Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Yuk Bermain Musik untuk Bayi

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  21 May '19

Saat saya masih mengandung, pak suami semangat sekali belajar main gitar. Saat saya tanya mengapa begitu semangat, ia menjawab agar ketika anak kami lahir, ia bisa memainkan musik untuk anak kami. Pak suami belajar dengan gigihnya untuk menyambut buah hati kami. Saya bertanya, adakah manfaat untuk bayi bahkan janin yang masih di dalam kandungan dari mendengarkan musik?

Memang yang saya ketahui musik-musik klasik bagus untuk perkembangan otak sang buah hati. Tapi setelah saya baca dalam "Brain Rules for Baby" yang ditulis John Medina, sang buah hati baru dapat mengingat suara seperti lagu setelah ia lahir lho, Moms. Untuk itu stimulus lagu-lagu bisa dilakukan dari awal kehadiran sang buah hati. Artinya saat terbaik untuk mendapatkan manfaat dari mendengarkan musik adalah ketika sang buah hati lahir.

Menyenangkan ya Moms, ketika sang buah hati telah dapat merespons sekelilingnya baik itu dengan suara, dengan wewangian, atau sentuhan. Mendengarkan musik dapat melatih perkembangan sang buah hati juga pastinya. Tetapi ada manfaat lebih lho, ketika suami Moms atau Moms sendiri yang memainkan langsung untuk sang buah hati. Berikut beberapa manfaat yang dapat Moms raih:

1. Mempererat hubungan dengan sang buah hati. Bonding tentunya menjadi manfaat utama ya Moms dalam bermain musik bersama. Dengan komunikasi dan interaksi langsung akan meningkatkan kemampuan Bahasa dan IQ sang buah hati juga, lho.

2. Membangun waktu berkualitas dengan sang buah hati. Menghabiskan waktu bersama sang buah hati tentu sangat menyenangkan ya Moms. Selain sebagai stress reliever untuk Moms dan suami, hal ini juga meningkatkan kecerdasan emosional sang buah hati.

3. Sang buah hati menjadi relaks. Siapa tahu sang buah hati menjadi lebih tenang dan mudah tidur ketika Moms bermain musik untuknya. Dan juga bermain musik dapat menjadi sarana pengalihan perhatiannya ketika ia sedang uring-uringan.

4. Melatih fungsi motoriknya. Ketika sang buah hati merespons musik yang Moms mainkan, maka ia akan refleks menggerakkan bagian tubuhnya baik itu tangan, kaki, kepala, atau lainnya. Sang buah hati menjadi aktif sekaligus menguatkan fungsi otot-ototnya.

Itulah manfaat-manfaat yang dapat Moms raih dengan bermain musik untuk sang buah hati. Selain menyenangkan untuk Moms dan suami, sang buah hati juga mendapat berbagai manfaat, ya.

Semoga bermanfaat!

46 Dini Asmarani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Happy Tummy Time

Apakah Moms sudah melakukan tummy time untuk si Kecil? Tummy time dapat memperkuat leher, otot kepala dan bahu si Kecil loh!

Ketahui Kapan si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

Bagaimana tahapan-tahapan pertumbuhan gigi pada si Kecil?