Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Praktis Menyajikan Puree Buah saat Travelling dengan si Kecil

BABY  |  BRANDS  |  FEEDING  |  TODDLER  |  20 Dec '19


Begitu lahir hingga berusia 6 bulan, bayi cukup mendapat asupan nustrisi dari ASI saja. Lalu ketika berumur 6 bulan, gizi dari ASI tidak lagi cukup. Si Kecil membutuhkan sumber nutrisi lain berupa makanan pendamping ASI (MPASI).

Pada masa MPASI, sangat penting mengenalkan berbagai rasa, tekstur dan warna kepada bayi. Misalnya pada buah-buahan yang memang kaya nutrisi.

Karena masih belajar mencerna, MPASI buah-buahan sebaiknya diberikan dalam bentuk puree yang teksturnya lembut. Buah-buahan ini bisa diberikan sebagai camilan si Kecil, di luar makanan berat.

Kenapa si Kecil penting mengonsumsi buah?

Buah-buahan kaya aneka vitamin, mineral, serta nutrisi penting lainnya untuk mencukupi kebutuhan gizi si Kecil. Selain itu, pengenalan rasa, tekstur dan warna ini penting agar nantinya si Kecil tidak menjadi picky eater.

Konsumsi buah juga penting saat Moms dan si Kecil sedang traveling. Selain kaya nutrisi, buah-buahan juga mencegah terjadinya sembelit karena kandungan seratnya baik untuk pencernaan. Pastikan bahan-bahannya segar dan tidak basi selama bepergian. Slow cooker jangan lupa dibawa ya Moms.

Cuma, memang agak repot menyiapkan buah-buahan segar untuk diolah sebagai puree. Namun, jangan karena hal tersebut Moms jadi tidak menyiapkan snack untuk si Kecil. Nah, puree instan bisa jadi solusi kalau Moms ingin praktis. Moms perlu ingat, praktis bukan berarti asal-asalan membeli puree instan. Ada empat hal yang harus diperhatikan dalam memilih puree siap makan:

1. Terbuat dari sayur dan buah asli

Cek dulu bagian ingredient atau bahan-bahannya, ya Moms. Biasanya bahan-bahan dicantumkan dalam kemasan. Pastikan puree tersebut berasal dari bahan alami, serta sayur atau buah asli.

2. Tanpa perwarna dan pengawet

Makanan untuk si Kecil warnanya tidak perlu mencolok karena diberi pewarna tambahan. Yang penting sehat, berkhasiat dan aman. Pastikan juga puree instan yang Moms beli tidak mengandung bahan pengawet.

3. Tidak menggunakan gula tambahan

Rasa dalam puree sebaiknya benar-benar berasal dari bahan dasarnya, termasuk rasa manisnya. Cukup rasa manis dari buah atau sayurnya, dan tidak perlu pakai gula tambahan. Untuk tahu apakah ditambahi gula atau tidak, Moms bisa cek ingredient yang tertera dalam kemasan, apakah terdapat penambahan gula atau tidak.

4. Kemasan praktis

Kalau untuk bawaan traveling, bawa puree yang kemasannya praktis, ya Moms. Bila perlu, si Kecil bisa memakannya langsung dari kemasan. Jadi, Moms tidak ribet membawa peralatan makan untuk manaruh puree. Tetapi jika si Kecil masih disuapi, Moms hanya tinggal membawa sendok makan saja.

5. Terdaftar di BPOM

Izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) itu sangat penting. Kalau sudah mengantongi izin ini berarti ada jaminan dari pemerintah bahwa produk tersebut aman dikonsumsi bayi. Jadi, pastikan makanan si Kecil, termasuk puree buah terdaftar di BPOM, ya, Moms.

Kalau sudah menyimak tips ini, Moms tidak perlu khawatir lagi bepergian dengan membawa si Kecil. Jika ada masalah pencernaan yang muncul, segera periksakan buah hati ke dokter.

Referensi: Alo Dokter, SuaraMilna

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

5540 Milna Indonesia

Comments

Related Stories