Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Yuk Penuhi Kandungan Gizi Ibu Hamil Lewat Menu Sederhana

PREGNANCY  |  05 Oct '18


Mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, memang sudah seharusnya. Ini bukan hanya menyangkut Moms saja, tapi juga janin, hingga kelak tumbuh menjadi dewasa. Asupan nutrisi Moms selama masa kehamilan, akan memberikan efek jangka panjang. Jadi, sudah sewajarnya jika dalam menghadapi masa kehamilan, selain menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang tips kesehatan seputar kehamilan, Moms juga wajib mencari-cari pilihan menu harian yang baik dikonsumsi ibu hamil ya.

Beberapa nutrisi wajib bagi ibu hamil adalah asam folat, zat besi, kalsium, protein, mineral, karbohidrat, dan vitamin komplit. Semua ini dapat Moms peroleh dari asupan menu makanan sehari-hari. Variasi menu sangat dibutuhkan, mengingat Moms terkadang menghadapi masalah nafsu makan yang tak menentu, akibat perubahan hormon selama masa kehamilan, ini wajar kok Moms.

Mengatasi Mual dan Muntah Selama Kehamilan

Morning Sickness adalah salah satu hal yang umum dialami oleh ibu hamil. Menurut sebuah penelitian, 3 dari 4 ibu hamil mengalami mual pada awal kehamilan, biasanya terjadi pada trimester awal. Dan hampir 50% dari ibu hamil mengalami muntah-muntah.

Meskipun terdengar wajar dan biasa, namun morning sickness juga perlu dihadapi dengan waspada ya Moms. Jika tak dinimbangi dengan asupan makanan bernutrisi dan cairan, ini sangat berbahaya. Karena dapat menyebabkan dehidrasi hingga malnutrisi.

  1. Nah, untuk mengatasi mual dan muntah yang terjadi dalam intensitas sering, dokter biasanya akan memberikan obat anti mual untuk Moms. Namun, ketika masih dalam kondisi wajar, sebenarnya konsumsi obat-obatan bisa diminimalisir kok.

  2. Yang harus Moms lakukan adalah menghindari makanan dan minuman yang dapat mengakibatkan rasa mual. Nah, setiap ibu hamil itu pasti akan mengalami hal yang unik ya. Salah satunya adalah sensitif terhadap aroma tertentu. Untuk itu, sebaiknya, Moms menghindari makanan atau minuman yang membuat perut Moms bergejolak.
    Selain itu, beberapa makanan dan minuman yang terlalu asam, terlalu pedas, mengandung minyak berlebih dan rasa yang terlalu kuat juga dapat memicu mual dan muntah. Untuk itu, lebih baik dihindari sementara waktu. Kecuali, apabila Moms merasa baik-baik saja dan tak merasakan indikasi mual dan muntah, tentu Moms boleh mengonsumsi makanan apa saja, selama masih berada dalam batas jumlah yang wajar.

  3. Nah, selain itu, mengonsumsi wedang jahe juga ampuh untuk menumpas rasa mual lho Moms. Infuse water dari daun mint, permen, dan mengoleskan minyak aroma terapi sambil istirahat juga bisa Moms coba untuk mengatasi mual muntah selama masa kehamilan.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Mual dan Muntah Selama Kehamilan?

Selanjutnya, meskipun Moms mengalami mual dan muntah selama kehamilan, Moms tetap harus makan dan minum, guna memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan untuk tubuh Moms dan janin. Ini penting lho Moms. Nah, untuk itu, Moms dapat makan dalam porsi kecil, namun berulang.

Jadi, Moms dapat mengulang makan setiap satu atau dua jam, dengan porsi yang kecil. Moms juga dapat membuat variasi menu nih. Selang-seling menu memang sangat diperlukan ya, selain agar seluruh kebutuhan gizi yang dapat diperoleh, ini juga untuk tetap menjaga nafsu makan Moms yang sedang hamil.

