Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Recovery Setelah C-Section

PREGNANCY  |  03 Dec '17

Saya melahirkan Gavin melalui operasi caesar. Alasannya simply karena itu adalah pilihan saya, plus kemudian kondisi air ketuban yang sudah menipis saat itu mengharuskan agar Gavin dilahirkan hari itu juga. Lalu jika ditanya mengenai kesan saya menjalani proses kelahiran dengan cara caesar, sakit atau tidak, maka jawaban saya adalah, "tidak sakit." Entah karena saya bebal atau dokter obsgyn saya jago sekali, yang jelas apa yang saya alami tidak seperti cerita orang-orang kebanyakan. 

Nah, pemulihan setelah operasi caesar buat saya pun tidak terlalu lama. Dalam waktu 2 minggu saja saya sudah mulai jongkok-jongkok untuk belajar memandikan Gavin, sudah bisa naik-turun tangga dan beraktivitas (meskipun tetap dilarang-larang sama orangtua). Beberapa tips pemulihan pasca operasi caesar yang bisa saya bagikan :

  • Oleskan krim yang dianjurkan oleh dokter secara berkala, 2-3 kali sehari pada bekas luka operasi. Selama 40 hari pertama saya diberikan gel Stratamed (warna biru). Setelah itu saya dianjurkan menggunakan krim Strataderm (warna orange). Untuk hasil maksimal, disarankan penggunaan selama 3-6 bulan.
  • Menggunakan korset untuk melapisi bekas luka agar tidak bersentuhan langsung dengan pakaian. Tujuan saya menggunakan korset ini bukan seperti tujuan ibu-ibu kebanyakan supaya perutnya singset lagi, tapi lebih ke supaya bekas luka caesar tidak bersentuhan langsung dengan pakaian. Saya mengikuti cara yang diajarkan oleh perawat saat di RS yaitu dengan mengambil selembar pembalut bersih, oleskan krim pada bekas luka, lalu tempelkan bagian pembalut yang bersih dan empuk menutupi bagian luka, lalu tutupi dengan menggunakan korset. Ingat untuk selalu mengganti pembalut tersebut dengan yang bersih.
  • Pada saat mandi, mandilah seperti biasa. Jangan khawatir bahwa air akan membasahi bekas luka, malah bekas luka lebih baik jika dibersihkan dengan sabun dan air hangat. 
  • Pada saat tidur, posisikan tubuh menyamping. Akan lebih baik jika dibantu dengan ganjalan bantal atau guling di sekitar kaki. Hal ini sangat membantu saya untuk tidur dengan lebih nyaman karena kalau tidur telentang, otomatis bagian perut akan tertarik sehingga kurang nyaman. Jadi selama masa pemulihan, tidurlah dengan posisi menyamping / miring. 
  • Istirahat dan makan yang cukup. Tidak untuk moms yang melahirkan dengan cara operasi caesar saja, Moma manapun tetap butuh istirahat dan makan yang cukup karena butuh banyak tenaga dalam mengurus Si Kecil, apalagi melahirkan dengan cara operasi. Pastikan setiap Si Kecil tidur, kita pun ikut beristirahat. Dan pastikan juga nutrisi moms tercukupi dalam masa menyusui.
  • Pada saat ingin batuk atau bersin, usahakan untuk memegang bagian perut bawah atau area sekitar bekas luka agar tidak tertarik dan muncul nyeri. Beraktivitaslah sewajarnya, pasca operasi memang tidak boleh melakukan aktivitas berat, tapi bukan berarti juga harus berdiam diri terus-menerus di atas tempat tidur, menurut saya hal tersebut malah akan membuat kita semakin lemas. Karena itu beraktivitaslah dengan wajar, berjalan-jalan sedikit di dalam kamar atau bersenandung untuk si kecil akan membuat badan lebih terasa fit.

Semoga bermanfaat!

By: Valent Cindy 

969 Valent Cindy

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Hamil Bisa Menular, loh kok Bisa?

Tahukah Moms bahwa kehamilan ternyata bisa menular? Cara penularannya pun tergolong unik.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mom Berkah merangkum beberapa mitos mengenai kehamilan dan fakta dibaliknya. Simak selengkapnya di sini.

Faktor Pendukung Hamil Anak Kembar

Mempunyai anak pasti suatu anugerah ya Moms, apalagi jika si Kecil merupakan kembar. Tapi ketahuilah Moms, ada beberapa faktor yang berpengaruh [...]

Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil

Tahukah Moms, semangka memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan sangat bermanfaat baik untuk ibu hamil maupun janin.

Pahami Berbagai Macam Kontraksi Persalinan

Menjelang persalinan, mengalami kontraksi adalah hal yang wajar. Namun tahukah Moms, terdapat 3 jenis kontraksi. Jenis kontraksi apa yang Mom rasakan?

6 Penyebab Bayi Sungsang

Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab bayi sungsang agar Anda dapat menghindari permasalahan ini.

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur?

Menjaga kesehatan rongga mulut sangat penting bagi ibu hamil. Apalagi karena daya tahan ibu hamil menjadi makin lemah.

Hamil Melalui Promil Alami

Apakah anda sedang mencoba untuk hamil? Perlukah promil seperti inseminasi? Apakah ada promil alami yang bisa dicoba? Yuk simak berikut ini.

Mual Saat Hamil, Normalkah?

Hal yang paling sering dikelukan oleh ibu pada awal kehamilan adalah rasa mual, bahkan ada yang hingga mengganggu aktivitas. Mau tau tips [...]

6 Langkah Atasi Bapil Ibu Hamil Di Rumah

Ikuti 6 langkah sederhana berikut ini untuk atasi gejala batuk pilek pada ibu hamil!

Mencegah Keguguran di Trimester Pertama

Trimester pertama rawan dengan banyak resiko, salah satunya adalah keguguran. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini?

Tips Memilih Dokter Kandungan

Moms-to-be, memilih dokter kandungan adalah keputusan yang sangat penting. Yuk simak tips dari Mom Meiliyanti berikut ini.

Waspadai Hal-Hal Ini Saat Hamil

Masalah dalam kehamilan tidak boleh dianggap remeh. Hal-hal ini perlu diwaspadai supaya mencegah yang tidak diinginkan.

8 Manfaat Pijat Ibu Hamil

Pijat bukan hanya untuk membuat tubuh merasa baik, terapi pijat datang dengan banyak manfaat

Memilih Bersalin Normal atau C-Section?

Melahirkan normal atau caesar yah? Mari simak bersama ulasan detail dari Mom Feimi berikut ini. Thanks for sharing Mom!

Air Ketuban Terlalu Banyak Saat Hamil

Dalam kasus dimana ibu hamil memiliki cairan ketuban yang berlebih, apa yang sebaiknya dilakukan? Mari simak ulasan berikut.

Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Bagi moms-to-be, ada beberapa hal yang harus segera mendapatkan medical attention jika terjadi pada anda. Mari simak berikut ini.

Pregnancy - Week 16

Apa sih yang terjadi di minggu ke-enam belas kehamilan?

Pregnancy - Week 15

Apa sih yang terjadi di minggu ke-lima belas kehamilan?

Pregnancy - Week 13

Apa sih yang terjadi di minggu ke-tiga belas kehamilan?