Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Travelling with Nanny

OTHERS  |  01 Jan '19

Bagi Moms buat yang mau liburan dan mengajak susternya ke luar negeri. Kali ini aku mau sharing nih cara pembuatan paspor suster. Kebetulan baru buatin paspor suster si bos di kantor dan wakilin jadi majikannya juga. Walaupun kita minta travel/biro jasa yang urus untuk pembuatan paspor suster, tetapi prosedurnya berbeda sedikit dengan yang biasanya Moms.

Apa saja sih dokumen yang perlu disiapkan suster?

  1. Akta lahir
  2. Kartu keluarga
  3. Ijazah pendidikan terakhir (harus ada walaupun cuma SD ya Moms).
  4. E-KTP (kemarin si suster tidak memiliki KTP, hanya ada surat pengajuan E-KTP dan KTP lama yang sudah expired. Tapi tetap diperbolehkan karena menggunakan biro jasa ya Moms. Akan dibantu untuk acc ke pihak imigrasi).

Nah ada dokumen tambahan juga yang perlu disiapkan dari sisi majikan:

  1. E-KTP
  2. Paspor
  3. Surat Pernyataan majikan di atas materai (ini biasanya disiapkan sama biro jasa yang bantu ngurusin, kita tinggal terima beres).

Semua dokumen ini diminta copy/scan-nya dulu sama biro jasa untuk pengajuan. Nanti semua dokumen asli harus dibawa pada saat foto. Kita sebagai majikan juga haru ikut untuk mendampingi ya Moms. Karena nanti pas interview, kita bakalan ditanya-tanya juga. Mereka biasanya tanya sama kita sebagai majikan. Mau kemana bu? Anaknya berapa? Umur berapa? Dan pihak imigrasi kasih tau sama kita, ini ibu yang bertanggung jawab selama suster berada di luar negri. Jadi paspor harus Moms yang pegang ya.

Susternya akan ditanya atau tidak?

Ditanya juga ya, kemarin ditanya, sudah pernah punya paspor sebelumnya? Ini baru pertama kali buat paspor? Sudah berapa lama kerja sama ibu? Pertanyaan-pertanyaan umum saja sih Moms. Nanti kita (majikan dan sus) akan diminta tanda tangan juga.

So far, kalau tidak ada masalah harusnya pasti keluar ya Moms, apalagi pakai biro jasa, jadinya juga tidak terlalu lama, kurang lebih 4-5 hari kerja. Kalau dokumen si suster hanya ada copy-an, juga biasanya bisa dibantu sama biro jasa Moms. Tapi ada charge tambahan sebesar Rp. 100.000,-/dokumen untuk acc. Biaya paspor suster juga lebih mahal dari paspor biasa ya Moms, Rp. 1.500.000,- untuk paspor biasa. Mungkin tiap travel beda-beda harganya.

Semoga bermanfaat.

By: Lysa Seravine

Copyright by Babyologist

314 Lysa Seravine

Comments

Related Stories