Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mudik Nyaman untuk Moms Yang Menjalankan Pumping

FEEDING  |  OTHERS  |  10 Jun '19


Mudik saat hari raya apapun seakan sudah menjadi tradisi bagi warga Indonesia, terutama saya hari raya idul Fitri. Dimana waktunya untuk kumpul dan silaturahmi dengan keluarga dalam waktu yang agak lama.

Nah, untuk moms masih harus stock ASIP sekaligus menyusui sikecil, apalagi new mom nih, pasti bingung dan merasa lebih repot ya apa aja sih perlengkapan yang harus mom bawa untuk perlengkapan pumping si kecil?
1. Usahakan membawa 2 alat pumping, elektrik dan manual, jadi saat baterainya habis atau kita tidak menemukan listrik kita masih bisa menggunakan breast pump manual, kalau tidak punya elektrik coba usahakan untuk sewa ya mom, karena pompa elektrik ini sangat berguna saat mudik, dan lebih mudah juga tentunya. Karena perjalanan mudik sudah lumayan menguras tenaga, jangan sampai moms membuang tenaga lagi untuk pumping. Tapi kalau memang tidak ada, tidak apa, pakai pompa manual saja. Bedanya mom harus 2x mengeluarkan ekstra tenaga.
2. Bawa hand sanitizer, tissue basah, tissue kering. Gunanya untuk membersihkan tangan kita saat akan menggunakan breast pump, karena tangan harus tetap bersih ya mom.
3. Bawalah min 3 botol susu kosong, kantong asi minimal 2 pak, ice gel minimal 3 pcs uk 500ml, cooler bag yang setidaknya bisa tahan 14 jam, apron menyusui.
4. Bawalah sabun cuci dan sikat botol sederhana (pas ada rest area, langsung cuci semua perlengkapan, karena walau mudik dan dijalan bukan berarti jadi tidak perduli kebersihan anak ya)
5. Penting untuk pakai baju menyusui yang nyaman dan bisa mengcover bukaan menyusuinya. Jadi saat tidak sempat pakai apron tetap nyaman dan tidak terlihat.
6. Bawa MP3 player, agar tidak bosan di perjalanan. Jadi tidak stress dan tetap jaga mood tetep happy. Kalau liat gadget biasanya membuat pusing dan mual.
7. Bawa cemilan dan asi booster, karena selama mudik belum tentu kita bisa makan teratur atau makan yg bernutrisi tinggi, masih bisa ke rest area buat sekedar istirahat aja udah syukur apa lagi sampe kebagian tempat makan deh.
8. Saya minum minimal 4 botol air mineral 600ml dalam sehari, dirutinin dari beberapa hari sebelum mudik agar badan tetap fit.
9. Sedia vitamin agar badan tidak drop selama perjalanan.
10. Penting juga melist setiap barang yang akan dibawa untuk pumping dan segala apapun yang mom dan keluarga perlukan selama di perjalanan mudik ya. Karena kalau sampai tertinggal akan membuat kesal dan menurunkan mood sepanjang perjalanan loh mom.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

349 Resti Tri Purnawiranti

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bolu Sarang Semut 2 Telur

Selain hemat bahan, resep cemilan ini juga bisa dinikmati oleh para orang tua sekaligus anak loh Moms!

Brokoli Goreng Tepung

Apakah si Kecil tidak suka memakan sayuran terutama brokoli Moms? Yuk, coba variasikan melalui resep berikut!

Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Bayi Tersedak ASI

Saat si Kecil sedang menyusu, risiko tersedak cukup besar karena dia masih belum dapat mengatur organ pencernaannya dengan optimal.

Bayi Rewel saat Menyusu, Kenapa Ya?

Tahukah Moms bahwa ternyata ada banyak faktor kenapa bayi masih rewel saat menyusu? Yuk simak ulasan berikut.

Bagaimana Mengajarkan Anak Minum dengan Sedotan?

Secara perlahan si Kecil harus diajarkan untuk minum menggunakan sedotan. Bagaimana caranya?

Kesalahan dalam Relaktasi Mandiri

Sudah lama tidak menyusui bisa membuat Moms melakukan beberapa kesalahan berikut ini saat relaktasi.

Oatmeal with Red Sauce

Tidak ada waktu banyak untuk menyiapkan sarapan si Kecil? Yuk buat sarapan simple namun tetap sehat

Roti Pisang Keju Kukus 12 M+

Bingung buat menu sarapan si Kecil? Yuk Moms coba resep dari Mom Rika untuk menu sarapan si Kecil

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi dengan ASI Ekslusif

Bayi Moms memiliki berat badan di bawah rata-rata? Berikut ini adalah tips menaikkan berat badan bayi.

Hindari BPA pada Botol Susu Anak

BPA diketahui bisa menyebabkan gangguan otak dan fungsi tiroid, obesitas, penyakit jantung, gangguan imunitas, pubertas dini, bahkan kanker. [...]

Pentingnya Pumping Selama Travelling

Saat Moms travelling, sangat penting untuk tetap melakukan pumping demi mencukupi kebutuhan ASI si Kecil. Simak tips mempermudah proses pumping [...]

Menyusui Tidak Mencegah Alergi?

Menyusui tidak dapat melindungi si Kecil terhadap alergi. Sebaliknya ASI menyebabkan Alergi. Mengapa?

Manfaat Kurma Sebagai MPASI

Kurma merupakan salah satu pilihan cemilan terbaik untuk Si Kecil. Yuk, simak apa saja manfaat tersimpan dalam kurma berikut ini.

Berbagi Tips Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Bumil dan Busui

Puasa Ramadhan telah tiba, kali ini Dr.Nurul yang adalah seorang ibu ingin berbagi tips untuk bumil dan busui dalam berpuasa. Yuk, disimak.

Puasa Ibu Menyusui Wajib Atau Tidak?

Ibu menyusui sebaiknya menjalankan ibadah puasa atau tidak ya? Untuk ulasan lebih lanjut, mari simak yang berikut ini.

Praktisnya Sterilisasi Botol Saat Traveling

Pernahkah Moms merasa bingung perlengkapan apa saja yang perlu dibawa? Mari simak yang berikut ini.

Jangan Hiraukan Vitamin Penting Untuk Ibu Menyusui Ini!

Kandungan vitamin penting apa saja yang dibutuhkan oleh Moms menyusui? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Calon Ayah Hindari Makanan Ini

Jika Anda dan suami anda ingin segera untuk memiliki momongan, ada beberapa asupan yang harus di hindari. Mari simak yang berikut ini.

Mencegah Nyeri Puting Saat Menyusui

Sore nipples atau nyeri pada puting merupakan masalah umum menyusui. Lantas bagaimana cara mengatasi dan mencegah hal ini terjadi? Yuk simak [...]

Efek Buruk Balita Konsumsi Kopi

Adakah manfaat yang baik dari kopi jika dikonsumsi oleh balita? Apakah balita boleh mengkonsumsi kopi? Apakah kopi baik untuk balita? Mari [...]