Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips untuk Stimulasi Anak Berbicara

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  TODDLER  |  27 Aug '19


Hai Moms, Besok anakku menginjak usia 17 bulan, umur segini tuh anak lagi seneng ngikutin kata yang diucapkan orang lain.

Dode, panggilan sayangnya anakku. Mulai babbling usia 4 bulanan, kemudian seiring berjalannya waktu. Kata pertama yang bisa dia ucapkan adalah "Nenen". Yaaa untuk yg satu itu emang favoritnya para bayi yah hihi. Saya pun semangat menulis kata apa saja yang sudah lancar Dode ucapkan sampai hari ini. Bagi Working Moms yang tidak punya waktu 24 jam bersama anak (pada saat weekdays), tentunya memiliki keterbatasan waktu untuk bermain dengan anak, Namun, tidak perlu sedih para Working Moms, kita bisa optimalkan waktu bermain bersama anak saat pulang kerja.

Nah apa saja sih yang saya lakukan untuk menstimulasi anak agar dapat lancar berbicara:

1. Membaca buku

Membacakan buku sejak dini selain dapat menanamkan kebiasaa baik, juga dapat membantu anak dalam memperkaya kosa kata yang dia dengar dan dapat dia ucapkan kelak. 

Tentunya pilihan buku untuk anak dapat ditentukan dari berbagai macam warna dan gambar yang menarik sehingga membuat anak penasaran untuk membuka buku tersebut. Dengan Moms atau Dads membacakan buku kepada anak pun makin mempererat bonding antara anak dan Parents lho..

2. Bernyayi

Naaah ini adalah hal yang paling sering saya lakukan dalam setiap aktivitas bersama dode. Sambil mandi, sambil main bahkan sebelum tidur. Saya suka mengajak dode bernyanyi.

Sehingga seiring berjalannya waktu dode suka mengikuti nyanyian saya. Walaupun dode baru bisa nyanyi ujungnya doang hihi. Jadi biasanya saya berikan dode kesempatan meneruskan lagu yang saya nyanyikan. Dan dode pun mengikutinya. Jadi, ada tambahan kosa kata baru deh yang bisa dode ucapkan.

3. Mengulang kata

Selain dua hal di atas, saya terbiasa memperkenalkan aktivitas apa yang akan dan sedang dilakukan. Misalnya pada setiap pagi sebelum mandi saya berbicara : "Udah sarapan, waktunya mandi. Ayo kita mandi. Begitu setiap pagi. Sehingga dode pun sudah mengerti jika sudah waktunya mandi, dia berkata: "Yuk mandi yuk". Karena aktivitas dilakukan berulang, (semoga) dode perlahan mulai mengerti ,mengenal dan mengucapkan aktivitas yang dilakukan.

Di umur menjelang 17 bulan ini aktivitas yang sudah bisa dia sebutkan baru beberapa misalnya : Mandi, Mamam, poop, Minum, apalagi yaaa. Masih panjang perjalanan (saya dan) dode untuk berbicara banyak hal. Saya dan ayahnya sangat menikmati masa-masa ini, dan jangan lupa, karena dode sudah bisa meniru kata-kata orang tuanya. Sehingga kita sebagai orang tua harus lebih bijak dalam memilh kata. Jangan sampai contohin yang tidak baik ya.

Lucu ya Moms, ketika anak sudah mulai belajar memahami perintah dan juga larangan. Pada beberapa kesempatan pun, terkadang dode sudah bisa merangkai 2-3 kata ketika dia menginginkan sesuatu, Misalnya : Mami, mau minum susu.. atau Mami, mau duduk..

Karena memang baru mau 17 bulan. Tak jarang juga saya bingung ketika dode berbicara dengan bahasa bayi, tapi saya dan suami selalu menanggapi pembicaraan dode seolah kita saling mengerti bahasa dia hahahaa. Oke, jadi begitu sharing dari saya mengenai stimulasi agar anak dapat lancar berbicara.

Sekian Moms, selalu ingat bahwa perkembangan setiap anak berbeda. Percayalah bahwa setiap anak spesial dan memiliki caranya sendiri dalam setiap perkembangannya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

269 Annisa Afiani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak di Masa Pandemi : Food or Drink?

Moms, yuk coba ide bermain dengan si Kecil berikut ini.

Bermain Buah Potong Dapat Melatih Motorik Halus Anak

Aktivitas yang satu ini bisa dicoba untuk melatih kemampuan motorik si Kecil loh Moms!

Ide Bermain Anak - Alphabet Sorting Game

Yuk Moms kita coba permainan untuk si Kecil yang satu ini!

Metode Belajar Anak Dengan Menggunakan Flash Card

Bagaimanakah media belajar dengan menggunakan flash card, dari usia berapakah anak diperkenalkan dengan metode flash card? Flash card adalah [...]

Ide Bermain untuk si Kecil: Doughnut Ring Toss

Masih setia dengan permainan yang terbuat dari kardus, kali ini saya membuat permainan ring toss.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan ketika si Kecil Belajar Merangkak

Merangkak merupakan salah satu fase perkembangan yang dilalui oleh si Kecil.

Manfaat Membacakan Buku pada Anak

Dari dulu saya suka membaca dan saya ingin menularkan kecintaan saya pada buku pada Ai

Ide Bermain untuk si Kecil: Clip More Hair

Yuk manfaat roll tisu bekas Moms untuk mainan si Kecil

Manfaat Bermain Pasir Kinetic Bersama si Kecil

Ternyata bermain pasir kinetic itu banyak manfaatnya loh Moms

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengajak Anak Berenang

Renang merupakan aktivitas olahraga yang sarat akan manfaat.

Review Trump Card Kodomo Challenge dari Shimajiro Club

Zaman sekarang memang smartphone menjadi hal yang tak terpisahkan dari aktivitas manusia ya Moms.

Ide Bermain: Meraih Bola

Moms, apakah anak Moms sedang senang dan aktif bergerak mengeksplor lingkungannya?

Ini Dia Manfaat Rutin Memeluk si Kecil yang Wajib Diketahui

Kadang di tengah hiruk pikuk kesibukan dan aktivitas setiap hari, Moms mungkin lupa untuk mendekap dan memeluk si Kecil.

Refreshing Plus Belajar dengan Anak di Pantai

Sebenarnya saya orangnya agak parnoan kalau harus ke daerah pantai apalagi jika harus membawa anak-anak.

Ide Bermain Anak - Human Body Puzzle

Salah satu cara mengenalkan anggota tubuh pada anak adalah dengan membuatkan mainan edukatif

Ide Bermain untuk si Kecil: Tie Dye Art

Pernah melihat baju-baju dengan motif warna-warni tak beraturan tapi sangat indah terlihat?

Manfaat Bermain di Playground untuk si Kecil

Bermain di playground pasti menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil ya moms.

Jaga Anak Kita dari Kecanduan Gadget

Sekarang ini zaman semakin berkembang membuat anak juga semakin kreatif dan inovatif.

Ide Bermain Anak - Laundry Time

Pernah gak moms si kecil ikut membantu waktu kita menjemur pakaian? Permainan ini boleh dicoba nih Moms!

DIY Playdough untuk Main si Kecil

Ingin menghemat budget mainan si Kecil? Yuk buatkan playdough di rumah Moms