Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Working Mom Bahagia? Bisa! Yuk Simak Tipsnya!

MY STORY  |  PARENTING  |  24 Jan '20


Saat menjadi seorang Ibu, masing-masing dari kita pasti pernah di hadapkan pada pilihan yang sulit Moms. Salah satunya saat membuat pilihan dalam berkarir. Dilema memutuskan sebuah jalan hidup antara berhenti menjadi wanita karier atau memilih jadi full time mom. Tak mudah memang dalam memutuskan hal itu, tentu keputusan itu tak hanya bisa datang dari diri sendiri Moms, namun juga melibatkan Support System Moms, mulai dari pak Suami, hingga keluarga besar.


Menjalani peran sebagai seorang Working Moms yang menghabiskan waktu lebih dari 8 jam untuk bekerja di luar sembari tetap sibuk mengurus anak dan keluarga tentu bukan perkara yang mudah. Peran dan tanggung jawab ganda menuntut Moms untuk bisa seimbang menjalankan kedua peran itu. Tak mudah memang, namun jika keputusan itu datang karena suatu alasan dari hati dan di dukung oleh Support System Moms, semuanya akan lebih mudah untuk di jalani.

Namun, tak jarang nyinyiran orang selalu datang menghampiri dan silih berganti. Nah, aku punya tips agar Moms bisa lebih bahagia dalam menjalani peran sebagai seorang Working Mom. Yuk simak tips sederhana ini:

1. Mencari partner yang tepat untuk menjaga si kecil
Pergi bekerja dan meninggalkan si kecil di rumah memang sangat tidak mudah. Karena nya, memilih partner yang tepat untuk menjaga si kecil di rumah sangat lah penting. Dengan partner yang tepat Moms akan lebih sedikit lega meninggalkan si kecil di rumah.
Mungkin Ibu atau Nenek si kecil menjadi pilihan pertama dalam daftar partner terbaik yang bisa Moms pilih untuk menjaga si kecil.

2. Jauhi dan hilangkan perasaan bersalah
Mungkin banyak dari Moms yang bekerja merasa bersalah ketika harus menghabiskan waktu di kantor dan bukan bersama si kecil atau suami di rumah. Namun, fikiran dan rasa bersalah itu akan mengacaukan mood Moms. Jadi hempaskanlah fikiran negatif dan rasa bersalah itu. Daripada menyimpan perasaan negatif tersebut, cobalah untuk meningkatkan semangat bekerja kembali. Dan ingatkan diri bahwa nafkah yang dicari lewat pekerjaan juga untuk mendukung kebahagiaan dan mencukupi kebutuhan keluarga di rumah.

3. Menggunakan waktu secara bijak
Salah satu kunci agar tetap bahagia di tengah padat nya aktifitas yang harus Moms lakukan sebagai Working Moms adalah bijak dalam mengatur waktu. Moms harus dapat memilah mana yang sangat penting dan menjadi prioritas dalam kehidupan Moms. Setelah menentukan skala prioritas, Moms bisa menggunakan waktu terbaik Moms baik saat bersama keluarga ataupun saat sedang bekerja di kantor.

4. Bekerja sama dengan suami dalam pekerjaan di rumah
Menjadi seorang working moms memang tidak mudah, apalagi jika di rumah tidak ada Mba ART yang bantu kita mengerjakan pekerjaan domestik ya Moms. Karena nya, berkomunikasi dengan suami dan membagi pekerjaan di rumah sangat membantu meringankan beban Moms di rumah. Komunikasikanlah bersama pasangan tentang pekerjaan domestik yang bisa Moms kerjakan bersama dengan pasangan. Hal ini pasti akan membuat Moms lebih bahagia dalam menjalankan setiap rutinitas setiap harinya.

5. Me Time
Di tengah kesibukan setiap hari sebagai ibu rumah tangga dan working moms, sempatkanlah waktu untuk memanjakan diri Moms. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat hati Moms senang atau melakukan hal yang tidak sempat Moms lakukan saat waktu sibuk. Misalnya saja membaca novel favorit, menonton film, mengikuti kelas yoga, mencoba resep baru, atau sekedar minum kopi santai berdua bersama pasangan.

