.

7. Jadilah pendengar yang baik

Luangkan waktu untuk mendengarkan kekhawatiran si Kecil tentang apa yang terjadi di sekitarnya. Berikan informasi sesuai dengan usia yang didasarkan pada fakta agar rasa ingin tahu maupun rasa cemas si Kecil terobati. Tanyakan apa saja yang telah si Kecil ketahui sehingga Moms dapat mengklarifikasi kesalahpahaman yang mungkin si Kecil miliki.

Ketika si Kecil bertanya kapan pandemi akan berakhir atau kapan dia bisa kembali ke sekolah, hindari menjawab dengan sekenanya atau menjanjikan sesuatu yang belum pasti. Akan tetapi, tetap validasi emosi si Kecil dan yakinkan dia bahwa Moms akan memberitahunya apabila Moms sudah mempunyai jawaban yang pasti.

Selalu ingat bahwa anak-anak adalah peniru yang unggul. Si Kecil akan mengamati dan meniru perilaku Moms dalam situasi sulit. Maka, Moms juga harus tetap tenang dalam menjalani hari-hari di kala pandemi yang tidak pasti ini. Jaga kesehatan Moms, makan teratur, habiskan waktu melakukan aktivitas yang Moms sukai, dan praktikkan teknik relaksasi untuk membantu menjaga ketenangan hati Moms.

8. Berikan si Kecil makanan sehat bernutrisi tinggi

Tetap pastikan kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi dengan memberikannya makanan-makanan bergizi. Masa golden age merupakan usia yang sangat krusial untuk tumbuh kembang si Kecil termasuk perkembangan otak. Selain makanan sehat bergizi, berikan Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Triple Bifidus sebagai salah satu asupan nutrisi untuk mendukung belajar dari rumah.

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Triple Bifidus mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan anak usia 1 sampai dengan 3 tahun untuk tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta. Kandungan-kandungan dalam susu pertumbuhan anak ini seperti AA & DHA, Alfa Laktalbumin, Kolin, Zat Besi, Omega-6 & Omega-3, fosfolipid, Nukleotida, Probiotik Triple Bifidus & Prebiotik GOS, Kalsium, Vitamin D, Magnesium, Whey Protein, 15 Vitamin dan 9 Mineral, bersinergi meningkatkan Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal si Kecil.

 

Nah, Moms itulah tips agar si Kecil bisa maksimal belajar dari rumah. Tetap semangat, ya, Moms, untuk memberikan motivasi belajar kepada si Kecil sehingga dia tidak bosan dan selalu bahagia.

 

Referensi: Duke Kunshan University, Morinaga Platinum, Smile Tutor, SPH,  TESOI, University of Melbourne

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1234 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Si Kecil Alergi Susu Sapi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Alergi susu sapi merupakan salah satu jenis alergi makanan yang paling umum ditemui pada anak-anak. Hal ini terjadi karena sistem imun Si Kecil [...]

Si Kecil Uring-uringan? Bisa Jadi Pengaruh Nutrisi & Stimulasi yang Kurang Tepat

Rewel, merengek, dan uring-uringan adalah fenomena yang kerap ditemukan kala mengasuh anak. Seorang anak yang masih

Manfaat Berlatih Musik dan Bernyanyi untuk Dukung si Kecil Grow Happy

Manfaat Berlatih Musik dan Bernyanyi untuk Dukung si Kecil Grow Happy Tugas orang

Tantrum: Kapan Harus Dibiarkan dan Kapan Harus Mulai Disiplin?

Mendapati si Kecil menangis hingga berguling-guling di lantai bahkan melempar barang bisa membuat

Babyo Review: Stroller Babycare

Bepergian bersama si Kecil adalah saat yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Di balik pengalaman

Ini Alasan Mengapa Moms Harus Memilih Botol Susu yang Bisa Jaga Gizi ASIP

Memberikan ASI eksklusif secara langsung merupakan metode terbaik untuk memenuhi nutrisi seorang