Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Awal Masa Kehamilan

HEALTH TIPS  |  28 Sep '17

Ketika hamil, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui selain rutin pemeriksaan ke dokter kandungan, agar kelak bayi yang lahir sehat dan tidak telahir dengan cacat baik fisik maupun organ dalam tubuh. Beberapa hal diantaranya adalah:

1. Penuhi asupan dengan nutrisi terbaik.
Pada saat hamil muda Anda akan sering merasa mual yang menyebabkan menurunnya nafsu makan Anda. Meskipun normal, dalam keadaan tersebut tetap harus dipaksa agar janin tidak kehilangan asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangannya. Anda harus membuat pertumbuhan janin itu menjadi sempurna. Janin Anda sedang mengembangkan titik penting pertumbuhan seperti otak, jaringan tubuh, mata, telinga, semua jaringan wajah dan tulang. Artinya bahwa semua nutrisi yang harus dipenuhi adalah nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan janin Anda. Saat janin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, resiko keguguran pun meningkat 

2. Jangan melakukan aktifitas berat saat awal masa kehamilan.
Diawal masa kehamilan Anda akan merasakan kondisi tubuh yang letih dan mudah lelah. Agar kondisi tetap fit dan tidak semakin lelah sebaiknya Anda menghindari aktifitas yang berat. Aktifitas berat yang dilakukan saat hamil muda dapat meningkatkan resiko keguguran.

3. Hindari stress dan kendalikan emosi.
Saat hamil, ada banyak ujian karena saat masa-masa hamil, wanita lebih mudah terbawa emosi. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan hormon yang tentunya akan mempengaruhi tingkat stress anda yang dapat membahayakan janin. Lakukan semua hal yang dapat meningkatkan aura positif sehingga mampu menstabilkan emosi. Perlu diwaspadai bahwa mengelola emsi sangat penting terutama bagi ibu hamil dengan riwayat hipertensi. Pastikan tubuh dan pikiran selalu rileks. 

4. Hindari asap rokok dan alkohol.
Semua ibu hamil sebaiknya tidak menjadi perokok aktif maupun pasif. Rokok mengandung nikotin yang sangat berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Asap rokok yang mengandung nikotin bisa membuat janin tidak menerima oksigen yang cukup. Selain itu, semua produk alkohol dan soda bisa menyebabkan resiko yang sangat serius untuk janin dan ibu hamil. Bahkan semua resiko ini tidak hanya terjadi pada kehamilan muda namun hingga persalinan. Alkohol bisa masuk ke dalam darah sehingga bisa terserap ke dalam janin. Kemudian alkohol dan semua jenis minuman bersoda juga bisa menyebabkan resiko seperti gangguan kecemasan pada bayi yang dilahirkan, lahir prematur, cacat lahir, cacat mental dan juga kematian janin. 

By: Anissa Libraniansyah

748 Anissa Libraniansyah

Comments

Related Stories