Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Yuk Kenalkan Aktifitas Membaca Kepada Anak Sedari Lahir

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  28 Sep '19


Membaca bukan saja caraku untuk mengenalkan Baby Fei pada dunia, namun juga untuk membangun bonding dan quality time antara aku dan putri kecilku.

Mengenalkan buku sedari lahir

Semenjak baru lahir, baby Fei (nama sayang putri kecilku) sudah aku kenalkan dengan buku. Aku selalu menyempatkan waktu untuk menstimulasi baby Fei dengan membacakannya berbagai buku (pilih buku sesuai usia ya). Lengkap dengan intonasi suara dan ekspresi yang beragam (ada gunanya juga ternyata aku terlahir ceriwis ehehe). Of course dia belum mengerti, tapi ga masalah, tujuan aku di sini bukan agar ia cepat lancar membaca, TAPI utk mengenalkan sebanyak mungkin bahasa yang baik dan terstruktur, yang insha Allah akan berguna untuk perkembangan kemampuan membaca dan bicaranya di kemudian hari.

Tips mengenalkan aktifitas membaca pada anak

1. Kenalkan pada aktifitas membaca sedini mungkin

Tidak perlu khawatir jika anak belum ngerti apa yang kita bacakan, balik lagi ke tujuan kita mengenalkan aktifitas membaca ke anak adalah supaya anak bisa mencintai aktifitas membaca itu sendiri.

2. Pilih buku dengan content dan material yang sesuai dengan usia anak

Untuk bayi baru lahir bisa dikenalkan dengan buku yang terbuat dari bahan kain atau soft book, supaya aman untuk dimainkan oleh bayi yang belum bisa mengontrol gerak tangannya, dan bisa dimulai dengan mengenalkan warna high contrast terlebih dahulu untuk merangsang penglihatannya. Nah, setelah bayi mulai bisa menggenggam dan melihat dengan jelas, baru bisa kita kenalkan dengan board book dengan content yang lebih beragam.

3. Orangtua juga harus menunjukkan excitementnya dalam membaca, because modelling is key!

Di periode emas anak kita pada usia 0-6 tahun, mereka menyerap dan condong meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Maka sebaiknya kita pun mencontohkan aktifitas membaca itu sendiri ya Moms.

4. Buat suasana membaca yang interaktif dan menyenangkan

Selalu upayakan untuk kreatif dan ekspresif saat membacakan buku, buat aja narasi sederhana dengan intonasi dan ekspresi yang berbeda. Ga harus sama persis sama content bukunya sih dalam setiap kegiatan membaca. Dan jangan lupa interaksi sama anak juga ya Moms!

Memilih Buku Sesuai Usia Anak

Nah ini juga merupakan salah satu poin penting ya Moms, supaya kita bisa memilihkan buku yang tepat sesuai usia anak-anak kita, agar stimulasinya pun bisa tepat sasaran. Karena ga mungkin kan Moms, bayi baru lahir lalu kita kenalkan dengan buku cerita yang narasinya panjang-panjang hehe. Di bawah ini beberapa contoh pemilihan buku untuk baby Fei yang sudah aku lakukan, bisa Moms sesuaikan sendiri dengan pilihan Moms lohhh.

- Untuk usia 0-6 bulan

Baiknya sih mereka dikenalkan dengan soft book atau board book yang ga gampang robek ya Moms. Dan kalo buat newborn, lebih baik buku yang warnanya black and white dulu, karena kan penglihatan mereka masih terbatas banget Moms, nah pas sudah usia 3 atau 4 bulan baru deh bisa dikenalin buku high contrast dengan warna-warna primer untuk menstimulasi penglihatan mereka.

- Usia 6-12 bulan

Di usia ini baby Fei sudah aku kenalkan dengan buku-buku berwarna yang related sama kehidupan sehari-hari, misalnya buku tentang kegiatan sehari-hari, warna, anggota tubuh, binatang dan lainnya. Bisa juga shape book yang bentuknya lucu-lucu untuk menarik perhatian baby Fei membaca. Tak lupa karena baby Fei lagi senang eksplor berbagai tekstur bisa dikenalkan dengan buku touch and feel untuk melatih sensorinya juga Moms.

-  Usia 1 tahun ke atas

Karena baby Fei usianya sudah genap jalan 11 bulan, aku udah mulai prepare hunting buku buat dia pas nanti usianya satu tahun. Karena baby Fei kemampuan motoriknya udah lebih baik, di usia setahun nanti, aku udah mulai bisa mengenalkan lift a flap book atau slide-out book dan juga sound book, karena pasti nanti baby Fei jadi excited banget plus kepo mau mainin bukunya terus deh. Nah di situlah kita ‘beraksi’ memanfaatkan ketertarikan anak kita dengan membuat narasi sederhana supaya dia menyimak setiap halamannya.

Last but not least, Consistency!

Moms, jangan lupa yah, kita harus konsisten, pantang mundur, pantang menyerah dalam mengenalkan aktifitas membaca ini. Walaupun mungkin awalnya mereka terlihat ga tertarik, eitss tunggu dulu Moms, jangan bosan untuk mencoba terus. Kita juga harus pinter-pinter cari tahu apa kesukaan anak kita, memilih timing yang pas untuk membacakan buku, ga perlu lama-lama kok, biasanya sepulang kantor, aku selalu menyempatkan 30 menit sebelum baby Fei tidur untuk membacakannya buku yang akhirnya jadi bed routine aku dan baby Fei. Dan ga disangka, sekarang baby Fei sukanya ngambil buku sendiri, milih buku yang dia mau sendiri, terus dia sok-sokan baca sendiri juga deh hehehe gemes kan Moms. Yuk kita coba!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1978 Ferina Hapsari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Melatih Anak Tidur Sendiri Sedini Mungkin

Eben dari kecil sudah pinter tidur sendiri lho. Saya memang sudah menidurkan si Kecil di box dari sejak lahir.

Pros and Cons Babywalker

Penggunaan babywalker masih menjadi pro dan kontra. Lalu seperti apa pandangan Mom Ranty?

Perlukah Mengikuti Baby Class?

Saat Zhafran menginjak Usia 1 tahun, saya mengikuti trial Baby Class di salah satu Day Care di Jakarta Timur.

The Power of Mom

Mendapat predikat sebagai seorang ibu pasti adalah penghargaan tertinggi dalam hidup kita ya Moms.