Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Recovery Setelah C-Section

PREGNANCY  |  03 Dec '17

Saya melahirkan Gavin melalui operasi caesar. Alasannya simply karena itu adalah pilihan saya, plus kemudian kondisi air ketuban yang sudah menipis saat itu mengharuskan agar Gavin dilahirkan hari itu juga. Lalu jika ditanya mengenai kesan saya menjalani proses kelahiran dengan cara caesar, sakit atau tidak, maka jawaban saya adalah, "tidak sakit." Entah karena saya bebal atau dokter obsgyn saya jago sekali, yang jelas apa yang saya alami tidak seperti cerita orang-orang kebanyakan. 

Nah, pemulihan setelah operasi caesar buat saya pun tidak terlalu lama. Dalam waktu 2 minggu saja saya sudah mulai jongkok-jongkok untuk belajar memandikan Gavin, sudah bisa naik-turun tangga dan beraktivitas (meskipun tetap dilarang-larang sama orangtua). Beberapa tips pemulihan pasca operasi caesar yang bisa saya bagikan :

  • Oleskan krim yang dianjurkan oleh dokter secara berkala, 2-3 kali sehari pada bekas luka operasi. Selama 40 hari pertama saya diberikan gel Stratamed (warna biru). Setelah itu saya dianjurkan menggunakan krim Strataderm (warna orange). Untuk hasil maksimal, disarankan penggunaan selama 3-6 bulan.
  • Menggunakan korset untuk melapisi bekas luka agar tidak bersentuhan langsung dengan pakaian. Tujuan saya menggunakan korset ini bukan seperti tujuan ibu-ibu kebanyakan supaya perutnya singset lagi, tapi lebih ke supaya bekas luka caesar tidak bersentuhan langsung dengan pakaian. Saya mengikuti cara yang diajarkan oleh perawat saat di RS yaitu dengan mengambil selembar pembalut bersih, oleskan krim pada bekas luka, lalu tempelkan bagian pembalut yang bersih dan empuk menutupi bagian luka, lalu tutupi dengan menggunakan korset. Ingat untuk selalu mengganti pembalut tersebut dengan yang bersih.
  • Pada saat mandi, mandilah seperti biasa. Jangan khawatir bahwa air akan membasahi bekas luka, malah bekas luka lebih baik jika dibersihkan dengan sabun dan air hangat. 
  • Pada saat tidur, posisikan tubuh menyamping. Akan lebih baik jika dibantu dengan ganjalan bantal atau guling di sekitar kaki. Hal ini sangat membantu saya untuk tidur dengan lebih nyaman karena kalau tidur telentang, otomatis bagian perut akan tertarik sehingga kurang nyaman. Jadi selama masa pemulihan, tidurlah dengan posisi menyamping / miring. 
  • Istirahat dan makan yang cukup. Tidak untuk moms yang melahirkan dengan cara operasi caesar saja, Moma manapun tetap butuh istirahat dan makan yang cukup karena butuh banyak tenaga dalam mengurus Si Kecil, apalagi melahirkan dengan cara operasi. Pastikan setiap Si Kecil tidur, kita pun ikut beristirahat. Dan pastikan juga nutrisi moms tercukupi dalam masa menyusui.
  • Pada saat ingin batuk atau bersin, usahakan untuk memegang bagian perut bawah atau area sekitar bekas luka agar tidak tertarik dan muncul nyeri. Beraktivitaslah sewajarnya, pasca operasi memang tidak boleh melakukan aktivitas berat, tapi bukan berarti juga harus berdiam diri terus-menerus di atas tempat tidur, menurut saya hal tersebut malah akan membuat kita semakin lemas. Karena itu beraktivitaslah dengan wajar, berjalan-jalan sedikit di dalam kamar atau bersenandung untuk si kecil akan membuat badan lebih terasa fit.

Semoga bermanfaat!

By: Valent Cindy 

BACA JUGA: Mendeteksi Kehamilan Dengan Tanda Ini

326 Valent Cindy Send Message to Writer

Related Stories