Ayo, semangat Moms! Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips di atas, agar pekerjaan ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus pekerja kantoran bisa Moms lalui dengan bahagia.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

649 Siti Sondari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Parenting Santai Anak Usia Remaja

Gimana, sih, caranya biar si Kecil melewati fase remaja dengan mudah dan santai? Ini dia tipsnya!

Kapan Moms Perlu Mulai Belajar Menyusui?

Mengingat manfaat menyusui yang sangat banyak itulah, penting bagi Moms untuk mempelajari cara menyusui sejak dini. Nah, kapankah kira-kira [...]

Ini 5 Gesture Moms & Dads yang Disukai Si Kecil

Apa saja sih, gesture yang disukai si Kecil?

Ini Tugas PakSu Sebagai Support System Moms yang Baru Lahiran

Setelah melahirkan, tugas Moms justru bertambah. Di sinilah, peran PakSu besar sekali dalam membantu Moms melewati masa-masa krusial mengurus bayi.

Kegiatan Parenting Tunjang Perkembangan Optimal Si Kecil

Program parenting dapat berupa pendidikan parenting yang menambah wawasan dan pengetahuan anak dalam hal pengasuhan sesuai dengan usia, [...]

Mengenal 4 Jenis Parenting Style, Manakah yang Terbaik?

Buat New Moms yang sedang belajar parenting dan ingin memilih gaya mengasuh terbaik, Minbyo kasih informasi lebih lanjut tentang parenting style [...]

Tips Agar Anak Semangat Belajar Setelah Liburan

Biar si Kecil kembali semangat setelah liburan, yuk, praktikkan kiat-kiat berikut!

Tips Mendampingi Anak Digital Native

Sebagian besar orang tua masih perlu edukasi bagaimana cara mendampingi si Kecil yang optimal terutama di era digital. Yuk, cari tahu tipsnya [...]

Tips Ajarkan Empati pada Anak Sejak Dini

Supaya si Kecil memiliki empati dalam hidupnya, orang tua perlu mengajarkan dan mengasah kepekaannya.

4 Tips Melatih Balita Bicara

Gimana caranya supaya si Kecil bisa mahir berbicara dengan cepat?

Helicopter Parenting Itu Apa? Ini Ciri-cirinya!

Rasa cinta dan kasih sayang orang tua ternyata bisa menjadi sesuatu yang tidak menyehatkan. Sebenarnya, kapan sepasang orang tua melanggar [...]

Kapan Waktu yang Tepat Sekolahkan Si Kecil?

Sebagai orang tua, Moms & Dads pun pasti telah berpikir untuk menyekolahkan si Kecil di sekolah yang paling baik dan tepat.

Mendidik Anak dengan Pamali, Perlukah?

Pamali artinya apa sih? Istilah ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang zaman old ketimbang anak-anak Millenial atau Gen Z.

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Ini 10 Tips Ajarkan Si Kecil Terima Kekalahan

Belajar menerima kekalahan sejatinya merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kesehatan anak.

Didik Anak di Era Digital, Bagaimana Caranya?

Moms & Dads mungkin bingung yah bagaimana cara supaya si Kecil screentime-nya tidak berlebihan padahal di sisi lain sudah tidak mungkin [...]

Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? 🤯

Moms sering kewalahan ga sih kalau harus kerja sambil jaga Si Kecil? Yuk Intip tips tetap fit dari

Uang Sekolah Makin Mahal, Gimana Cara Mempersiapkannya?

Memberikan pendidikan terbaik bagi si Kecil merupakan salah satu kewajiban utama Moms & Dads.

It’s Okay to Not Be Okay

Dalam mengasuh anak, tentu Moms mengharapkan si Kecil tumbuh menjadi pribadi dengan kondisi fisik

Tips Praktis Memompa ASI di Kantor

Hai Moms, Meskipun pandemi virus corona belum berakhir, tapi banyak dari kita yang sudah

Tips Menghindari Toxic Parenting

Hai Moms, Siapa disini yang minggu lalu nonton Babyo Channel Ngobrol Bareng Babyo dengan topik