Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Sederhana untuk Menghindari Baby Blues

HEALTH TIPS  |  24 Apr '19

Dalam kehidupan pasti terjadi perubahan, siap tidak siap perubahan itu pasti datang. Tapi sering kali ketidaksiapan kita justru memberi dampak negatif, baik untuk diri kita maupun bagi orang di sekitar kita. Sama seperti perubahan dari wanita single menjadi wanita menikah lalu menjadi ibu, itu adalah anugerah. Bukan hanya gelar menjadi ibu saja yang berubah, fisik juga berubah. Sebagai wanita kita perlu menjaga semua perubahan. Bahkan yang tidak siap mengalami baby blues.

Tahukah Moms bahwa ibu yang baru melahirkan rentan terkena gejala baby blues? Perasaan Baby blues cukup membawa hal negatif dalam kehidupan Moms dan perasaan ini bisa menyerang siapa saja, kapan saja, di mana saja. Maka sebelum baby blues datang, sebaiknya lakukan beberapa hal ini.

  1. Mempersiapkan diri
    Perubahan menjadi ibu tidaklah mudah, tapi Moms harus tanamkan dalam diri bahwa Moms adalah wanita yang paling beruntung karena telah melahirkan bayi yang sudah dinanti-nantikan. Mindset Moms harus di-setting bahwa Moms pasti bisa!
  1. Peran Suami
    Selama kehamilan hingga merawat bayi dan mendidiknya, peran suami sangatlah penting, Moms bisa meminta bantuan kepada suami untuk hal-hal yang bisa suami bantu, misalnya meminta suami untuk mengganti popok atau mengambilkan minum. Moms bisa ajak suami buat komitmen sebelum melahirkan, untuk sama-sama menjaga dan merawat bayi di kala suami memiliki waktu untuk keluarga.
  1. Lepaskan Stres
    Ini sangat mudah dilakukan, misalnya Moms bisa beristirahat bersama dengan si Kecil, sekalian me-recharge tenaga. Hal ini akan membuat Moms merasa lebih rileks karena waktu tidur yang cukup. Moms bisa berolahraga kecil di rumah, atau mengundang teman dan saudara bertemu untuk sekadar bercerita, atau bermain sama anak adalah hal paling ampuh untuk melepaskan stres.
  1. Perbanyak makanan yang bergizi seimbang
    Sebagai ibu yang menyusui, Moms harus mengonsumsi makanan yang bergizi. Selain memiliki efek baik untuk Moms, ini juga bisa sebagai booster berat badan bayi karena Moms menghasilkan ASI yang baik, jangan makan asal kenyang.
  1. Jangan paksakan jadi orang tua yang sempurna
    Tidak ada yang sempurna di dunia ini, jadi apa pun yang Moms lakukan sudah menjadi bagian yang terbaik untuk anak-anak. Jika Moms melakukan kesalahan, ini adalah pembelajaran untuk tidak diulangi. Hargailah diri sendiri, sikap seperti ini akan menguatkan Moms dari baby blues.

Jangan biarkan baby blues menghampiri Moms, percayalah setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Anak memang tidak bisa di tebak maunya apa, kita sebagai orang tua hanya bisa mengarahkan. Cobalah untuk santai sedikit, perbanyak bersyukur dan fokuslah memberikan cinta dan perbanyak perhatian terhadap pasangan dan anak.

 

Semoga bermanfaat.

By: Leny Larose

Copyright by Babyologist

85 Leny Larose

Comments

Related Stories