Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Vaksin di Puskesmas, Kenapa Tidak?

REVIEWS  |  15 Aug '17


Tidak dapat dipungkiri, pengeluaran untuk seorang anak sejak mereka lahir sangatlah banyak. Tidak hanya sekedar membeli kebutuhan pokok, kebutuhan untuk imunisasi anak hingga usia 2 tahun cukup banyak. Selama ini saya hanya tahu bahwa imunisasi di rumah sakit yang paling terpercaya. Namun, apabila imunisasi di rumah sakit, biayanya juga tidak sedikit yang dikeluarkan.

Lalu sampai akhirnya saya dapat informasi dari teman-teman di salah satu support group ibu-ibu, bahwa ada fasilitas pemberian imunisasi di puskesmas terdekat, bebas biaya dan juga terjamin keasliannya karena ini merupakan subsidi dari Pemerintah. Awalnya saya ragu karena puskesmas dalam bayangan saya tempatnya kecil, tidak rapih, dan kotor. Namun, ternyata bayangan saya salah! Puskesmas terdekat dari rumah, bersih juga rapih. Pada saat saya membawa anak untuk diimunisasi saya melihat semua peralatannya baru, bersih, dan dijaga kesterilannya. Dokter/Bidan yang menyuntik anak saya pun tenang dan profesional. Anak saya tidak menangis sama sekali. Setelah imunisasi pun, dokter meresepkan obat penurun demam bila terjadi demam yang bisa diambil secara gratis. Wahhh saya terkesima dan acungkan jempol. Hilang semua kekuatiran saya akan image puskesmas yang kurang baik. Bahkan saya  pernah melihat video salah satu Puskesmas di daerah Jakarta tidak kalah dengan rumah sakit. Wah, saya sungguh acungkan jempol!

Imunisasi yang diberikan di puskesmas adalah vaksin dasar dari pemerintah artinya tidak semua vaksin, hanya bcg,dpt, polio, hep. B, dan campak, serta terbaru adalah MR. Biasanya sebelum diimunisasi, kita harus mencari tahu dulu jadwal imunisasi di puskesmas tersebut karena biasanya tidak setiap hari. Ketika kita datang membawa KK yang sudah tercantum nama anak dan jika ada biaya registrasi maka itu pun tidak lebih dari Rp 10.000, (pengalaman saya sih tidak dikenakan biaya sama sekali) dan datang di jam-jam agak siang yang sudah tidak seramai pagi (sekitar jam 9 atau 10 pagi)

Lantas, apa bedanya pemberian imunisasi di Rumah Sakit dan Puskesmas?

Menurut saya, Imunisasi di Rumah Sakit:

  • Vaksinnya lumayan lengkap dari vaksin dasar hingga tambahan
  • Harganya lebih mahal karena tidak disubsidi pemerintah juga ditambah biaya administrasi dan biaya dokter
  • Pilihan vaksin di RS ada pilihan vaksin impor dan lokal
  • Karena ada vaksin impor, kita harus lebih perhatikan apakah distributornya terpercaya
  • Vaksin di rumah sakit satu kemasan satu suntikan jadi praktis namun lebih mahal

Imunisasi di Puskesmas:

  • Vaksin yang tersedia hanya vaksin dasar dari Pemerintah dan terjamin keasliannya, merupakan produk lokal buatan Biofarma yang sudah mengekspor vaksin lebih ke 100 negara.
  • Murah atau bahkan gratis karena disubdisi oleh Pemerintah, tidak ada biaya tambahan operasional dan dokter.
  • Salah satu yang membuat vaksin mahal itu penyimpanan, pengangkutan, dan kemasan. Untuk vaksin di Puskesmas, kemasan vaksinnya digunakan 1 untuk beberapa anak. Misalkan saja vaksin hepatisis B, puskesmas bisa dikemas 20 cc untuk 10 org, kalau swasta biasanya akan mengimpor vaksin yang kemasannya satu suntikan untuk satu orang. Jadi diambil sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, Puskesmas hanya menerima jadwal imunisasi 1 hari seminggu.
  • Biaya disubsidi oleh Pemerintah karena untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat

Tidak perlu kuatir untuk imunisasi di Puskesmas karena sama saja dengan Rumah Sakit karena kandungannya sama dan juga prosedur dalam menyimpan, mengangkut, dan pendistribusian vaksin diawasi betul oleh negara. Yuk, ramai-ramai kita ke Puskesmas dan mendukung program Pemerintah. Semoga ke depannya semakin baik lagi fasilitas kesehatan di Indonesia.