Gizi ibu hamil juga dapat diperoleh dari asupan cairan. Nah, beberapa minuman yang disarankan seperti air kelapa, yang mengandung elektrolit, mineral, dan karbohidrat yang sangat baik untuk menutrisi dan memenuhi cairan tubuh ibu hamil. Kemudian, jus buah dan sayur. Selain segar dan mengenyangkan, jus juga sangat baik sebagai asupan gisi yang kaya serat dan rendah lemak.

Susu juga sangat baik untuk ibu hamil. Nah, suatu penelitian menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi susu ibu hamil sebanyak 3x200 ml sehari, mampu mengurangi kemungkinan bayi lahir cacat, kerdil, dan mencegah diabetes pada anak. Dan yang paling penting dari semua itu adalah minum air putih.

Tips Menyusun Menu Ibu Hamil

Dalam memilih menu makanan, yang paling utama harus diperhatikan adalah asupan nutrisi untuk ibu hamil. Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa ibu hamil membutuhkan nutrisi 2 kali lebih padat daripada orang kebanyakan.

Hal ini tak dapat dipisahkan dengan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Selain itu, nutrisi yang diasup selama masa kehamilan juga merupakan bekal bagi si Kecil kelak. Ketercukupannya menentukan tumbuh kembang bayi, baik fisik, otak hingga mentalnya nanti. Untuk menghadapi ibu hamil yang menjelma menjadi ‘picky eater’ selama masa kehamilan.

Tips Memenuhi Nutrisi Moms dan Janin Selama Masa Kehamilan

  1. Sarapan
    Hal terpenting untuk memulai hari adalah sarapan. Ini seperti bekal untuk Moms dalam beraktivitas seharian. Sarapan yang disarankan untuk ibu hamil adalah yang memiliki nutrisi lengkap, meskipun dalam jumlah kecil.
    Moms dapat membuat menu sederhana, yang terdiri dari sebuah irisan daging alpukat, Telur dadar atau rebus, dan kentang panggang. Atau, Moms juga dapat mengonsumsi nasi, tumisan sayur, dengan lauk (Moms bisa memilih antara tahu,tempe,telur,ikan,ayam atau daging). Jangan lupa untuk melengkapinya dengan segelas susu ya Moms.

  2. Makan Siang
    Untuk menu makan siang, Moms dapat mengonsumsi nasi dengan sayur dan lauk. Disarankan, sayurnya yang berkuah. Seperti sayur bayam, lodeh, sop atau yang lainnya. Jangan lupa lauknya ya Moms, sebagai sumber protein.

  3. Makan Malam
    Menu makan malam yang dianjurkan adalah makanan kering atau tanpa kuah. Bila kehamilan sudah memasuki trimester akhir, Moms dapat mengurangi kandungan karbohidrat di waktu makan malam, dan menggantinya dengan buah dan susu.

  4. Camilan
    Hal yang tak kalah pentingnya untuk ibu hamil adalah camilan. Moms dapat mengonsumsi kacang-kacangan, buah potong, puding, atau kolak.

Semoga bermanfaat.

By: Kinari Ghranesia

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

773 Kinari Ghranesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ikhtiar Melahirkan Normal

Karena segalanya perlu diupayakan, begitu juga dengan proses persalinan. Betul tidak moms? Waktu hamil dulu, saya ingin sekali melahirkan secara [...]

Manfaat Berbicara dengan Janin Dalam Kandungan

Waktu hamil dulu sering mengajak ngobrol dedek bayi tidak moms? Nggemesin ya ngobrol sendiri sama bayi, apalagi kalau pas elus-elus perut terus [...]

Kelahiranmu, Keajaiban Bagiku

Tentang cerita persalinanku, bagi banyak orang mungkin biasa saja, tidak ada yang istimewa. Bukan persalinan ekspres, bukan pula persalinan [...]

HIPERSALIVASI Saat Kehamilan Pertama

Waktu trimester pertama aku hamil rasa mual itu sudah pasti aku alami. Lama kelamaan rasa mual itu terasa makin menjadi-jadi, muntah ketika [...]

