Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Yang Perlu Diketahui Mengenai Operasi Caesar

PREGNANCY  |  18 Jan '18


Saat ini persalinan caesar semakin banyak diminati karena ibu merasa lebih tenang karena tidak perlu merasakan sakitnya melahirkan dengan metode persalinan normal. Tidak sedikit ibu yang sebenarnya bisa melahirkan normal namun memilih untuk menjalani caesar karena berbagai alasan. Ini sah-sah saja dilakukan namun tentu saja harus dikonsultasikan dengan dokter supaya persiapannya lebih matang dan aman untuk dijalankan nantinya. 

Persalinan caesar adalah upaya medis untuk mengeluarkan bayi melalui celah sayatan pada perut dan juga rahim ibu oleh tenaga medis. Berikut hal-hal lain yang bisa ibu ketahui tentang persalinan menggunakan metode caesar:

  • Persiapan
    Sebelum dilakukan operasi, ibu biasanya dianjurkan untuk melakukan serangkaian tes seperti tes darah untuk mencari tahu golongan darah serta kadar hemoglobin. Ini untuk antisipasi jika saat operasi nanti ibu memerlukan transfusi darah. Ibu juga mungkin akan dianjurkan untuk menjalani tes amniosentesis. Ini terutama dilakukan pada ibu yang ingin menjalani caesar dengan usia kehamilan dibawah 39 minggu. Tes ini bertujuan untuk memeriksa sampel air ketuban serta paru-paru janin. 
  • Anestesi
    Ibu memilih metode caesar untuk persalinan terkadang karena tidak ingin merasakan rasa sakit. Dalam persalinan caesar Mayoritas operasi caesar menggunakan anestesi epidural. Ini berarti ibu masih dalam kondisi sadar ketika menjalani proses persalinan ini. Anestesi pada persalinan caesar bukanlah hal yang sepele karena sebelumnya dokter harus berkonsultasi dengan spesialis anestesi supaya anestesi aman baik untuk ibu maupun bayi. Biasanya ibu tidak boleh mengendarai kendaraan selama kurang lebih 5 minggu pasca operasi. 
  • Alasan operasi caesar
    Seperti yang telah disebutkan diatas, ibu bisa meminta persalinan caesar jika ingin melakukannya meskipun ibu dalam kondisi yang sehat untuk menjalani persalinan normal. Namun operasi caesar juga bisa berdasarkan indikasi darurat misalnya jika kondisi ibu terlalu beresiko untuk melakukan persalinan normal. Beberapa kondisi tersebut diantaranya. Ibu mengalami kondisi preeklamsia, infeksi herpes/HIV, plasenta yang terlalu turun, kanal jalan lahir terhalang, dll. 
  • Pasca operasi
    Setelah proses operasi selesai, ibu akan dipindahkan ke ruang perawatan jika kondisi ibu normal. Ibu juga akan diberikan resep obat penghilang rasa sakit karena luka bekas sayatan diperut tentunya akan menimbulkan nyeri yang cukup kuat. Nantinya ibu akan mengalami perdarahan namun hal ini normal terjadi selama beberapa hari pasca operasi. Perdarahan bukan terjadi pada bagian sayatan namun dari vagina layaknya pasca persalinan normal. 

Usai menjalani perawatan, maka ibu akan dipulangkan dan biasanya dokter akan memberikan arahan lanjutan pada ibu untuk bagaimana merawat luka bekas operasi, juga bagaimana merawat bayi dirumah. 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1514 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Warna Puting Mempengaruhi Jenis Kelamin?

Betulkah warna puting yang menghitam menandakan jenis kelamin janin adalah laki-laki?

Apa Itu 10 T Antenatal Care?

Dalam antenatal care di Indonesia, dikenal istilah rumus 10 T dalam pemeriksaan kesehatan ibu hamil.

Perlukah USG 4 Dimensi?

USG 4 dimensi menyediakan informasi yang sangat mendetail seputar janin, namun apakah hal ini perlu dilakukan?

6 Tips Memulai Senam Hamil

Sebelum memulai senam hamil, mari kita simak beberapa tips-tips berikut ini yuk Moms!

Langkah Menuju Kehamilan yang Sehat

Berikut adalah hal-hal yang dapat Mom lakukan agar tetap sehat selama menjalani masa kehamilan.

Mengenal Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau dikenal memiliki beragam manfaat terutama bagi ibu hamil. Apa sajakah? Mari simak ulasan berikut ini.

Screening USG 4D saat Kehamilan

Apa itu screening USG 4D pada kehamilan ? Bagaimana cara dan apa kegunaannya bagi ibu hamil? Untuk info lebih lanjut, mari simak yang berikut.

Faktor Penyebab Ibu Hamil Sering Migrain

Saat Moms menyusui sakit kepala jangan terburu-buru minum obat. Kenali dulu akar penyebabnya dan lakukan hal berikut ini.

Tips Puasa Ibu Hamil Agar Janin Tetap Sehat

Moms sedang hamil, namun ingin mengikuti puasa? Berikut tips puasa untuk Ibu Hamil yang dapat diterapkan. Yuk, disimak!

Tips Memilih Baju Hamil Yang Nyaman Sesuai Usia Kehamilan

Moms, sedang bingung memilh baju yang nyaman sesuai dengan usia kehamilan ? Yuk, simak tips berikut ini.

Sakit Punggung Pada Masa Kehamilan

Apa penyebab sakit punggung pada masa kehamilan? Dan bagaimana cara untuk membantu mencegah sakit punggung?

Nyeri Pada Vagina Saat Hamil, Berbahayakah?

Pada masa kehamilan, kerap kali wanita hamil merasakan nyeri pada vagina. Lantas, berbahayakah jika mengalami nyeri pada vagina ini?

Khasiat Sari Kurma Selama Kehamilan

Tidak hanya memiliki manfaat sebagai obat demam berdarah, ternyata sari kurma sangat bermanfaat bagi Moms hamil. Benarkah?

Ibu Hamil Wajib Jauhi Gadget, Kenapa?

sadarkah bahwa penggunaan ponsel selama kehamilan berbahaya bagi bayi Anda? Kenapa? Mari simak yang berikut ini.

Perkembangan Janin Yang Harus Mom Ketahui Di Setiap Bulannya

Setiap bulan pada masa kehamilan ditandai dengan ciri-ciri yang berbeda.

Tips Menjaga Kehamilan Sampai Persalinan

Perhatikan tips berikut agar kehamilan tetap aman hingga mencapai proses persalinan.

Betulkah Mendongeng Dapat Meningkatkan IQ Janin?

Tahukah bahwa janin yang terbiasa mendengarkan dongeng, IQ nya dapat meningkat? Lantas kapan waktu yang cocok untuk memulainya?

Beda Usia Kandungan Beda Cara Stimulasi, Kenapa?

Tahukah anda bahwa stimulasi janin dalam kandungan baik dilakukan? Namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya usia [...]

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

Apakah anda selama masa kehamilan sulit mengalami tidur? Mungkin beberapa hal berikut penyebabnya! Mari simak penyebab dan cara mengatasinya!

Resiko Mengandung Bayi Kembar

Tahukah anda mengandung anak kembar memiliki resiko dan menahan beban lebih berat dibandingkan ibu hamil anak satu? Untuk lebih lanjut, mari [...]