Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Simple Supaya Baby Suka Mencuci Tangan

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PARENTING  |  01 May '20


Ajari si kecil mencuci tangan sejak dini yah Moms karena itu sangat berpengaruh sampai besar nanti. Apalagi ditengah pandemi virus COVID-19 ini, harus extra lagi mencuci tangan dan menjaga kesehatan tubuh.


Kelihatannya gampang dan mudah banget yah mengajak anak untuk mencuci tangan, tapi pada prakteknya tidak sedikit juga anak yang tidak suka mencuci tangan.

Kalau anak-anak aja susah diajarin buat rajin cuci tangan, apalagi?

Nah, ini ada tips simple ala Mommy Palo. Cara ini sudah saya terapkan pada Palo yang usinada 18 bulan. 

1. Perkenalkan ke anak untuk bermain dengan air yang mengalir.
Sesekali ajak anak untuk pergi ke wastafel atau kran air, letakkan kedua telapak tangan anak di air yg mengalir, biarkan anak merasakan tangannya basah sambil bermain.

2. Disiplinkan kapan saja waktu untuk mencuci tangan.
Setiap anak habis makan sesuatu, atau memegang makanan dan tangannya lengket dengan sisa makanan segera ajak anak untuk mencuci tangan kali ini memakai sabun cuci tangan khusus kids yah moms. Begitu pula jika habis memegang mainan atau benda lainnya.

3. Selalu siapkan handuk kering.
Ini adalah hal kecil tapi sering banget dilupain, siapkan handuk kecil atau kain bersih untuk mengeringkan tangan anak sehabis mencuci tangan. Jangan membiasakan anak mengelap di baju atau celana.

4. Jadilah Mommy yang menyenangkan.
Di setiap moment anak mencuci tangan, mommy bisa sambil bercerita tentang kuman atau bakteri jahat, atau bernyanyi dan menciptakan lagu sendiri tentang cuci tangan, bisa juga memberikan reward ke anak berupa gift. Sehingga anak menjadi sangat suka sekali mencuci tangan.

Nah Moms simple banget kan tips nya, sekarang Palo kalau sehabis makan snack, atau bermain, dan tangannya ada sesuatu, pasti langsung berlari ke saya dan ditunjukin deh tangannya minta di cuci, maklum palo belum lancar ngomong, hehe.

Tapi ketika saya bilang :
"Ayok, cuci tangan" dia udah paham dan sangat antusias sekali mengajak saya ke westafel buat cuci tangan.

Sekian tips dari saya, jaga kebersihan dan kesehatan selalu.

" Jadilah model yang baik untuk anak, karena anak adalah peniru yang handal ".

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

495 Mommy Palo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Manfaaat Berolahraga Bersama si Kecil

Moms, berolahraga bersama si Kecil selain menyenangkan juga memiliki banyak manfaat loh. Yuk, simak berikut ini.

Cek Kepadatan Tulang di KalCare

Beberapa literatur yang saya baca menjelaskan bahwa jika ibu menyusui membutuhkan asupan kalsium 2 kali lebih banyak dari biasanya karena harus [...]