Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Terbang Bersama Bayi yang Kolik

FEEDING  |  20 Apr '19

Ketika Moms membawa bayi terbang, biasanya Moms mungkin akan khawatir bayi jadi rewel selama perjalanan di pesawat, apalagi jika bayi sering mengalami kolik. Berikut tips-tips yang dapat Moms lakukan saat terbang dengan bayi yang sedang kolik:

  1. Jika Moms memiliki budget yang lebih, Moms dapat membeli seat lebih untuk bayi Moms. Hal ini akan membuat Moms dan bayi lebih lapang saat di pesawat. Atau Moms juga dapat meminta baby cot di pesawat, beberapa maskapai menyediakan layanan ini untuk Moms yang berpergian dengan bayi.

  2. Berilah bayi minum atau makan sesuai keinginan bayi. Jika Moms menggunakan botol sebagai media menyusui si Kecil, pastikan untuk memilih botol anti kolik, agar tidak membuat bayi kembung dan tidak menimbulkan gas di perut bayi (karena terlalu banyak mengisap udara pada botol). Botol anti kolik akan memisahkan jalur udara dan air susu, sehingga bayi tidak menelan banyak udara.

  3. Selalu sendawakan bayi setelah menyusu. Moms harus mengingat, tekanan udara di pesawat yang  berubah-ubah dapat menyebabkan gas pada perut bayi semakin memburuk. Sehingga Moms harus mengurangi gejala tersebut dengan sering menyendawakan bayi.

  4. Gunakan pacifier untuk membuat bayi lebih tenang. Atau jika Moms menyusui secara langsung, Moms dapat membiarkan bayi mengempeng pada payudara Moms selama perjalanan, selama hal tersebut dapat membuat bayi lebih tenang.

  5. Selalu sediakan beberapa baju ganti. Bayi yang sedang mengalami kolik, terkadang akan muntah atau gumoh saat merasa tidak enak dan perut dipenuhi gas, oleh karena itu Moms harus menyediakan baju ganti yang lebih banyak dari biasanya.

  6. Sediakan musik kesukaan bayi atau Moms dapat menenangkannya untuk membuat bayi merasa lebih rileks. Atau Moms juga dapat membeli alat shusher yang dijual di pasaran.

  7. Jangan segan untuk menerima bantuan saat bayi sedang kolik dan rewel selama perjalanan. Pengalaman saya saat bayi saya tidak berhenti nangis di pesawat, ibu-ibu yang duduk di sebelah saya sengaja pindah ke tempat lain agar kami merasa lebih lapang dan anak lebih nyaman. Beberapa orang di antaranya juga membantu mengalihkan perhatian anak saya dengan memberikan mainan. Tidak ada salahnya untuk menerima bantuan dari orang sekitar, karena mereka mungkin bersimpati terhadap Moms dalam menghadapi bayi yang rewel.

  8. Jangan panik dan berpikir orang akan terganggu saat bayi sedang kolik dan rewel. Moms harus menanamkan dalam pikiran bahwa mereka juga merasakan simpati terhadap Moms yang khawatir akan bayi yang kolik dan tidak nyaman. Hal tersebut akan membantu Moms untuk tidak panik saat bayi sedang kolik.

Demikian tips-tips berpergian dengan pesawat saat bayi sedang mengalami kolik. Jangan lupa untuk selalu membawa botol anti kolik dan cadangannya ya Moms, agar bayi tidak terpengaruh pada tekanan udara kabin saat sedang menyusu.

 

Semoga bermanfaat. 

By: Lisa Febrianti

Copyright by Babyologist

1037 Lisa Febrianti

Comments

Related Stories