Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ulang Tahun Pertama Anak Perlu Dirayakan atau Tidak, sih?

MY STORY  |  OTHERS  |  03 May '19


Hai Moms, membahagiakan anak tercinta tentu akan dilakukan semua orang tua ya. Salah satunya dengan merayakan kelahiran anak atau ulang tahunnya dengan mengadakan pesta. Bagi sebagian orang tua, perayaan ulang tahun pertama anaknya dapat menjadi tempat berkumpul bersama seluruh anggota keluarga besar kedua belah pihak dan menjadi momentum yang baik untuk mengabadikan kehadiran anggota keluarga besar kita maupun dengan keluarga besar suami.

Namun apakah ulang tahun anak perlu dirayakan? Banyak yang bilang ulang tahun pertama itu tidak perlu dirayakan karena mengingat usia anak juga masih 1 tahun, belum mengerti apa sih makna ulang tahun itu sendiri, belum bisa tiup lilin, belum mengerti apa sih itu teman, masih labil suka semaunya dia aja, dan masih banyak pertimbangan yang ada.

Memang benar pernyataan semuanya itu dan sebenarnya juga gak ada aturan khusus yang menyebutkan bahwa ulang tahun harus dirayakan dengan mengadakan pesta. Cuma kembali lagi ya ke orang tuanya lagi, ada yang suka mengadakan pesta, ada juga yang biasa aja cuma kumpul bareng saudara, makan-makan, dan lainnya.

Banyak cara untuk merayakan ulang tahun pertamanya, tapi yang paling penting dari semuanya itu adalah makna dari ulang tahunnya sendiri, jangan lupa juga berdoa dan mengucap syukur buat kehadirannya itu lebih penting, dan merayakannya juga harus lihat situasi dan kondisinya juga ya. Meskipun nantinya mau dirayakan secara kecil-kecilan atau besar-besaran kita juga jangan lupa harus tetap mengajarkan ke anak ketika dia besar nanti bahwa tidak selamanya kita bisa rayakan ulang tahun terus, tidak selamanya juga apa yang diinginkan anak harus terwujud sesuai keinginannya, anak juga harus bisa mengerti bagaimana kondisi keluarganya dan bisa mengerti apa yang harus diutamakan terlebih dahulu.

Jika ingin merayakan pesta, jangan lupa cari tempat yang nyaman ya Moms buat si anak, bisa diadakan acara di rumah atau di luar cari tempat yang nyaman buat anak-anak. Kalau mau buat pesta yang mewah untuk anak 1 tahun sih rasanya jangan dulu ya Moms mendingan tunggu di usia anak yang tepat dulu deh, di mana si anak juga uda bisa mengerti makna ulang tahunnya.

Kalau menurut pribadi sih, saya mau rayakan karena:

  • Sebagai ucapan syukur atas kelahirannya dengan selamat dan telah melewati 1 tahun pertamanya di dalam keluarga kami.

  • Saya suka mengabadikan setiap momen dan foto-foto apa lagi bareng keluarga, ada kenangan yang manis bisa dilihat nanti bareng si anak ketika dia sudah mengerti.

  • Saya termasuk orang yang senang kalau ada acara atau bikin acara begitu, meskipun yang simpel dan harus repot-repot siapkan ini dan itu.

  • Bisa kumpul-kumpul bareng keluarga besar semua di mana saya dan papanya juga banyak sepupu dan ponakan yang masih kecil-kecil, ada yang seumuran dia ada juga yang uda SD dan dekat semua dengan saya. Kalau tidak ada acara begitu pasti jarang ketemunya, apalagi kalau sudah pada punya anak, waktu yang ada juga kurang efektif kalau mau sengaja ketemuan gitu, paling gak kalau pas hari raya besar aja, kalau saya dan keluarga ya pas Imlek itulah, jadi setahun itu ya cuma bisa ketemu 1x aja.

  • Anak juga bisa bersosialisasi, jadi gak takut kalau lagi ada banyak orang.

