Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Sederhana Anak Tertarik dengan Buku

PARENTING  |  TODDLER  |  07 Apr '20


Sejak diberitakan covid-19 masuk ke Indonesia, tidak jarang bahkan hampir seluruh masyarakat memutuskan untuk social distancing. Yang sebelumnya jarang dilakukan jadi sering melakukan di rumah biar tidak bosan. Salah satu yang tiap hari dipikirkan yakni bagaimana supaya anak punya banyak kegiatan di rumah biar tidak bosan.


Tapi orang tua juga manusia yang kadang butuh rebahan tapi masih ingin membersamai anak jauh tanpa gadget. Salah satu aktivitas yang menyenangkan sambil santai adalah baca buku.

Berikut ini beberapa tips biar anak tertarik dengan buku, meski ujung-ujungnya cuma di bolak- balik. Bolak-balik buku ternyata bisa mengasah motorik halus anak juga lho dan itu salah satu tandanya udah mulai mau dibacakan. Karena yang paling penting anak mencintai buku dulu hingga memudahkan memahami apa yang dia baca.

FYI, membacakan buku sebelum tidur itu bermanfaat karena anak akan menyerap apa yang dia lihat di dalam buku hingga bisa mimpi indah, bisa memperpanjang daya ingat, fungsi otak dan kreativitas..

Gimana ya supaya anak tertarik sama buku dan jauhin gadget?
Mari kita simak:

1. Sebelum membeli buku, telusuri dulu buku apa yang membuat anak tertarik dan disesuaikan dengan umurnya.

2. Pilih buku interaktif. Sekarang banyak berbagai macam buku bisa dinaikkan ke atas - bawah, kiri - kanan, buka - tutup, flashlight, bisa ditulis dan dihapus, diputar. Beberapa jenis buku pun juga ada yang sound book, touch and feel, pop op, busy book dll. Buku ini jadi daya tarik tersendiri buat si anak mau menyentuh buku.

Note: usahakan ketika anak belum sampai umur 6 tahun, tunda dulu membeli buku fantasi dan cerita dongeng ala pangeran. Mereka lagi berkembang dan butuh sesuatu yang real.

3. Ajak anak yang memilih bukunya untuk dibacakan. Maka dari itu letakkan buku yang bisa dia raih. Mulailah dibacakan dari sampul bukunya: judul, nama penerbit, nama ilustratornya. Ketika membacakan jari tangan mengikuti tulisan. Gunakan intonasi dan mimik wajah yang semenarik mungkin.

4. Setelah baca buku ajak anak kembali menceritakan dengan kalimatnya sendiri. Mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang ada dalam buku.

5. Disiplin. Disiplin dan rutin membaca meski hanya 5 - 10 menit perhari. Usahakan ketika mengajak baca buku si anak dalam suasana yang baik. Tidak untuk dipaksa.


Oh iya, jika si anak agak susah lepas dari gadget bisa memilih buku AR (augmented Reality) sebagai jembatan untuk menyukai buku diantara handphone.
Untuk anak bayi yang berumur 0 sd 4 bulan bisa diberikan buku-buku kontras. Hitam putih ya.
Selamat membangun kecintaan anak pada buku.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

129 Risty putri indriani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak - Cuci Tangan, Yuk!

Selama masa pandemi ini, kita semua dihimbau untuk berada #dirumahaja. Nah, supaya si kecil tidak bosan selama dirumah, kita bisa buatkan si [...]

Mendidik Anak Agar Suka Baca Buku

Bagaimana ya caranya agar si Kecil suka membaca? Simak cerita berikut ini.

Proses Menyapih si Kecil Serta Berbagai Persiapannya

Bagaimana cara menyapih agar proses ini berhasil dengan baik? Simak berikut ini.

Tips Menghadapi Si Kecil yang Bersikap Kasar

Apa yang harus kita lakukan jika si Kecil bersikap kasar? Apakah perlu dimarahi dan didisiplin? Yuk, simak berikut ini.

Tips Disiplinkan Waktu Tidur Anak Sejak Dini

Mengatur waktu tidur anak itu susar-susah gampang. Betul ga Moms and Dads? Yuk simak tips mendisiplinkan waktu tidur anak berikut ini.

Tips Mengajak Batita ke Bioskop

Pengen ajak si Kecil ke bioskop tapi takut cranky dan mengganggu penonton lainnya? Yuk simak tips berikut ini!

Trik Sukses Mendidik si Kecil Tanpa Amarah

Hai Moms! Dalam mendidik anak tentunya moms ingin selalu happy dan ceria ya.

Bagaimana Meredakan Emosi Saat Anak Tantrum?

Moms sedang menghadapi si Kecil yang tantrumnya sering kambuh? Bagaimana mengatasinya? Yuk, simak tips ala Mom Nadia.

Si Kecil Suka Melawan? Ini 4 Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

Menghadapi sifat anak yang suka melawan atau keras kepala pasti tidak mudah bagi orangtua