Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ciri Ciri Ibu Mau Melahirkan: 7 Tanda yang Bunda Wajib Tahu

PREGNANCY  |  03 Apr '18

Ciri ibu mau melahirkan tentu haruslah diketahui oleh semua Mom yang sedang hamil, sebab dengan mengtahui ciri-ciri akan melahirkan, Mom dan pasangan bisa mempersiapkan semuanya dengan matang. Apa saja itu?

Berikut ini merupakan beberapa ciri ciri ketika Mom akan melahirkan, yaitu:

  1. Sakit punggung 
    Punggung yang terus terasa sakit dalam beberapa hari merupakan tanda awal ciri seorang ibu mau melahirkan. Rasa sakit tersebut biasanya disebabkan oleh bayi yang dalam kandungan sudah mulai turun ke jalan rahim dan mulai masuk ke area panggul ibu hamil. Pergerakan bayi tersebut bukan hanya menyebabkan punggung menjadi sakit, tetapi pada bagian perut akan terasa keram dan sakit.

  2. Sakit vagina 
    Selain sakit punggung dan perut, Mom juga akan mengalami sakit pada bagian vagina. Rasa sakit tersebut dibilang wajar, sebab sakit pada bagian bagian disebabkan oleh mulut rahim yang sudah mulai terbuka dan menipis. Terbukanya leher rahim menandakan bahwa Mom akan segera melahirkan. Leher rahim akan terbuka secara sempurna apabila sudah terbuka sampai 10 cm dan ini yang disebut sebagai pembukaan sempurna.

  3. Keluar lendir disertai dengan bercak darah 
    Saat beberapa hari menjelang persalinan, biasanya akan keluar cairan seperti keputihan namun lebih kental dan biasanya disertai dengan darah yang berwarna kemerahan atau kecoklatan. Keluarnya cairan tersebut merupakan kontraksi rahim yang menandakan bahwa Mom akan segera melahirkan.

  4. Buang air kecil terus menerus 
    Ketika bayi sudah mulai turun ke bawah menuju jalan keluar, ini menyebabkan bayi akan menekan bagian bawah perut atau pada bagian kandung kemih. Tertekannya kandung kemih itulah yang menjadi penyebab mengapa Mom menjadi lebih sering buang air kecil.

  5. Usus besar ikut kontraksi 
    Ketika sudah mulai mendekati persalinan, bukan hanya rahim saja yang mengalami kontraksi. Namun usus besar ikut kontraksi. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon pada tubuh ibu hamil sehingga menyebabkan dinding usus menjadi tegang dan menimbulkan rasa nyeri.

  6. Kondisi suasana hati akan berubah-ubah 
    Dalam keadaan hamil biasanya kondisi perasaan Mom menjadi berubah-ubah atau tidak menentu. Biasanya Mom menjadi lebih sensitif, gampang tersinggung, dan mudah marah

  7. Air ketuban pecah Air ketuban pecah merupakan ciri ibu hamil akan segera melahirkan. Pada saat air ketuban sudah pecah, maka bayi yang ada dalam kandungan harus segera dikeluarkan. Sebab apabila bayi terus dibiarkan sampai air ketuban kering, ini bisa beresiko kematian bayi dalam kandungan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

1850 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories