Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Penyimpanan ASI Yang Baik

09 Mar '18


Tidak semua Moms dapat memberikan ASI secara langsung kepada buah hati. Terdapat beberapa faktor yang menghambat di antaranya :

  • Jumlah ASI yang sedikit. Dalam kasus ini Moms menyusui tidak mampu memberi ASI secara normal atau lebih karena jumlah ASI yang sedikit. Maka, biasanya Si Kecil akan di beri ASI tambahan.
  • Moms yang sakit. Kondisi ini menyebabkan ASI tidak memungkinkan diberi secara langsung karena ASI tercamput obat dikhawatirkan akan menularkan viru lewat ASI. Inilah menjadi manfaat kenapa Moms harus melakukan penyimpanan ASI.

Penyimpanan ASI adalah hal yang banyak dilakukan ketika menyusui, mempunyai ASI lebih atau bekerja namun tetap ingin Si Kecil tidak kekurangan asupan ASI. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga ASI agar rasanya tidak berubah ketik di minum. Banyak tips penyimpanan ASI yang mungkin diketahui oleh para Moms. Untuk itu, Moms menyusui haruslah tahu bagaimana penyimpanan ASI yang baik agar ASI tetap terjaga nutrisinya.

Berikut adalah beberapa tips penyimpanan ASI yang baik :

  • Bersihkan alat pemompa ASI sebelum memompa ASI. Proses pemompaan ASI haruslah steril dan peralatan bersih agar ASI tidak dihinggapi kuman atau virus karena keadaan alat pemeras ASI yang kotor.
  • Pastikan ASI langsung masuk ke botol atau kantung penyimpanan ASI ketika dipompa. Jangan sampai ASI ditempatkan disatu wadah terlebih dahulu, lalu dipindahkan ke kantung penyimpanan ASI atau botol, karena ditakutkan ada virus atau kuman yang masuk dan menyebabkan ASI tidak layak diminum atau cepat basi dan membahayakan bayi.
  • Setelah ASI disimpan di kantung penyimpanan ASI atau botol susu, masukan ASI kedalam kulkas atau refrigator khusus ASI dengan suhu yang telah dianjurkan.
  • Pastikan pula tempat penyimpanan ASI bersih dan steril untuk menjaga ASI tetap murni dan tidak basi.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

815 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Mudik Membawa Si Kecil

Pernahkah anda mengalami stress ketika membawa si Kecil dalam perjalanan jauh? Nah, untuk menghindarinya Yuk simak tips berikut.

Konstipasi Pada Bayi

Apakah itu konstipasi dan apa penyebabnya terjadi pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya? Mari simak yang berikut ini.

Penyebab Silent Disease Kinanti

Untuk penyebab infeksinya ini, tidak bisa diketahui secara pasti.- Usia-usia segitu memang aktif-

Simple Set Sandwich For Babies 12 Month

Si Kecil suka cemilan? Bosan dengan biksuit? Roti isi dapat menjadi salah satu alternatif lho Moms. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Si Kecil Alergi Minyak Telon, Kok Bisa?

Si Kecil mengalami alergi terhdap minyak telon? Mari simak pengalaman Mom Mala Sari dalam mengatasinya.

KB Aman Untuk Ibu Menyusui

Alat kontrasepsi seperti apa yang cocok digunakan semasa menyusui? Mari simak yang berikut ini.

Lebih Dekat Dengan Imunisasi PCV

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar terutama pada bayi dan anak-anak dengan tujuan dapat

Chicken Puree Vegie

MPASI adalah saat yang menarik dimana kita belajar memberikan asupan bergizi bagi Si Kecil. Mari simak resep mango lassi berikut ini.

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 3 Bulan?

Pada usia kehamilan 3 bulan, akan ada banyak sekali perubahanterjadi pada kandungan anda. Apa sajakah itu? Mari, simak yang berikut ini.

Bubur Tomat Dengan Chia Seed

Bingung ingin menyajikan MPASI dengan resep apalagi? Tidak ada salahnya anda mencoba menu berikut ini. Selain mudah dibuat juga bergizi loh Moms.

Bolehkah Saat Menyusui Duduk Di Kursi Menyusui Goyang?

Betulkah saat menyusui duduk di kursi menyusui goyang dapat membantu Moms menenangkan bayi yang rewel? Mari simak ulasan berikut ini.

Olahan Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

Prolaktin bertugas untuk memproduksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas merangsang ASI untuk keluar.

Cara Asyik Memandikan Bayi

Memandikan Si Kecil harus dengan perawatan kulit khusus. Cairan pembersih juga harus aman bagi kulit bayi.

Cara Memberikan ASI Yang Benar

Ibu menyusui disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi sampai berusia 6 bulan . Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan , yuk simak [...]