By: Farica Purnamasari

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

7230 Farica PURNAMASARI

Comments

LATEST POSTS

Review Lovenest+ from Babymoov by Mom Editha

Kepala bayi yang masih lunak memerlukan bantal khusus untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Baby-O-Review Dr. Brown's Tooth & Gum Wipes

Setelah makan dan minum susu, rongga mulut si Kecil wajib diberishkan, tak terkecuali bagi newborn.

Baby-O-Review Duux OVI

Ruangan ber-AC bisa menyebabkan kulit dan pernapasan bayi menjadi terganggu. Mari kita ketahui cara mengatasinya.

Mengatasi Transisi Breastfeeding To Bottle Feeding

Ketika Si Kecil sedang dalam masa transisi dari breastfeeding menuju feeding, tentu akan muncul berebagai drama. Bagaiaman cara mengatasinya?

Bamboo Roo Swaddle In Depth Review

Bingung memilih kain bedong? Berikut adalah in-depth review mengenai Bamboo Roo swaddles. Yuk, simak bersama.

Motorola Baby Monitor Review by Babyo

Ketika CCTV tidak bisa diandalkan karena WiFi lemot, apa yang kita bisa lakukan? Mari simak review untuk Motorola Baby Monitor berikut ini.

5 Hal Penting Agar Sukses Menyusui

Ada 5 hal penting tapi sering dilupakan, yang setiap Moms dan Moms-to-be perlu tau agar ASI lancar. Yuk simak bersama.

Baby Lotions Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product review yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik untuk Si Kecil.

Diaper Bags Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product comparison yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik bagi Si Kecil. Semoga bermanfaat.

Mengatasi Kelainan Kaki Pada Balita

Tidak sedikit balita yang mengalami in-toeing. Dan jika di tangani sejak dini, kelainan ini bisa menjadi normal. Mari simak berikut ini.

Apa sih Nursery Rhymes Itu?

Salah satu cara Mom Selvia mengajar anak jenius adalah dengan menggunakan nursery rhymes. Yuk, simak bersama.

Baby Walker, Yay or Nay?

Mom Cindy melakukan banyak research mengenai penggunaan Baby Walker dalam melatih anak berjalan. Yuk kita simak hasilnya.

Umur Berapa Bayi Boleh Naik Pesawat?

Umur berapa sebaiknya bayi pergi traveling? Apa yang sebaiknya dilakukan untuk memastikan bayi baik-baik saja selama penerbangan?

Puasa Gadget dan Diet Gadget

Gadget or no gadget? Topik ini seru sekali jika dibicarakan, tidak ada habis-habisnya. Simak cara Mom Yessica mengatasi hal tersebut.

Pentingnya Car Seat

 Car seat or no car seat? Bagi Mom Sarah, car seat is a must. Bagaimana cara mengatasi anak yang ngga mau duduk tenang di car seat? Simak berikut ini.

Happy Colouring

Bukan rahasia lagi bahwa aktifitas mewarnai banyak digemari oleh anak-anak. Apa manfaat mewarnai? Mari simak cerita Mom Sherlly berikut ini.

Menstimulasi Bayi Ala Mommy Carol

Bagaimana caranya untuk menstimulasi bayi sejak dini? Ternyata banyak caranya! Mari simak cerita Mommy Carol berikut ini.

Membatasi Anak Dengan Gadget

Di jaman modern seperti sekarang, anak mana yang tidak kenal dengan gadget dan youtube? Berikut adalah pengalaman dari Mom Vina mengenai kedua [...]

Baby-O-Review Bambooroo Swaddle

Baby-O-review dirancang untuk memberikan review secara jujur dan positif. Mari saksikan review untuk Bambooroo swaddle berikut ini.

Bayi Bau Tangan?

Pernahkah anda mendengar orang berkata “jangan keseringan digendong bayinya, nanti bau tangan”. Betulkah demikian?