Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

20 Hours Flight With My Baby Part 1

MY STORY  |  02 Aug '17


Anak saya Oliver umur 1.5 tahun dan belum pernah naik pesawat sebelumnya. Karena kepentingan keluarga kami harus terbang selama 20 jam sampai ke tempat tujuan. Banyak yang menanyakan bagaimana tips untuk perjalanan jarak jauh. 

Saya coba jabarkan disini ya. 

  1. Siapkan popok sekali pakai yang berkualitas tinggi. Pilih untuk yang malam hari agar daya tampungnya cukup lama sehingga tidak perlu terlalu banyak mengganti popok di kala sulit.
  2. Sabun cair, lotion, dan minyak telon yang disalin dalam botol kecil agar bisa masuk dalam pesawat. Taruh dalam plastik bening agar tidak bocor. Masukan ini ke dalam tas popok. Jangan lupa pilih lotion yang bisa untuk wajah sekaligus ruam popok.
  3. Tissue basah dan kering yang banyak untuk mengelap pantat bayi. Dan siapkan 5 handuk kecil untuk mengelap pantat bayi agar daya serapnya kuat dan tidak buang tissue.
  4. Sun block spf 50 khusus bayi. Kebetulan saya pergi ke daerah yang sangat panas sehingga ini sangat perlu. Usahakan sun block yang aman untuk wajah juga dan memiliki formula untuk bayi yang tidak perih dimata. 
  5. Apabila tidak menyusui langsung, maka siapkan susu formula yang sudah masuk ke dalam botol. Saya siapkan 6 botol. Sehingga kapanpun diperlukan tinggal tambahkan air. Siapkan juga cadangan, kira-kira 3 takar dan ditaruh di dalam plastik portable untuk susu.
  6. Termos berisi air panas. Apabila diperlukan bisa juga minta air panas ke stewardess. Karena air kemasan dilarang di airport, maka air untuk susu saya masukan ke dalam botol minum Oliver. Banyak airport yang akan mengetes kelayakan air untuk mengetahui keamanan air yang kita bawa. Masukan susu dan air dalam 1 tas kecil yang terpisah dengan barang lainnya untuk memudahkan pemeriksaan. 
  7. Bawa sabun cuci botol sendiri dan masukan ke dalam bagasi. Gunakan apabila kita mencuci di wastafel bersih. Tuangkan air panas untuk steril botol dimanapun ada kesempatan, seperti malam hari saat di hotel pasti ada kettle listrik untuk memasak air dan pastikan botol selalu kering dengan mengelapnya dengan tissue bersih.                      
  8. Siapkan baju tidur yang nyaman dan lembut. Ketika saatnya tidur dan kita masih di pesawat, saya menggantikan pakaian Oliver dengan baju tidur sehingga ia tahu bahwa itu waktunya tidur. Siapkan beberapa pakaian ganti di tas dan juga koper kabin.
  9. Bawa bantal dan selimutnya yang biasa ia pakai agar ia merasa familiar dan nyaman saat tidur. Masukan ini di koper kabin dan ambil bila diperlukan. Satu penumpang biasanya mendapat jatah 1 hand carry dan 1 kabin dengan berat tidak lebih dr 7 kg.                      
  10. Pilihlah stroller yang mudah dilipat dan ringan. Saya pilih yang bisa full reclined karena akan banyak sekali waktu dimana Oliver harus tidur di stroller. Saya memilih cover stroller berwarna gelap supaya tidak mudah kotor. Saya juga membawa baby carrier apabila akses ke stroller tiak mudah.                        
  11. Apabila Anda pergi ke negara yang memerlukan car seat bagi bayi, segera informasikan kepada pihak yang menjemput Anda. Anda bisa menyewa ataupun meminjam kenalan Anda untuk yang satu ini. Pastikan yang Anda pilih sesuai dengan berat bayi Anda. Hitunglah ukuran sesuai dengan ukuran yang dipakai di acuan negara tersebut (lbs atau kg)                      
  12. Apabila memungkinkan, pilihlah posisi duduk yang ada bassinet dan juga dekat dengan toilet changing diaper sehingga memudahkan mengganti popok.

Bersambung ke part 2...

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

780 Prisiella Yessy

Comments

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.