Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

WHO Tidak Pernah Merekomendasikan MPASI Menu Tunggal

FEEDING  |  17 Feb '19

Sebelum Celine memasuki usia 6 bulan, aku sudah mulai cari-cari resep MPASI, dan saya banyak ketemu resep MPASI menu tunggal. Bahkan banyak yang menambahkan kata "WHO" di belakang judul menu tunggal tersebut. Katanya baby harus diberikan menu tunggal selama 14 hari pertama MPASI untuk mengetahui adanya alergi atau tidak. Akhirnya aku pun ikut memberikan menu tunggal ke Celine.

Setelah hampir seminggu memberi menu tunggal, kami berkonsultasi lagi ke DSA. Ternyata kata DSA, baby sudah boleh langsung diberikan menu 4 bintang ketika memulai MPASI apalagi kalau di keluarganya tidak ada riwayat alergi. Kalau riwayat alergi pun, makanan pemicu alergi lah yang diberikan secara bertahap. Kalau alergi biasanya akan cepat timbul, di mana reaksinya dalam 24 jam setelah mengonsumsi makanan, lain dengan intoleransi makanan yang gejalanya baru timbul berhari-hari setelah konsumsi makanan bersangkutan.

Kurang yakin dengan perkataan DSA tersebut, pulang dari rumah sakit, aku langsung mencari referensi tambahan mengenai menu tunggal ini.

Menurut ahli gizi, Arinda Veratamala, S.Gz, WHO Tidak pernah merekomendasikan menu tunggal, MPASI diberikan lewat jenis makanan yang beragam, dan dipastikan mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi.

Jika tujuannya adalah untuk mengetahui apakah bayi memiliki alergi makanan tertentu, sebaiknya tetap berikan bayi makanan yang beragam. Barulah dari situ Anda bisa mengetahui si Kecil alergi terhadap sesuatu atau tidak.

IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) juga menyebutkan bahwa Karbohidrat, protein (daging, ayam, telur, dan ikan), sayuran, dan buah-buahan dapat diberikan sejak usia 6 bulan. 

Lalu bagaimana menurut WHO?

Kalau kita baca guidelines MPASI WHO, dari awal sampai akhir ternyata memang tidak menyebutkan soal menu tunggal sama sekali ya Moms. Kalau Moms mau membacanya secara lengkap, Moms bisa search di Google : "Complementary feeding guidelines WHO" lalu download PDF-nya.

Yuk Moms, bantu beritahu para Moms yang lain supaya tidak salah kaprah dalam memberikan menu tunggal, karena WHO tidak pernah merekomendasikannya. MPASI bisa langsung dimulai dengan menu 4 bintang supaya nutrisi yang didapat bayi optimal.

Semoga bermanfaat.

By: Kristiani Chen

Copyright by Babyologist

301 Kristiani Chen

Comments

Related Stories