Kalau kemarin saya buat acara ulang tahunnya di rumah karena lebih gampang dan efektif juga buat anak saya, gak perlu banyak bawaan, gak perlu kejar-kejaran sama waktunya juga, dan kalau di rumah low budget ketimbang diadakan di luar, cuma ada plus minusnya kalau di rumah kita mesti repot siapin ini itu dan kalau uda selesai acara kita mesti beberes lagi, nah kalau di luar kita simpel tinggal pesen aja untuk tempat makan dan waktunya kapan, langsung deh gak perlu repot beberes lagi. Saya rayain sederhana aja ya hanya kumpul saudara (saudaranya aja uda cukup banyak ya), beberapa teman dekat yang punya anak dan tetangga sebelah rumah yang punya anak kecil juga. Sebenernya papanya Juan juga gak gitu suka perayaan atau yang terlalu rame banyak orang karena dia uda tau pasti ribet nantinya, tapi saya kasih penjelasan kalau saya mau rayain meskipun hanya kecil-kecilan, karena di sana banyak momen berharga dan yang paling utama saya lihat dulu kondisi keuangan saya, dibicarakan ke papanya juga kira-kira cukup gak sih meskipun gak secara besar-besaran. Kalau papanya sudah oke saya tinggal jalankan, hehe.

Nah untuk persiapan yang diperlukan pas pesta ulang tahunnya yang saya adakan di rumah kemarin sih yang simpel juga:

  1. Buat anggaran yang akan dikeluarkan (dari makan, dekor, sampai goodie bag untuk anak).

  2. Buat daftar tamu yang mau diundang. Kalau saya banyak keluarga besar jadi dihitung semua dari yang dewasa maupun anak. (kalau keluarga pasti banyakan yang datang, kalau ada yang berhalangan pasti mengabari dari jauh hari), kalau undang teman-teman juga sama sih harus dihitung juga berapa orangnya biar jelas untuk kita siapkan makannya.

  3. Pilih waktu dan jam yang tepat ya Moms. Kalau kemarin anak saya ulang tahun di hari Senin, jadi saya pilih waktunya di hari Sabtu yang akan datang, kalau bikin di hari ulang tahunnya banyakan ada yang masih kerja juga, kalau hari weekend kan mereka bisa meluangkan waktu untuk datang. Kalau untuk jamnya juga penting nih, kan banyak anak-anaknya juga yang diundang jadi lihat kondisi di mana mereka juga perlu tidur siang dan lainnya, jadi saya ambil di jam agak sore sekitar jam 3-an.

  4. Tema, kue dan dekor ulang tahun juga harus cocok, kemarin saya buat tema dengan kue Baby Shark, didekor sendiri yang simpel aja pakai balon-balon menyesuaikan tema dan dengan meja yang dihiasi diisi dengan kue tart, cupcake & puding untuk dibagikan ke anak-anak, ada mie dan telor merahnya juga (masih ikut tradisi orang tua yang dulu) hehe

  5. Menu makanan juga penting bisa masak sendiri atau beli di luar tinggal disajikan, pilih menu yang untuk dewasa dan anak-anak juga bisa makan, jangan banyak makanan yang pedas dan asam ya Moms.

  6. Susun acara gak kalah penting juga loh, kemarin ulang tahunnya Juan buat yang simpel, nyanyi ulang tahun sama-sama, tiup lilin, potong kue, anak-anak yang lain disuruh maju nyanyi juga so pasti mereka langsung maju tanpa malu-malu dan nyanyi, jadi happy semuanya, lalu acara makan-makan deh.

  7. Terakhir goodie bag ya, ini loh yang ditunggu-tunggu setiap anak kalau di acara ulang tahun yang pastinya ya, nah kemarin saya siapkan tas dengan diisi snack (seperti Mie Ultah dan Telor Merah (dicup-in ya), Bengbeng, Susu UHT, Chitato, Permen Milkita, Wafer Twistter dan Tango).

