Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Umur Berapa Bayi Boleh Naik Pesawat?

REVIEWS  |  05 Sep '17


Saya dan suami termasuk dalam golongan manusia suka jalan-jalan. Walaupun hanya sekadar jalan-jalan untuk refreshing sebentar saja, kami tetap menyukainya. Setelah melahirkan, kami juga tidak membatasi 40 hari untuk boleh membawa bayi keluar karena kami juga pikir-pikir tempat yang akan dituju dan tidak sembarangan sesuai keinginan saja. Tentunya hanya jalan-jalan ringan yang kami nilai aman untuk bayi kami.

Namun ketika usia bayi kami 2 bulan, kami mendapat undangan pernikahan seorang teman yang kami sangat ingin untuk hadir. Awalnya kami agak bingung karena kami khawatir untuk mengajak bayi kami naik pesawat. Kami khawatir organ pendengarannya belum siap. Selain itu juga kami khawatir bayi kami tertular penyakit dari orang lain yang 1 cabin. Tetapi kami lalu mencari informasi yang lengkap dan memikirkan semua baik-baik sehingga akhirnya kita berangkat. Just the three of us.

Dari informasi yang saya cari, saya mendapatkan bahwa setiap maskapai mempunyai aturan masing-masing. Untuk bayi yang lahir cukup bulan tanpa ada kelainan pada jantung dan paru, menurut International Civil Aviation Organization, International Air Transport Association, British Thoracic Society, dan Canadian Pediatric Society memberikan batasan minimal usia bayi 7 hari sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara. Sedangkan Aerospace Medical Association merekomendasikan usia 2 minggu sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara. Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan usia 6 minggu sebagai batas perizinan bayi menempuh perjalanan udara. 

Dokter tempat bayi kami biasa periksa dan imunisasi sih mengatakan bahwa usia 2 bulan sudah dianggap cukup, sudah diperbolehkan naik pesawat. Akhirnya karena kami pun sudah mantab dengan pertimbangan yang ada, kami berangkat dengan memakaikan earmuff pada telinga bayi kami. Saya juga menggendong bayi kami dan selalu memposisikan bayi kami dekat pada ASI sehingga kapanpun bayi kami mengalami penutupan pada tuba eustachii nya sehingga telinga nya terasa seperti tertutup, bisa terbantu dengan menelan ASI.

Jadi bagi orang tua yang ingin membawa bayinya bepergian menggunakan pesawat, jangan khawatir karena anda semua pasti bisa merasakan apakah bayi anda sudah siap atau belum untuk diajak naik pesawat. Tentunya jangan lupa untuk menyusui terutama saat take off dan landing, juga membawakan makanan dan mainan yang disukai. Dan bila memungkinkan, berikan penutup telinga/ earmuff bila bayi anda tidak terganggu. Selain itu, tetap jaga kehangatan tubuh bayi.

By: Jane Chrestella 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

10976 Jane chrestella

Comments

LATEST POSTS

Review Lovenest+ from Babymoov by Mom Editha

Kepala bayi yang masih lunak memerlukan bantal khusus untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Baby-O-Review Dr. Brown's Tooth & Gum Wipes

Setelah makan dan minum susu, rongga mulut si Kecil wajib diberishkan, tak terkecuali bagi newborn.

Baby-O-Review Duux OVI

Ruangan ber-AC bisa menyebabkan kulit dan pernapasan bayi menjadi terganggu. Mari kita ketahui cara mengatasinya.

Mengatasi Transisi Breastfeeding To Bottle Feeding

Ketika Si Kecil sedang dalam masa transisi dari breastfeeding menuju feeding, tentu akan muncul berebagai drama. Bagaiaman cara mengatasinya?

Bamboo Roo Swaddle In Depth Review

Bingung memilih kain bedong? Berikut adalah in-depth review mengenai Bamboo Roo swaddles. Yuk, simak bersama.

Motorola Baby Monitor Review by Babyo

Ketika CCTV tidak bisa diandalkan karena WiFi lemot, apa yang kita bisa lakukan? Mari simak review untuk Motorola Baby Monitor berikut ini.

5 Hal Penting Agar Sukses Menyusui

Ada 5 hal penting tapi sering dilupakan, yang setiap Moms dan Moms-to-be perlu tau agar ASI lancar. Yuk simak bersama.

Baby Lotions Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product review yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik untuk Si Kecil.

Diaper Bags Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product comparison yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik bagi Si Kecil. Semoga bermanfaat.

Mengatasi Kelainan Kaki Pada Balita

Tidak sedikit balita yang mengalami in-toeing. Dan jika di tangani sejak dini, kelainan ini bisa menjadi normal. Mari simak berikut ini.

Apa sih Nursery Rhymes Itu?

Salah satu cara Mom Selvia mengajar anak jenius adalah dengan menggunakan nursery rhymes. Yuk, simak bersama.

Baby Walker, Yay or Nay?

Mom Cindy melakukan banyak research mengenai penggunaan Baby Walker dalam melatih anak berjalan. Yuk kita simak hasilnya.

Vaksin di Puskesmas, Kenapa Tidak?

Berbicara mengenai imunisasi, banyak dari kita pasti memilih untuk melakukannya di Rumah Sakit. Tapi ternyata Puskesmas sekarang oke loh Moms...

Puasa Gadget dan Diet Gadget

Gadget or no gadget? Topik ini seru sekali jika dibicarakan, tidak ada habis-habisnya. Simak cara Mom Yessica mengatasi hal tersebut.

Pentingnya Car Seat

 Car seat or no car seat? Bagi Mom Sarah, car seat is a must. Bagaimana cara mengatasi anak yang ngga mau duduk tenang di car seat? Simak berikut ini.

Happy Colouring

Bukan rahasia lagi bahwa aktifitas mewarnai banyak digemari oleh anak-anak. Apa manfaat mewarnai? Mari simak cerita Mom Sherlly berikut ini.

Menstimulasi Bayi Ala Mommy Carol

Bagaimana caranya untuk menstimulasi bayi sejak dini? Ternyata banyak caranya! Mari simak cerita Mommy Carol berikut ini.

Membatasi Anak Dengan Gadget

Di jaman modern seperti sekarang, anak mana yang tidak kenal dengan gadget dan youtube? Berikut adalah pengalaman dari Mom Vina mengenai kedua [...]

Baby-O-Review Bambooroo Swaddle

Baby-O-review dirancang untuk memberikan review secara jujur dan positif. Mari saksikan review untuk Bambooroo swaddle berikut ini.

Bayi Bau Tangan?

Pernahkah anda mendengar orang berkata “jangan keseringan digendong bayinya, nanti bau tangan”. Betulkah demikian?