Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Trik Sukses Mendidik si Kecil Tanpa Amarah

PARENTING  |  TODDLER  |  04 Feb '20


Hai Moms! Dalam mendidik anak tentunya moms ingin selalu happy dan ceria ya namun terkadang situasi tidak diinginkan selalu saja terjadi dan tak jarang menguji kesabaran hingga munculnya amarah. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ketika di bentak maka pada usia anak akan mengalami hambatan pada perkembangan neuron (saraf) anak. Kadangkala tingkah anak yang menguji emosi Moms,tidak terkendali sehingga muncul lah amarah.

Marah itu sendiri sebenarnya adalah emosi yang wajar Moms. Bisa dikatakan mustahil jika seseorang tidak punya marah, hanya cara mengekspresikannya yang berbeda. Terlebih pada kondisi Momsyang beragam dalam menghadapi anak dengan berbagai macam keunikan dan perilakunya. Ada beberapa hal yang memicu kita menjadi marah:

1. Kondisi kelelahan
Faktor kelelahan ini bisa memicu amarah meski terkadang anak tidak melakukan kesalahan fatal. Seperti waktu tidur dan makan yang juga tidak teratur.

2. Masalah yang terus menerus tanpa solusi
Saat Moms menghadapi situasi stres pada masalah lain tak jarang melampiaskan kemarahan pada anak. Hal ini terjadi karena kondisi psikologis Moms sedang tidak baik sehingga mudah keliru atau terpancing amarah.

3. Manajemen pengasuhan yang belum efektif
Ada beberapa kesalahan berulang anak yang terjadi bisa jadi karena Moms blm mengetahui cara mengatasinya jadi bukan karena anak tidak berubah. Seperti anak tantrum di tempat umum, atau anak selalu memanjat lemari yang buat Moms khawatir hingga bisa memancing amarah.
Beberapa cara seseorang mengekspresikan marah:
1. Berteriak, dan memaki
2. Memukul, mencubit, dan melukai fisik anak
3. Menunjukkan ekspresi marah seperti melotot atau atau menggeram
4. Mengucilkan anak atau mengabaikan anak tidak menjawab ketika diajak bicara dan tidak menuruti mau anak.
5. Menjauh dari anak
6. Melempar barang atau melampiaskan pada benda
7. Memarahi orang lain yang dianggap membuat anak bersalah seperti memarahi asisten rumah tangga, suami, dan anak yg lain.
8. Dll (beberapa orang punya cara unik dalam mengekspresikan marahnya)

Bagaimana cara mengelola & mengekspresikan Amarah? 

Berikut tips cara mengelola marah saat mendidik (mengasuh) anak:
1. Tahan diri Moms dan hitung 10 detik sambil memikirkan harus bereaksi seperti apa terhadap perilaku anak yang mungkin memicu marah Moms. Melatih diri untuk menahan marah ini akan meningkatkan kontrol diri Moms sehingga tidak impulsif.
2. Pikirkan kembali alasan kenapa Moms menjadi marah, apakah karena kondisi Moms yang sedang dalam situasi kelelahan, menghadapi situasi PMS, sedang ada urusan lain yg mengganggu pikiran, atau memang karena anak tidak tahu atau blm tahu kesalahannya.
3. Moms bisa buka kembali album kenangan foto anak semasa bayi atau disaat masih lucu dan menggemaskan. Hal ini akan mampu mengurangi rasa marah terhadap kesalahan anak.
4. Saat amarah tidak tertahankan. Cobalah cari ruang menjauh sementara dari anak. Tentunya anak bisa diawasi sementara denganorang terdekat lainnya.
5. Mandi. Moms bisa pilih sabun dengan aroma relaxing tertentu yang dapat moms gunakan ketika dalam kondisi marah. Hal ini bertujuan menciptakan kondisi relax pada tubuh.
6. Minum air putih yang cukup. Kekurangan cairan atau dalam kondisi dehidrasi dapat membuat Moms tidak fokus sehingga mudah keliru memahami situasi.
7. Shareing dengan cara yang tepat pada pasangan atau orang terdekat. Misal pada suami, katakan Moms hanya butuh didengarkan bukan dinasehatin. Ini adalah cara katarsis untuk membuat Moms bisa mengurai kembali amarah yg ditahan pada anak.
8. Jika anak sudah bisa diajak komunikasi katakan Moms sedang marah pada anak dan butuh waktu sendiri misal ke kamar atau ke teras rumah.
9. Menjaga diri untuk selalu berpikir positif. Ingat bahwa anak perlu proses belajar untuk akhirnya bisa menjadi benar. Sama seperti kita sebagai orang tua yang tidak sempurna begitu pula anak.
10. Hindari membandingkan anak dengan siapapun termasuk saudara kandung lainnya. Ingatlah hal2 positif yang anak miliki sebagai pribadinya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

592 Meilan Nurdianti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Cuci Tangan, Yuk!

Selama masa pandemi ini, kita semua dihimbau untuk berada #dirumahaja. Nah, supaya si kecil tidak bosan selama dirumah, kita bisa buatkan si [...]

Mendidik Anak Agar Suka Baca Buku

Bagaimana ya caranya agar si Kecil suka membaca? Simak cerita berikut ini.

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya

Bagaimana cara menyapih agar proses ini berhasil dengan baik? Simak berikut ini.

Tips Sederhana Anak Tertarik dengan Buku

Membangun rasa ketertarikan si Kecil terhadap buku adalah hal yang baik untuk dilakukan sejak dini. Yuk simak berikut ini.

Tips Menghadapi Si Kecil yang Bersikap Kasar

Apa yang harus kita lakukan jika si Kecil bersikap kasar? Apakah perlu dimarahi dan didisiplin? Yuk, simak berikut ini.

Tips Disiplinkan Waktu Tidur Anak Sejak Dini

Mengatur waktu tidur anak itu susar-susah gampang. Betul ga Moms and Dads? Yuk simak tips mendisiplinkan waktu tidur anak berikut ini.

Tips Mengajak Batita ke Bioskop

Pengen ajak si Kecil ke bioskop tapi takut cranky dan mengganggu penonton lainnya? Yuk simak tips berikut ini!

Bagaimana Meredakan Emosi Saat Anak Tantrum?

Moms sedang menghadapi si Kecil yang tantrumnya sering kambuh? Bagaimana mengatasinya? Yuk, simak tips ala Mom Nadia.

Si Kecil Suka Melawan? Ini 4 Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

Menghadapi sifat anak yang suka melawan atau keras kepala pasti tidak mudah bagi orangtua