Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Working Moms Pun Bisa Sukses Menyusui si Kecil, Ini Tipsnya

MY STORY  |  18 Jul '20


Mampu menyusui sampai anakku berusia dua tahun adalah sesuatu yang sudah aku niatkan semenjak hamil. Apalagi ASI eksklusif, setelah mengetahui begitu banyak manfaatnya bagi bayiku dan aku, aku semakin terdorong untuk berusaha memberikan ASI ekslusif bagi anakku. Namun, menyusui itu ternyata bukan selalu merupakan hal yang mudah.

Aku dulu adalah karyawan perusahaan swasta yang diwajibkan untuk kembali bekerja 1,5 bulan setelah melahirkan. Tentu hal ini membawa segudang kekhawatiran bagiku dalam memberikan ASI untuk anakku. "Apakah aku akan bisa konsisten pumping di kantor?" "Bagaimana caraku membagi waktu antara pumping dan bekerja?" "Bagaimana jika tidak ada ruangan yang tersedia?" "Katanya DBF adalah kunci ASI lancar, bagaimana kalau produksi ASI ku drop karena jarang DBF?"

Working Moms disini tentu familiar ya dengan kekhawatiran seperti ini. Tetapi, jangan khawatir ya Moms. Dengan niat, doa dan usaha, tidak ada yang tidak mungkin. Alhamdulillah, anakku lulus ASI ekslusif dan bahkan produksi ASI ku sangat mencukupi kebutuhan anakku. Bagaimana caraku untuk tetap dapat memberikan ASI pada anakku meskipun bekerja? Yuk, simak tips dari aku:

  1. Niat dan positive thinking. Number one rule, Mom. Niatkan dan yakinkan akan kemampuan tubuh Moms untuk memproduksi ASI yang cukup bagi si Kecil. Tujuan Moms bukanlah memproduksi ASI sebanyak banyaknya, namun mencukupi kebutuhan ASI si Kecil.
  2. Mulai "menyicil" stok ASIP saat cuti melahirkan. Bagian ini memang cukup menantang ya Moms, bagaimana tidak? Sedikit sedikit si Kecil minta menyusu. Tapi jangan khawatir Moms, prinsip ASI itu supply and demand. Semakin sering Moms mengosongkan payudara, semakin sering tubuh Moms memproduksi ASI. Namun, susui dulu si Kecil ya. Setelah si Kecil kenyang, Moms bisa mengosongkan payudara dengan pumping.
  3. Pilih breastpump yang paling sesuai dengan Moms. Memilih breastpump itu ibarat memilih jodoh, Moms. Cocok cocokan, hehe. Begitu banyak pilihan breastpump di pasaran, dari pompa manual, elektrik, single dan double. Pastikan Moms merasa nyaman dan tidak sakit saat memompa. Karena, pompa ASI yang kurang cocok juga mampu mempengaruhi produksi ASI Moms.
  4.  Komunikasikan kepada atasan atau rekan kerja tentang kebutuhan Moms untuk pumping. Hak kita untuk menyusui si Kecil itu dilindungi oleh Undang Undang loh, Moms. Jadi, seharusnya perusahaan Moms mendukung hak Moms untuk melakukan sesi pumping. Mintalah izin untuk menggunakan ruangan kosong jika tidak ada ruang menyusui di kantor Moms. Hindari pumping di toilet ya Moms, karena toilet adalah sumber bakteri.
  5. Konsisten dan buat jadwal pumping. Idealnya, kita melakukan sesi pumping setiap 3-4 jam. Namun, jika Moms harus mengikuti meeting atau memiliki agenda saat jadwal pumping, usahakan Moms pumping terlebih dahulu sebelumnya. 15 menit sudah cukup kok Moms.
  6. Persiapkan alat pumping dan aksesorisnya. Untukku, aku selalu membawa pompa ASI dan ice pack setiap harinya. Di kantor pun aku selalu sedia kantong ASI serta apron jikalau tidak ada ruangan yang tersedia. Jangan lupa untuk menggunakan bra khusus ibu menyusui dan baju yang memudahkan Moms untuk pumping ya.

Tips terakhir adalah tetap rutin menyusui langsung/ DBF ketika Moms bersama si Kecil, terlebih lagi saat malam hari. Selain untuk mencegah bingung puting, DBF membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, tubuh kita juga memproduksi ASI lebih banyak di malam hari. 

Nah, gimana Moms? Cukup mudah, kan, tipsnya? Semoga bisa membantu mengurangi kekhawatiran Moms, ya. Semangat meng-ASI-hi!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

239 Jasmine Karissa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]

Kenali Stres dan Cara Mengatasinya pada Balita

Tahukah parents bahwa stress si Kecil dapat berpengaruh terhadap kesehatannya?