Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Puasa untuk Ibu Hamil 5 Bulan

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  20 May '18


Menjalankan puasa Ramadhan adalah salah satu kewajiban yang tentu saja harus dilaksanakan oleh setiap umat muslim. Lalu bagaimana untuk wanita yang sedang hamil? Bolehkah untuk tidak berpuasa? Pada masa kehamilan, puasa tidak dilarang dan tidak pula dianjurkan. Jika memang ibu hamil dalam kondisi sehat dan mampu untuk menjalankannya, maka puasa dapat dilaksanakan dengan catatan harus memperhatikan pola hidup sehari-hari terutama mengonsumsi makanan sehat.

Puasa tidak akan membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan selama dilakukan dengan cara cara yang benar.

Memasuki usia kehamilan trimester kedua atau 5 bulan, janin dalam kandungan sudah berkembang dengan sangat pesat sehingga membutuhkan asupan makanan bernutrisi tinggi untuk membantu mengoptimalkan proses tersebut. Menjalankan ibadah puasa selama hamil tentu tidak sulit karena yang terpenting adalah bisa menerapkan pola makan sehat dengan baik.

Puasa tidak akan membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan selama dilakukan dengan cara cara yang benar. Bahkan berkah dari berpuasa justru akan membuat kehamilan semakin sehat dan janin lahir secara normal.

Berikut Tips Puasa Ibu Hamil 5 Bulan Agar Tetap Sehat

Makanan saat sahur

Pada saat sahur sebaiknya memilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau makanan yang terbuat dari gandum. Perbanyak juga konsumsi sayuran untuk menjaga kebugaran tubuh dan memberikan energi ekstra selama puasa. Hindari jenis makanan kemasan kaleng dan makanan yang mengandung pengawet. Selain itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi air putih saat sahur.

Makan secara perlahan saat berbuka

Perlu diketahui bahwa saat berpuasa, sistem pencernaan akan melambat, untuk itu jika tiba waktu berbuka puasa, maka sebaiknya Andamakan secara perlahan. Mulai dari minum minuman manis seperti jus buah atau teh manis. Kemudian konsumsi makanan ringan terlebih dahulu sebelum Anda menyantap makanan utama.

Utamakan pemilihan menu makanan yang mengandung sumber nutrisi seperti vitamin, lemak, protein, karbohidrat kompleks, kalsium dan lain sebagainya. Perbanyak buah-buahan dan sayuran untuk memudahkan tubuh mendapatkan suplai nutrisi.

Hindari mimunan berkafein dan gula tinggi

Jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan kadar gula tinggi. Hal ini karena kafein akan menarik lebih banyak cairan sehingga penyerapan ke dalam tubuh lebih sedikit dan bahkan terhambat. Kondisi seperti ini sangat rentan menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil.

Perbanyak istirahat dan hindari aktivitas melelahkan

Pada siang hari sebaiknya ibu hamil jangan banyak bergerak karena bisa menyebabkan kelelahan. Lebih baik memperbanyak waktu istirahat untuk membuat kondisi tubuh senantiasa dalam keadaan bugar. Terlalu banyak bergerak akan sangat rentan menyebabkan kelelahan.

Periksa kehamilan

Periksakan kehamilan Anda secara rutin ke dokter. Minimal 1 minggu sekali untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan selama menjalani puasa. Jika kondisi janin tidak ada masalah maka Anda bisa melanjutkan puasa dengan nyaman. Namun, jika sebaliknya maka Mom jangan melanjutkan puasa dan sebaiknya menggantinya di kemudian hari.

Dengan penerapan pola hidup sehat selama hamil dan menjalankan puasa, maka tentu saja kondisi janin dalam kandungan tidak akan mengalami gangguan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1070 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

Apakah Moms memiliki tanda-tanda seperti pinggang anda terlihat menghilang? Mungkin Moms sedang hamil usia 18 minggu!