Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Recovery Cepat Setelah C-Section

HEALTH TIPS  |  04 Nov '17


Saya adalah satu dari sekian banyak ibu yang mengalami persalinan secara unplanned c-section dan masuk kategori pasien cito. Ya, operasi cesar yang tidak direncanakan sebelumnya karena dari awal kehamilan berencana untuk vaginal birth dan dsog juga sudah approved. Mengapa dulu saya sangat menghindari operasi? Bukan karena saya takut dengan issue yang berkembang tentang c-section ya, tapi memang kebetulan sebagai tenaga kesehatan saya pernah beberapa kali melihat langsung proses operasi cesar dan tidak ingin membayangkan bagaimana proses pemulihan sang ibu yang harus dioleh-olehi sayatan sepanjang 10-15 cm diperutnya. Tapi akhirnya saya mengalami sendiri dan harus menghadapi kenyataan bahwa perjuangan setelah melahirkan bayi baru akan dimulai setelah efek bius hilang.

Namun, ternyata hal-hal yang selama ini saya khawatirkan tentang lamanya pemulihan pasien sc tidak terjadi. Saya bersyukur ada banyak dukungan yang memberikan saya semangat sehingga proses pemulihan tidak berlangsung lama. Bahkan 3 minggu setelah operasi saya sudah naik motor sendiri. Amazing buat saya kalo inget sakitnya jahitan dihari pertama. Ada beberapa hal yang saya lakukan agar cepat pulih pasca sc:

1. Istirahat di 8 jam pertama pasca melahirkan
Gunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk tidur, karena setelah ini tenaga kita akan sangat banyak terkuras karena bius akan hilang dalam waktu 6-8 jam. Biasanya bayi belum tidur satu kamar dengan kita, tujuannya memang memberikan kesempatan ibu untuk beristirahat dan tidur. Bagaimana jika payudara terasa kencang? Hubungi suster untuk menyusui bayi. Kalau saya kebetulan waktu itu belum keluar ASI di hari pertama, tetapi bayi sudah menyusu sebelum masuk ruangan.

2. Jangan takut bergerak
Memang Moms, rasanya sangat amat sakit. Bahkan batuk, bersin pun harus ditahan. Tapi jangan membatasi gerakan kita ya, karena justru akan menghambat penyembuhan. Belajar tidur miring, duduk dan BAK dikamar mandi sendiri tidak apa-apa kok, asal ada yang menemani (Ibu atau suami). Tentunya juga harus sesuai dengan instruksi suster ya. Karena percaya atau tidak, semakin kita punya semangat untuk cepat pulih dengan tidak takut bergerak, tubuh kita juga akan menerima respon positif itu. Setelah kateter dilepas waktu itu saya selalu berjalan ke kamar mandi dan belajar memangku bayi sebelum pulang.

3. Rajin menggunakan gurita / korset
Memang boleh ya habis operasi pakai gurita/korset? Saya juga baru tau dan ternyata it really works. Selain untuk menahan rasa sakit, ternyata gurita berfungsi juga sebagaimana mestinya jika kita melahirkan secara normal yaitu bisa merampingkan perut yang terasa masih besar setelah sc. Lumayan kan, tetap bisa singset pasca melahirkan hehehe. Saya sih ngerasanya kalo itu gurita dilepas malah tambah sakit perutnya karena rasanya gak ada sesuatu yang menahan perut kita. Jahitan juga oke-oke saja tidak ada keluhan ketika menggunakan gurita. Hanya saja sedikit repot karena gurita bertali, jadi harus benar cara memakainya dan jika butuh bantuan biasanya dilakukan sambil tiduran. Saya menggunakan gurita sekitar 3 minggu dan perut buncit pun hilang.

4. Upayakan untuk tidak menggendong bayi sepanjang malam
Newborn baby pasti ngajak begadang ya Moms, tapi kita harus punya partner yang bisa diajak gantian menggendong bayi ketika menangis. Karena ibu saya membantu selama 2 bulan (dari hamil 9 bulan sampai baby usia 1 bulan) jadi biarlah kesempatan emas itu kita pergunakan sebaik baiknya. Biarlah orang lain yang menggendong bayi waktu malam hari, bisa suami atau ibu. Jadi saya cuma menyusui saja kalau memang menangis karena haus. Simpan tenaga kita untuk bergerak di pagi dan siang hari. Dengan tidak terlalu lelah, maka pemulihan juga akan berlangsung dengan cepat.

