Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Supaya Hubungan Kakak dan Adik Selalu Akur

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  PARENTING  |  29 Nov '19


Tentu setiap orang tua pengen dong punya anak yang selalu akur. Tapi hal ini ga mungkin terjadi begitu saja dengan mulus. Akan ada pasang dan surut yang menghiasi. Nah, hal terpenting yang dapat mendukung hubungan harmonis antar kakak beradik berasal dari orang di sekitarnya loh Moms.

Si kakak yang awalnya selalu memperoleh perhatian dari semua orang di sekeliling, ketika hadir adik barunya, perhatian yang si kakak rasakan akan mulai berbeda dan terasa berkurang. Hal ini yang memicu sang kakak untuk berperilaku aneh dan selalu ngeselin.

Nah, berikut tips dari saya Moms:

1. Sebelum sang adik lahir, selalu tanamkan di dalam pikiran sang kakak, adik itu akan menjadi temen yang menyenangkan dan akan selalu ada bersama.

2. Ketika adik lahir, ajak sang kakak untuk terlibat dalam mengasuh si adik. Misalkan meminta bantuan sang kakak untuk mengambilkan baju adiknya.

3. Selalu katakan, sayang ayah dan ibu selalu sama buat berdua. Dan harus ingat Moms, adil itu belum tentu sama rata yaa.

4. Ajarkan untuk berbagi, hal ini tidak hanya kepada kakak beradik, tapi juga kepada semua orang. Karena berbagi itu suatu berkat dari sang pencipta.

5. Ceritakan buku yang berkaitan dengan sibling. Ini akan mempermudah anak-anak memahami apa maksud dan tujuan dari Moms.

6. Jangan lupa, ayah dan ibu harus bisa memberikan quality time kepada setiap anak masing-masing lohh.. caranya? Sangat mudah Moms, ketika sang kakak tidur, bangun quality time dengan sang adik dan sebaliknya. Setiap anak pengen punya waktu hanya bersama ayah dan ibunya loh.

7. Selalu berbicara terbuka kepada anak. Kenapa ayah dan ibu bersikap begini terhadap kakak dan kenapa begitu terhadap adik. Orang tua ga akan bisa memberikan perlakuan yang selalu sama. Karena disesuaikan perbedaan usia dan kebutuhan anak Moms.

Sekian tips parenting dari pengalaman pribadi saya. Semoga bermanfaat yaaa!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

582 Meiik Chen

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Investasi Wajib Buat Para Orang Tua

Sebagai orang tua, apa investasi terbaik yang bisa kita berikan untuk buah hati kita? Yuk, simak berikut ini.

Berjanji pada Anak? Harus Ditepati ya Moms!

Sebagai manusia, kita kerap berjanji atau dijanjikan sesuatu. Kita berharap orang yang berjanji akan menepati janjinya.

Ketika Anakku Ditegur Orang Lain

Jika si Kecil sudah memasuki masa sekolah & mengikuti kegiatan, ada saja tingkahnya yang lolos dari pengawasan kita.

Moms Termasuk Tim Pro Kotor atau Tim Anti Kotor?

Dalam membesarkan buah hati, Moms termasuk yang Pro Kotor atau yang termasuk Anti Kotor?

Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak Menuju Indonesia Layak Anak

Pada hakikatnya, tidak ada manusia yang bisa memilih untuk terlahir di mana dan dalam kondisi apa.

Apakah Anak Autis Bisa Diajarkan Hidup Mandiri?

Perkenalkan, ini adalah anak kedua saya. Satria, berusia 9 tahun dengan diagnosa autis.

Anakku Dipanggil Kok Cuek Ya?

Pernah ga sih anak kita saat dipanggil tapi ga ngerespon alias cuek? Bagaimana mengatasinya?

Hargailah dan Nikmatilah Prosesnya!

Setiap anak mempunyai tumbuh kembang yang berbeda-beda Moms, jangan berkecil hati jika ia lebih lambat dari yang lain.

Jangan Paksa Anak Untuk Sharing

Jangan biasakan memaksa anak untuk bisa sharing ya Moms apalagi sampai memarahinya

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Makan Bersama

Rutinitas makan bersama ternyata sangat berperan penting dalam perkembangan si Kecil, baik fisik maupun mental loh Moms!

Manfaat Mengenalkan Anak pada Alam

Selain melatih kesehatan fisik, alam juga mampu membuat anak agar terlatih berpikir positif.

Peran Ayah Dalam Perkembangan Anak

Peranan seorang ayah sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil lho Moms

Ragam Manfaat Bonding Time Bersama Ayah

Waktu kebersamaan dengan si Kecil itu penting lho Moms. Berikut ini manfaat bonding dengan ayah untuk si Kecil

5 Kegiatan yang Mampu Mendekatkan Ayah dan Anak Perempuan

Kedekatan ayah dengan anak perempuan memegang peranan yang penting dalam tumbuh kembangnya.

Daily Chores, Mencuci Piring

Melatih si Kecil melakukan daily chores seperti mencuci piring ternyata banyak manfaatnya lho Moms!

Playdate: Bukan Sekadar Trend

Playdate bukan untuk mengikuti trend ataupun ajang sosialisasi para orang tua saja. Lalu, apa manfaatnya?

Bagaimana Cara Mom Melissa Melakukan Sleep Training pada si Kecil?

Seperti apa cara Mom Melissa melakukan sleep training pada si Kecil?

Toilet Training Kakak (Berbeda Cara dengan Adik)

Dalam melakukan toilet training untuk kedua anaknya, Mom Mesa punya cara yang berbeda. Seperti apa?

Mengajarkan Anak untuk Berjalan

Bagaimana sih cara yang benar dalam mengajarkan anak berjalan? Yuk Moms coba terapkan tips berikut ini.

Cara agar Bayi Tidak Selalu Digendong sebagai Pengantar Tidur

Untuk membuat si Kecil terlelap, tidak harus selalu ditimang dulu kok Moms. Coba cara dari Mom Syifa ini yuk!