Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Waspadai Bunyi Grok-Grok pada Bayi

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  01 Jul '19


Ibu mana yang tidak retak hatinya ketika si kecil dinyatakan terkena radang paru-paru oleh dokter.

Saat itu usia anakku baru berusia 2 bulan, sebagai new mom awalnya ku kira bunyi "grak grok grak grok" Yang keluar Dari hidung anakku itu karena emang bayi new born biasa seperti itu,itu pun aku tau dari keluarga suamiku dan orang orang di sekitar rumahku, Katanya itu karena hidungnya masih kotor karena masih ada sisa sisa bekas lahiran (aku lahiran normal) ,  sempat ku tanya juga jika memang seperti itu, bagaimana cara membersihkannya ,dan katanya nanti juga hilang sendiri.

2 Minggu berlalu, anakku masih seperti itu, tapi mulai terdengar batuk yang makin lama semakin bertambah parah, belum lagi saat itu anakku mulai masuk ke masa wonder weeks, hampir setiap malam dia selalu nangis karena kolik,ini awal mula stress melanda new mom,,sampai akhirnya aku dan suamiku memutuskan untuk bawa dia berobat.

Awalnya kami membawanya hanya berobat ke puskesmas dekat rumah dan di kasihlah obat ,ada obat puyer yg harus diberikan untuk anakku dan entah karna rasanya yang pahit atau karena anakku memang sedang tidak enak badan, saat diberi obat itu anakku nangis sampai teriak dan membuat mertuaku marah karena kami membawanya ke puskesmas bukan ke dokter spesialis anak , dan di hari yang sama sore itu anakku di bawa untuk mendatangi dokter spesialis oleh mertuaku (Karena aku diminta untuk menyusul ke DsA bersama suamiku sepulang dia bekerja ,tapi tidak sampai menyusul karena belum kami sampai di DsA,anakku dan mertuaku sudah lebih dulu sampai rumah).

Betapa kagetnya aku dan suamiku mendengar anak kami terkena radang paru-paru ,,Padahal suamiku tidak merokok, kami pun selalu menjaga kebersihan bahkan sampai semua benda yang berbahan wol atau berbulu (termasuk semua boneka ku)  semuanya di singkirkan, kipas angin selalu di cuci, AC nya ga pernah sampai dingin karena katanya kemungkinan anakku seperti itu karena kedinginan AC nya.

Dari DsA itu kami di resepi obat untuk anakku,ada obat puyer nya tapi anakku bisa meminumnya karena "katanya" rasanya manis.
1 Hari setelah dari DsA yang mertuaku datangi itu, anakku bukannya sembuh malah semakin parah,  Pagi hari itu anakku demam tinggi, badannya lemas dan ga berhenti menangis,lalu mertuaku bawa anakku ke tukang pijit karena katanya takutnya anakku nangis terus karena badannya pegel pegel, tapi ternyata anakku semakin parah, dia benar benar tidak berhenti menangis seharian itu sampai ku ajak ia jalan jalan keliling keliling sampe berkali kali,bukannya berhenti menangis anakku malah semakin menjadi nangisnya, dan dia semakin kesulitan untuk bernafas,  dadanya sampai cekung dan terlihat kesakitan.

Sampai pada akhirnya aku dan suamiku memutuskan untuk membawanya sendiri ke Dokter spesialis anak,  selain terkena radang paru paru anakku juga dinyatakan mempunyai asma, dan hari itu juga anakku harus di rawat,Karena paru parunya sudah penuh dengan lendir, dikhawatirkan dia semakin kesulitan untuk bernafas, dan ternyata penyebabnya dari "lingkungan",  Iya.

Ternyata kondisi lingkungan itu sangat berpengaruh, anakku sampai seperti itu karena tertular flu dari orang , terkena asap rokok, dan lingkungannya yang tidak bersih.

3 Hari dua malam anakku di rawat, alhamdulillah semakin hari anakku semakin membaik,  senyumnya yang beberapa saat hilang kini kembali lagi, 1 Minggu sepulang dari rumah sakit, anakku masih dinyatakan memiliki radang paru paru tapi tidak separah sebelumnya, 2 Minggu sepulang dari rumah sakit, Alhamdulillah anakku semakin jauh lebih baik,  paru paru nya sudah bersih, dan dokter menyarankan kami untuk pulang dan jangan balik lagi ke rumah sakit (doa dari dokter). Terimakasih banyak untuk Dr. Arief Hermanu Setiawan,Sp.A  di RS. Hermina Podomoro.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3041 Andini Rahayu

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Serba-serbi Susu Hamil

Biar ga bingung-bingung lagi, yuk, simak penjelasan serba-serbi susu hamil di artikel berikut!

6 Buah Promil Ini Tingkatkan Kesuburan, Mengapa?

Buah untuk promil mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang dapat membuat organ reproduksi Moms & Dads lebih subur.

4 Daftar Kegiatan Me Time Buat Moms yang Aktif

Memanjakan diri sendiri, walau hanya sebentar, sudah cukup kok untuk “ngecas” mental Moms! Cek ide aktivitas “me time” buat Moms di sini!

Tips Healing A La Minbyo, Mana yang Moms Pilih?

Definisi self healing adalah proses pemulihan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Zaman yang serba cepat dan instan ini telah [...]

Kemenkes RI Setop Peredaran Obat Sirup, Sebut Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

BREAKING NEWS! Kemenkes RI dalam Konferensi Pers tgl. 19 Oktober 2022 pukul 11.30 melarang pemakaian obat bebas dan obat bebas terbatas [...]

Tips Aman dari Gempa untuk Anak TK

Minbyo akan jelaskan nih, beberapa safety tips saat terjadi gempa untuk anak-anak, terutama yang usianya 3-4 tahun atau usia anak TK.

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]