Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Sukses Memberikan ASI untuk Working Moms

FEEDING  |  15 Nov '18

Dapat memberikan ASI eksklusif bagi si kecil tentunya menjadi keinginan setiap Moms. Tetapi memberikan ASI bagi sebagian Moms tidaklah mudah, terutama bagi Moms yang bekerja. Oleh karenanya, berikut ini adalah tips-tips bagi working Moms agar dapat sukses mengASIhi:

Menabung ASI

Di saat working Moms mendapat jatah cuti melahirkan, maksimalkan hal tersebut untuk direct breastfeeding sesering mungkin, dan pumping serajin mungkin agar hasilnya dapat disimpan untuk stok ASIP saat Moms mulai bekerja.

Pump your milk 

Tentunya di saat bekerja, para Moms harus rajin pumping, sebaiknya sempatkan diri untuk paling tidak 3 x pumping selama berada di kantor, hal ini dilakukan untuk memastikan demand ASI agar tetap terjaga, sehingga kuantitas yang dihasilkan tetap baik dan tidak menurun. Sebelum dan setelah bekerja pun sebaiknya Moms kembali memaksimalkan kegiatan menyusui secara langsung kepada si Kecil, karena bagaimanapun juga menyusui langsung dengan durasi yang sering adalah cara yang paling efektif untuk menjaga kuantitas ASI.

Choose your essentials

  • Breast Pump: Pilih breast pump yang nyaman digunakan, beberapa Moms ada yang lebih menyukai manual tetapi banyak juga yang lebih memilih elektrik karena penggunaan manual biasanya akan terasa lebih melelahkan dan lebih lama.
  • Apron menyusui: Pilih apron dengan bahan yang adem dan tidak berat guna menambah kenyamanan Moms. Sekarang ini tersedia apron dengan kerah bulat yang dapat menutupi baik bagian depan maupun belakang sehingga tidak mudah tersingkap/terbuka.
  • Kantong dan Botol ASI: Bawa kantong ASI atau botol kaca secukupnya untuk menyimpan hasil pumping Moms di kantor.
  • Cooler bag & Ice Gel: peralatan ini berguna untuk menjaga suhu ASIP yang Moms bawa dari kantor, dengan suhu yang terjaga kualitas ASIP juga jadi akan terjaga. Moms dapat memilih berbagai model tas sesuai selera Moms, baik dari model maupun kegunaannya.

Choose your method

Pelajari cara memerah ASI yang benar, penggunaan metode “marmet” (memerah ASI dengan tangan), akan dapat membantu para Moms untuk mengosongkan payudara, jika belum dapat memaksimalkan hasil penggunaan breast pump.

Konsumsi vitamin dan booster ASI

Selain dapat membantu untuk menjaga stamina tubuh, vitamin maupun booster ASI dapat membantu dalam peningkatan kuantitas maupun kualitas ASI. Meskipun begitu, hasilnya berbeda untuk tiap orang, karenakondisi dan hormon masing-masing orang juga turut memengaruhi ya Moms.

Find your comfort zone

Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh kerja hormon, maka rasa senang dan tenang saat pumping akan sangat membantu meningkatan kerja hormon, sehingga produksi ASI dapat meningkat. Cari tempat yang nyaman dan bersih untuk pumping, lakukan kegiatan yang menyenangkan saat pumping (sambil melihat foto/video anak, menonton drama, mendengarkan lagu, dan lain-lain).

Komitmen

Last but not least, komitmen. Bagi para working Moms, seringkali rasa lelah, stres, jenuh dirasakan saat harus pumping tiap hari, apalagi ketika produksi ASI sedang turun. Tapi ingatkan diri kita, bahwa ASI merupakan hak sekaligus menjadi salah satu hadiah terbaik yang dapat kita berikan kepada anak kita. Ingatkan diri kita bahwa semua yang kita usahakan adalah demi si Kecil, dan seberapapun hasil yang kita dapat akan sangat berpengaruh.

 

Semoga bermanfaat.

By: Nabila meidianti

Copyright by Babyologist

225 Nabila meidianti

Comments

Related Stories