Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Vitamin Prenatal yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PREGNANCY  |  26 Nov '19


Kehamilan adalah momen besar yang paling ditunggu para wanita. Kehamilan menjadi momen terpenting kita untuk mempersiapkan sebuah kehidupan baru. Tentunya semua ibu hamil pasti akan memberikan yang terbaik untuk calon bayi. Salah satu hal yang sangat penting adalah memberi nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Sebagian Moms ada yang beranggapan bahwa tanpa mengonsumsi vitamin, tubuh kita baik-baik saja. Nah yang perlu digarisbawahi adalah kita sedang mempersiapkan kehidupan yang baru ya Moms, kehidupan untuk buah hati kita, bukan untuk diri sendiri. Apa pun yang Moms konsumsi di masa kini mungkin Moms belum merasakan dampak baiknya sekarang, dan baru akan merasakan manfaatnya di masa mendatang. Bagaimana bisa?

Vitamin prenatal umumnya mengandung tiga gizi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin, antara lain asam folat, zat besi, dan kalsium. Tiga gizi tersebut sangat berperan penting selama masa kehamilan. Berikut penjelasannya.

1. Asam folat
Sejak sebelum hamil, kita sudah disarankan untuk mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat ya Moms. Mengapa? Asam folat ini berguna untuk mencegah cacat sistem saraf bayi. Di mana perkembangannya dimulai sejak 28 hari pertama setelah pembuahan terjadi. Bahkan terkadang kita sendiri belum menyadari bahwa kita sedang hamil. Maka, sebaiknya jika kita menginginkan segera hamil disarankan untuk selalu mengonsumsi vitamin dengan kandungan asam folat sebanyak 400-800mg per hari hingga masa kehamilan selama 3 bulan. Moms juga bisa mendapatkan asam folat dari makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, atau gandum.
Mengingat asam folat begitu penting, meski Moms merasa sudah mengonsumsi makanan alami yang mengandung asam folat, namun asam folat dalam bentuk vitamin juga penting karena lebih mudah diserap oleh tubuh ya Moms.

2. Zat besi
Zat besi merupakan investasi terbaik yang akan kita rasakan dampaknya di masa mendatang. Zat besi ini dibutuhkan untuk mendukung plasenta yang sehat, untuk mempersiapkan kehilangan darah selama kelahiran, dan membentuk sel darah merah bagi ibu dan bayi. Sel darah merah inilah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh juga kepada janin. Kekurangan zat besi pada ibu hamil akan dirasakan di masa kini dan mendatang. Pasalnya mereka yang kurang zat besi akan merasa lelah, pusing, dan lemah. Apa dampak di masa mendatang jika sang ibu kekurangan zat besi? Bayi bisa berisiko lahir prematur, berat badan rendah, juga anemia. Pada saatnya nanti, ibu yang mendapat nutrisi zat besi secara cukup, akan berdampak pada pertumbuhan bayi di masa mendatang karena ibu telah memiliki cadangan zat besi yang baik sejak hamil. Sumber zat besi alami ini dapat diperoleh dari daging, sayuran hijau gelap, kacang-kacangan. Mengingat pentingnya zat besi, pastikan Moms mengonsumsi zat besi dengan cukup sejak masa kehamilan ya.

3. Kalsium
Jika Moms pernah mengalami sakit gigi atau pegal-pegal selama hamil, coba pertanyakan apakah Moms sudah mengonsumsi kalsium 1000mg per hari? Jika belum, itulah sebabnya Moms. Karena bagi ibu hamil kebutuhan kalsium penting untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang Moms ya. Selain itu, kalsium juga berperan untuk pertumbuhan tulang bagi janin ya Moms. Beberapa sumber kalsium alami yaitu dari tempe, susu, keju, yogurt, sayuran berdaun hijau, dll. Pentingnya kalsium membuat kita wajib mengonsumsinya ya Moms. Jangan lupa untuk terus mengonsumsi kalsium hingga saat menyusui karena kebutuhan busui 1200mg kalsium per hari.

Nah Moms, itulah penjelasan mengenai manfaat yang bisa kita ambil dari mengonsumsi vitamin prenatal saat hamil. Biasanya vitamin prenatal akan diberikan oleh dokter, hanya saja Moms memang harus tahu apakah resep yang dokter berikan sudah memiliki kandungan yang seharusnya Moms terima? Misal dokter menyarankan mengonsumsi suplemen A yang kandungan kalsiumnya hanya 500mg, sedangkan kebutuhan Moms 1000mg per hari. Otomatis Moms harus mengonsumsi kalsium tambahan ya Moms untuk memenuhi jumlah tersebut. Tentunya ketika Moms akan mengonsumsi vitamin prenatal tersebut harus berdasarkan konsultasi dokter ya Moms agar disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan tubuh Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

551 Meidisya Isnaini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Minum Air Kelapa Saat Hamil Membuat Bayi Lahir Kulitnya Lebih Putih & Bersih?

Siapa yang tak suka air kelapa muda? Air kelapa muda banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil loh Moms

Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

Moms sedang mempersiapkan kehamilan? Baik yang baru menikah ataupun yang sedang merencanakan anak ke-2?