5. Kontrol jahitan dan rutin minum madu
Sebelum pulang pasti kita diberi resep obat oleh dokter kandungan ya. Itu adalah obat pengurang rasa sakit. Kalo saya minum obat itu hanya ketika memang masih sakit saja, ketika sudah tidak merasa sakit, saya tidak lanjutkan minum. Tetapi rutinlah minum madu. Karena madu efeknya luar biasa menurut saya dalam pemulihan dan meningkatkan imunitas juga. Lalu jangan lupa untuk memeriksakan jahitan kita 1 minggu dan 1 bulan setelah operasi. Kontrol 1 minggu pasca operasi tujuannya melihat apakah luka jahitan sudah kering dan membersihkan sisa benang yang bisa diambil oleh dokter. Kontrol 1 bulan pasca operasi bertujuan untuk melihat perawatan kita selama di rumah sudah benar atau tidak. Jangan lupa bersihkan perlahan area sekitar jahitan ya, karena bagaimanapun kebersihan adalah sebagian dari iman dan menunjang estetika perut juga

Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat ya moms, semenjak menjadi ibu, kita bahkan bisa menembus batas kemampuan kita sendiri, melakukan apa yg sebelumnya tidak pernah kita bayangkan, maka dari itu kita semua adalah supermoms bagi anak-anak kita. 

 

By: Bitania Murda

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

4900 Bitania Murda

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kenali Gejala Dan Penanganan Anemia Pada Si Kecil

Apa gejala anemia pada si Kecil? Apa yang harus dilakukan jika si Kecil terkena anemia?

Hal-Hal Sederhana Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona Ala Mom Risny

Yuk simak cara Mom Risny menjaga keluarganya dari virus Corona.

What is Eczema?

What is Eczema?

Perhatikan Hal Berikut untuk Mencegah Virus Corona

Maraknya virus corona banyak membuat orang tua panik. Simak tips berikut agar si Kecil terhindar dari virus ini yuk Moms and Dads!

Penting untuk Diperhatikan Pasca Persalinan

Momen setelah bersalin tentu membahagiakan ya Moms and Dads. Tapi ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan loh! Yuk, simak berikut ini.

Tips Mengenakan Masker untuk Si Kecil Demi Mencegah Coronavirus

Mengenakan masker merupakan salah satu cara pencegahan si Kecil tertular virus Corona. Tapi bagaimana jika si Kecil menolak masker?

Mengatasi Sinusitis Pada Balita

Pernah mendengar balita terkena sinusitis? Apa tandanya? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak berikut ini!

Pengalamanku Alami Wasir Stadium 3 Pasca Melahirkan

Wasir setelah melahirkan? Pasti ga nyaman ya Moms. Yuk simak cerita berikut ini.

Mengenal Kulit Bayi dan Cara Menjaganya

Atopic dermatitis adalah kelainan kulit kronis yang menyerang 15-20% anak-anak serta 3% orang dewasa.

Cara Membuat Mosquito Spray Repellent dengan Variasi Essential Oil

Salah satu fungsi minyak esensial adalah dapat digunakan sebagai anti nyamuk. Bagaimana cara membuatnya?

Apakah Suntik TT Aman? Bagaimana Jika Tidak Suntik TT Sebelum Menikah?

Vaksin TT akan membantu dalam pencegahan tetanus dan sangat diperlukan bagi calon pengantin.

Sindrom Marfan: Kelainan Genetik pada Jaringan Ikat Manusia

Kelainan genetik pada jaringan ikat ini paling umum memengaruhi mata, pembuluh darah, tulang & jantung.

Mengenal Gejala Sindrom Bipolar, Gangguan Kepribadian Ganda Serius

Sindrom bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati ekstrem dan fluktuasi tinggi.

Mengenal Sindrom Behcet, Kelainan Langka yang Menyerang Pembuluh Darah

Sindrom Behcet merupakan kelainan langka yang menyebabkan pembuluh darah di seluruh tubuh mengalami peradangan.

Sindrom Asherman, Sindrom Langka yang Pengaruhi Menstruasi

Apa itu sindrom asherman yang mempengaruhi menstruasi pada wanita? Yuk kenali lebih dekat sindrom langka ini

Campak Jerman Pada Busui Apakah Berbahaya?

Campak jerman atau yang dikenal dengan campak 3 hari, sebenarnya berbeda dengan campak pada umumnya loh Moms.

Sindrom Klinefelter dan Dampaknya Terhadap Kesuburan Pria

Sindrom Klinefelter adalah kondisi genetik yang cukup umum ditemukan hanya pada pria. Bagimana dampaknya pada kesuburan?

9 Gejala Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

Mengenali tanda-tanda dan gejala awal dari kondisi kronis ini sangat perlu agar penderita dapat segera dirawat.

Pengertian, Penyebab dan Gejala Penyakit Kista

Benjolan berbentuk kantung yang dapat muncul di mana saja di tubuh ini dapat dialami oleh semua kalangan usia.

Ini 4 Gejala Penyakit Kanker Payudara yang Dapat Langsung Moms Kenali

Kanker payudara adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh ketidaknormalan pertumbuhan sel-sel di payudara.