Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Yuk Main Permainan Tradisional!

OTHERS  |  27 Dec '18


Moms, libur telah tiba nih masih belum punya ide mau menghabiskan waktu kemana dengan si Kecil? Coba ajak anak–anak bermain permainan tradisional yuk! Selain bisa membantu anak-anak terlepas dari ketergantungan bermain gadget, permainan ini banyak manfaat lainnya.

Coba deh ingat–ingat lagi betapa bahagianya kita waktu kecil mengenal berbagai macam permainan tradisional. Yuk, kenalkan ke anak–anak kita Moms permainan tradisional ini supaya ada yang mereka kenang ketika kecil selain gadget dan games.

  1. Layang–layang
    Permainan ini seru karena selain harus dimainkan secara outdoor juga karena ada banyak hal yang bisa dipelajari di dalamnya. Misalnya, bagaimana cara mencari layangan yang tangguh, bagaimaana trik bermain di tengah angin yang berhembus kencang atau malah tidak ada angin sama sekali. Sehingga, anak tidak hanya bermain namun menemukan banyak ilmu dari bermain.

  2. Congklak
    Buat Moms yang ingin mengajarkan anaknya berhitung, bisa juga dimulai dari bemain congklak. Namun, perhatikan bahaya tertelan ya Moms karena ada beberapa biji congklak ukurannya kecil.

  3. Tak jongkok
    Permainan ini sama sekali tidak memerlukan alat apapun Moms. Manfaatnya banyak, selain melatih motorik anak, permainan ini juga baik untuk melatih ketahanan fisik karena harus banyak bergerak dan mengajarkan anak untuk lebih sigap. Selain itu, karena ada role play menjadi yang mengejar dan dikejar, permainan ini mengajarkan anak untuk bersikap suportif dalam menerima peran.

  4. Petak umpat
    Permainan ini hampir mirip dengan permainan tak jongkok, hanya saja role play-nya adalah yang bersembunyi dan yang mencari. Permainan yang bisa dimainkan lebih dari 2 orang ini, bisa dimainkan di setiap acara keluarga Moms. Tips bermain serunya adalah yang kalah selain disuruh jaga, bisa dengan dicoret mukanya dengan spidol warna yang ramah kulit. Lalu diabadikan melalui video atau foto, nanti jika anak–anak tumbuh besar akan menjadi kenangan sendiri untuk mereka yang menyenangkan.

  5. Lompat tali atau lompat karet
    Untuk bermain ini, harus ada sedikit usaha dulu ya Moms, yaitu buat tali bermainnya dari karet gelang yang sebaiknya lebih dari 2 meter. Jangan lupa dirangkap supaya tidak mudah putus ya Moms. Ada beberapa cara bermain karet, mulai loncat dari yang ukuran paling pendek misalnya sedengkul hingga lebih tinggi daripada tangan anak atau bisa juga dengan pola bermain dibuat dengan karet yang melingkari pemain yang jaga lalu kaki dililitkan sampai bisa keluar tanpa jatuh. Bermain permainan ini sama halnya dengan olahraga sehingga bisa membantu pertumbuhan tubuh anak dan membuat mereka lebih bugar.

  6. Bola bekel
    Kalau ini permainan kecepatan tangan, semakin cepat tangan, semakin bisa membawa biji bekel sebanyak–banyak di tangan. Permainan ini bisa dilakukan di mana saja Moms asal di tempat yang datar dan tenang. Jadi kalau sedang bosan di tengah–tengah perjalanan, permainan ini bisa juga dipertimbangkan untuk dimainkan.

Happy holiday!

Semoga bermanfaat.

By: Indah Pratiwi Putri Dalimunthe

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

486 Indah Pratiwi Putri Dalimunthe

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Langkah Cegah Kecelakaan Saat si Kecil Mandi

Yuk jadikan kamar mandi tempat yang aman untuk si Kecil dengan beberapa tips berikut ini

Baby Blues Syndrome VS Postpartum Depression

Tahukah Moms ternyata baby blues syndrome berbeda dengan post partum depression?

Tips Playdate Tanpa Ribet

Ingin playdate dengan si Kecil tapi tidak mau ribet? Yuk simak tips berikut ini

When I Grow Old

Semakin bertambah tua, setiap manusia akan kembali mengulangi kebiasaan yang dilakukan saat masih anak-anak.

Tips Memulai Toilet Training

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Moms perhatikan ketika hendak memulai toilet training pada si Kecil.

Tips Mencegah Bunga Es pada Kulkas/Freezer

Jengkel ya Moms di kulkas kita muncul bunga es? Yuk simak tips mencegahnya berikut ini

Aturan Menjenguk Bayi Baru Lahir

Ternyata menjenguk bayi baru lahir itu ada aturannya loh Moms. Apa saja aturan tersebut?