Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Yes or No to Gadget?

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  TODDLER  |  24 Jun '19


Bicara perihal Gadget pasti pro kontra di dunia Parenting.

Saya adalah ibu yang Full stay-at-home yang katanya minim sekali untuk memberikan Gadget ke Anak. Sejak awal hamil saya benar-benar tanamkan dalam pikiran saya, saya bertekad No Gadget dalam hidup anak, pada kenyataannya Gadget sering kali menjadi penolong untuk saya.

Gadget punya segudang pengaruh buruk dan punya pengaruh baik juga menurut saya.

Kapan baiknya memberikan Gadget kepada anak?

Saya sendiri memberikan Gadget kepada anak sejak anak masih umur 3 bulan. Umumnya saya hanya memperdengarkan beraneka ragam musik untuk anak dengan alasan anak biar tenang dan merasa ada temannya.

Diusia 3-12 bulan Gabriel cukup sering mendengarkan Gadget untuk memperlihatkan dan memperdengarkan lagu anak-anak di youtube. Tapi Gabriel tidak pernah menangis saat film atau musiknya dimatikan. Justru saat saya memberikan Gadget artinya saya kan melakukan beberapa pekerjaan dan Gabriel gak suka di tinggal alhasil Gadget di tinggal Gabriel ngikutin mamanya kemana aja.

Kenapa saya berikan Gadget?

Jawabannya Simple, saya mau anak saya tenang, bisa bermain dan belajar dari nyanyian di youtube, si anak juga bisa di tinggal pada saat saya melakukan pekerjaan rumah dan pada saat makan pun saya suka beberapa kali memberikan Gadget agar makanannya habis, anak duduk tenang.

Pemilihan konten juga sangat jadi perhatian khusus untuk saya. Beberapa konten di youtube dan youtube Kids yang isinya semua lagu anak-anak. Beberapa aplikasi yang isinya, lagu, tarian, mewarnai, menemukan orang dan puzzle dalam aplikasi adalah pilihan saya. 

Bagaimana menggunakan Gadget yang baik?

Berhubung Gadget memiliki dampak buruk seperti anak terlambat bicara karena anak lebih asik dengan mainannya, anak menjadi pemalas, anak sulit berkonsentrasi, anak kurang kreatif, anak kurang terlatih sensor motorik ya, anak kurang bersosialisasi, anak menjadi ketergantungan karena terlalu nyaman dengan Gadget-nya. Tetapi selain itu ada yang paling buruk yang di bawa Gadget yaitu radiasi yang tinggi saya wajib melakukan setting-an dalam Gadget untuk tetap melindungi anak saya dari radiasi. 

1. Biasakan men-download lebih dahulu yang mau dipertontonkan ke anak, ini bisa irit kuota Moms.

2. Sebelum diberikan ke anak, gunakan mode pesawat untuk mematikan Jaringan seluler.

3. Atur cahaya biru menjadi cahaya kuning.

4. Atur timer pada aplikasi jika tidak ada atur mode off pada handphone Moms, jadi jika handphone mati otomatis anak juga tidak akan teriak memintanya lagi biasanya saya maximal 20 menit.

5. Kurangi main Gadget di depan anak.

6. Jangan bawa Gadget di kamar, biasakan Gadget menjadi mainan di luar kamar, dan tidak bermain sambil tiduran yang akan merusak mata.

7. Jangan lupa buat kode handphone supaya anak tidak mudah mengakses handphone.

8. Jika menggunakan wifi di rumah sebaiknya akses wifi juga dimatikan saat tidak melakukan pemakaian (pada malam hari) untuk mengurangi radiasi.

9. Bisa menggunakan smart tv untuk menonton youtube atau menyambungkan Gadget ke tv menjadi pilihan saya, karena Gadget berukuran kecil sehingga lebih cepat membuat mata lelah.

10. Berhubung penelitian menyatakan bahwa handphone lebih banyak memiliki kuman dari pada toilet jangan lupa membersihkan handphone sebelum digunakan dan mencuci tangan sesudah menggunakannya. 

Dampak Positifnya, anak mendapatkan kenyamanan, anak juga bisa mudah bicara karena kesulitan lambat bicara bukan sepenuhnya salah Gadget, anak bisa meniru isi Gadget-nya seperti menari, atau melakukan sesuatu termasuk mengenal warna, huruf, atau yang lainnya sesuai yang dipertontonkan. Anak mendapatkan informasi dan mengasah otak di beberapa permainan pilihan Moms pastinya. 

Penting: untuk mengurangi Gadget Moms bisa mengajak anak bermain bersama, aktivitas di luar ruangan maupun di dalam, ajak anak main di mall, di daerah komplek untuk ketemu teman-temannya atau kerumah keluarga atau tetangga, bisa berenang, atau Moms belikan mainan yang menarik perhatian anak untuk memainkan ya baik bisa bermain sendiri atau ditemani anak.

Semua kembali ke pandangan Mommies No Gadget or Yes Gadget. Lebih bijak menggunakan Gadget. Sharing is Caring.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

672 Leny Larose

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Gadget bagi Anak Usia Di Bawah 2 Tahun?

Baguskah gadget untuk anak yang berusia di bawah 2 tahun?

Gadget, si Dua Mata Pisau

Bagaimana cara melakukan "detox" gadget pada si Kecil jika sudah terlanjur diberikan gadget?

Bolehkah Bayi Dikenalkan pada Gadget?

Kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan gadget pada anak?

Meminimalisir Dampak Negatif Gadget pada Anak

Seperti apa tips Mom Ottelie dalam memberikan gadget pada si Kecil?