Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Waspada Mommyrexia Setelah Melahirkan

27 Jul '18


Salah satu hal yang ditakuti moms ketika menghadapi kehamilan adalah tidak bisa mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Saya pun pernah mengalaminya, moms. Saya sempat kesulitan menjaga berat badan setelah melahirkan. Apalagi, ketika mengurus si Kecil, saya terus merasa lapar. Saat itu, saya sempat membaca salah satu artikel kesehatan di internet, apabila saya tidak bisa mengatasi kekhawatiran itu, gangguan mommyrexia bisa muncul dan berisiko mengganggu kesehatan.


Apa Itu Mommyrexia?

Sebagian Mom mungkin masih awam dengan istilah mommyrexia. Saya sendiri awalnya tidak tahu sindrom ini. mommyrexia adalah sindrom yang dialami Ibu hamil saat terobsesi untuk tetap kurus selama masa kehamilan, sehingga bisa kembali ke bentuk tubuh semula dalam waktu singkat setelah melahirkan.

Mommyrexia muncul karena Ibu hamil melihat bentuk tubuh para selebriti setelah melahirkan yang kembali ke berat badan ideal dengan cepat. Padahal, umumnya menurunkan berat badan setelah melahirkan butuh waktu lebih lama. Saya sendiri memerlukan waktu lebih dari setahun untuk mencapai bentuk tubuh ideal. Tanpa disadari, bentuk tubuh selebriti ini membuat Mom hamil tidak nyaman, sehingga berusaha keras mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Apakah Mommyrexia Termasuk Gangguan Makan?

Jawabannya iya, Mom. Mommyrexia membuat Ibu hamil diet berlebihan, bahkan tidak mau makan sama sekali. Menurut artikel yang saya baca, sekitar 7 juta perempuan AS setiap tahun mengalami gangguan makan anoreksia dan bulimia saat masa subur. Anoreksia membuat Mom terobsesi untuk diet dan tidak makan, sedangkan bulimia membuat pengidapnya sengaja memuntahkan kembali makanan. Nah, mommyrexia adalah anoreksia yang dialami oleh Ibu baru.

Apakah Mommyrexia Berbahaya?

Bayangkan, bila Moms terobsesi punya bentuk tubuh ideal tanpa memikirkan kesehatan janin. Tentunya akan ada risiko yang dihadapi. Mom tentu tahu bahwa janin dan bayi baru lahir memerlukan nutrisi optimal. Nutrisi ini bisa didapatkan saat Mom mengonsumsi beberapa jenis asupan saat hamil dan makanan pasca melahirkan. Saat Mom tidak mau makan, tentunya si Kecil tidak akan mendapatkan nutrisi tersebut. gangguan makan terhadap Ibu hamil bisa menimbulkan gangguan kesehatan terhadap Ibu dan Janin,

  1. Kemungkinan keguguran yang lebih tinggi
  2. Pertumbuhan janin tertunda
  3. Mengalami persalinan prematur
  4. Depresi saat hamil dan melahirkan


Ada baiknya, ketika ingin menjaga berat badan setelah melahirkan, Mom tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini bisa mengurangi risiko kesehatan bagi Ibu dan si Kecil. Semoga rangkuman informasi seputar mommyrexia ini berguna ya Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Merry Lim

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

729 Merry Lim

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ragam Manfaat Susu Hamil Untuk Ibu Hamil

Susu merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi ibu hamil. Lantas, nutrisi apa saja yang terkadung dalam susu untuk ibu hamil?

Sering Merinding Saat Hamil, Normalkah?

Moms, sering alami merinding saat hamil? Mari cari tahu penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Manfaat Penting Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Apakah Mom tahu bahwa air kelapa dapat mendatangkan bermacam manfaat kepada ibu hamil dan janin?

Bolehkah Wanita Dengan Penyakit Lupus Hamil?

Lupus memang akan turut mempengaruhi masa kehamilan. Namun, apakah wanita masih bisa hamil meskipun menderita lupus?

Kenali Tanda Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Apaa yang menyebabkan preeklamsia terjadi pada ibu hamil dan apa saja gejalanya? Mari simak pengalaman Mom Nike berikut.

Wajah Bengkak Selama Masa Kehamilan, Apakah Normal?

Saat hamil, beberapa ibu hamil akan mendapati wajahnya menjadi bengkak. Berbahaya atau normakah hal ini terjadi?

Pola Makan dan Asupan Baik pada Ibu Hamil

Biasanya ibu hamil kerap kali lapar terutama dimalam hari. Berikut ini dalah beberapa tips mengatur pola makan bumil.

Kram Pada Masa Kehamilan, Apa Yang Harus Dilakukan?

Kram adalah bagian normal dari kehamilan. Namun, ada beberapa hal ketika kram bisa menjadi perhatian. Yuk, simak yang berikut ini.