Pregnancy Badge

Halo moms! Nama saya Banni Bestina, dan kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menggunakan pregnancy badge di Jepang (pre-pandemi).

Memulai Kenyamanan Hidup Dengan Memilih Pakaian Dalam Sorella

Kenyamanan hidup bisa kita mulai dari diri sendiri, dan mood merupakan salah satu yang menentukan kenyamanan yang akan kita rasakan. Jika kita [...]

Tips Menjaga Penampilan Meskipun Sudah Melahirkan...

Tips Menjaga Penampilan Meskipun Sudah Melahirkan 9 dari 10 moms yang sudah melahirkan, pasti merasa bentuk tubuhnya sudah berubah dan tidak [...]

Pengalaman Melahirkan Normal dengan Minus Mata Tin...

Pengalaman Melahirkan Normal dengan Minus Mata Tinggi Hai Moms, apa kabarnya nih Moms? Semoga selalu diberi kesehatan ya Moms. Nah, dalam [...]

MY STORY WITH BRANDS SARIPATI AYAM

Halo moms semua.. Let me sharing ya tentang storyku bersama BRANDS Saripati Ayam. Sebelumnya produk apa sih ini? Jadi ini adalah uplemen [...]

Untuk Bunda-bunda yang sedang bersedih karena kegu...

Untuk Bunda-bunda yang sedang bersedih karena keguguran... I felt you. Terutama ditambah dengan situasi pandemi seperti ini, tapi kita tidak [...]

#SiapJagaImun Bersama BRAND's Saripati Ayam

Jadi ibu itu kadang perlu egois. Kalo gak egois, kita gak bisa jadi diri sendiri. Kalo gak egois, kita akan selalu mengiyakan kata orang lain [...]

Tips Menghadapi Stres Pada Bumil

Bismillah setelah kita mengetahui faktor dan dampak stres pada ibu hamil. Berikut ada beberapa tips yang bisa moms ikuti. 1. Menghirup aroma [...]

Dampak Stres Pada Bumil

Bismillah Melanjutkan sharing sebelumnya ummi sarah mau sharing mengenai dampak dan tips stress pada bumil, yuks kita simak moms. Stress pada [...]

Faktor Stress Pada Bumil

Bismillah Ketika tiba masa kehamilan merupakan moment yang tidak pernah bisa dilupakan oleh setiap moms, moms akan hidup bersama bayi yang ada [...]

Secepat ini dirimu hadir, Nak...

Secepat ini dirimu hadir, Nak... Setiap bulan selalu pantengin kalendar, ini udah resiko sebagai seorang Ibu tanpa KB. Cuma mengandalkan [...]

Payudara Membengkak Saat Hamil Muda, Apakah Wajar?...

Payudara Membengkak Saat Hamil Muda, Apakah Wajar? Hai moms semua, sudah lama nih aku tidak sharing di babyo. Kangen sekali rasa nya. Sudah [...]

Rekomemdasi Pompa Asi BERDEE S2 Design ergonomis yang mewah dan compact

Hallo teman-teman, saya mau merekomendasikan Pompa ASI Berdee S2 kpd teman2 tercinta ku, ini foto diambil sudah lama 😆 dan semuanya skrg sudah m [...]

Proses Persalinan yang Tidak Terduga

Aku inget betul waktu itu hari rabu, 18 oct 2017 pagi, usia kandungan sudah 37 minggu. entah kenapa hari itu tiba-tiba malas bangun padahal [...]

My First Pregnancy Apa gejala kehamilanku? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Mau sharing sedikit tentang kehamilan pertamaku.. Apa aja sih yang aku alami dari mulai tau aku hamil sampai sekarang menginjak hampir 8 bulan? [...]

Natural Skincare: Good or Bad?

Semua tipe skincare sebenarnya baik jika cocok digunakan oleh penggunanya. Banyak sekali kulit yang menjadi lebih sensitif terhadap produk [...]