So far sih anak saya happy banget ya Moms selama acara, uda bisa diajak bercanda, belajar tiup lilinnya juga.. hehe

Oh iya Moms juga tak perlu merayakan ulang tahun setiap tahunnya, bisa pilih perayaan-perayaan kecil dengan momen khusus yang lainnya misal kalau anak sudah sekolah nanti dia naik kelas atau mendapat prestasi akademis yang bagus.

 

Semoga bermanfaat.

By: Yuliana Qin via Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

216 Yuliana Qin

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ratus Pasca Persalinan, Yes or No?

Moms pernah mendengar istilah ratus? Yuk simak cerita berikut ini.

Pandemic Membuatku Jadi Makin Mesra

Simak tips semakin mesra selama pandemi berikut ini yuk Moms and Dads!

Cerita Lebaran Tahun Kedua Fiersa

Meskipun Lebaran tahun ini berbeda, tapi tetap merupakan momen yang perlu dirayakan. Yuk simak cerita berikut ini.

Ini Cara Kami Mewujudkan Pernikahan Sehat Di Masa Pandemi

Yuk simak cara Mom Risny menjaga keharmonisan rumah tangga di saat pandemi ini.

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Selama Pandemi

Moms and Dads, selama pandemi ini jaga keharmonisan rumah tangga yuk. Simak bersama yang berikut ini.

Inspirasi Nursery Room

Para bumil sedang mencari inspirasi untuk mendekor kamar si Kecil? Bisa lihat yang satu ini ya.

Menjaga Kesehatan Pernikahan Selama Di Rumah Aja

Selama di rumah aja, apa yang Moms and Dads lakukan untuk menjaga kesehatan rumah tangga? Baca cerita berikut ini ya.

Komunikasi Suami Istri Saat WFH

Apabila suami istri sedang tegang, apa yang sebaiknya dilakukan? Simak cerita berikut ini ya.

Daddies Cook on Vals Day with Nutribaby+

Babymoov menyelenggarakan acara Daddies cook on Valentines Day!

Tips Sederhana untuk Mengurangi Sampah Rumah Tangga

Mengurangi sampah bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang sederhana ya Moms, apa sajakah itu?

Yang Perlu Dipersiapkan saat Jadi Mama Muda di Perantauan

Apa saja yang harus dipersiapkan saat memutuskan untuk tinggal sendiri alias jauh dari keluarga?

Membereskan Baju dengan Menggunakan Konmari Method

Gerah banget ga sih Moms, tiap buka lemari liat baju anak awut2an. Perlu ngumpulin niat yang banyak buat rapihin semua.

Habis Melahirkan, Tetapkan Aturan Berikut

Jangan sungkan untuk menerapkan aturan aturan ya, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan

Tips Menghempaskan Mom Shaming!

Yuk ikuti tips berikut ini untuk mengatasi mom shaming

Bahaya Baby Blues

Ternyata 80% Ibu yang baru melahirkan mengalami dan merasakan yang namanya Baby Blues

Tips Menghadapi Mom Shaming dan Baby Shaming

Moms pasti pernah mengalami Mom shaming ataupun Baby shaming, "Kok anaknya nangis mulu, ASI kamu pasti dikit tuh!"

Pentingnya Bahasa Cinta dalam Pernikahan

Pernikahan merupakan sebuah ikatan antara dua orang yang memerlukan kerja sama antara keduanya.

Hindari Kalimat Ini jika Bertemu Ibu Baru

Menjadi seorang ibu tentu tidaklah mudah. Terlebih bagi seorang ibu baru.

Rekomendasi Kado yang Bermanfaat untuk Teman yang Baru Melahirkan

Ketika dapet kabar dari temen kalo dia udah melahirkan, pasti kita juga ikutan seneng ya, moms.

Ini Dia Manfaat dan Tips Mengajak si Kecil Liburan Ke Museum

Moms butuh referensi untuk liburan bersama si Kecil? Museum bisa jadi salah satu ide yang pas