Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips MPASI Menyenangkan Versi Mama Zila

06 Nov '20


Memasuki fase MPASI tentu menjadi perjalanan yang sangat ditunggu orang tua terutama seorang Mama, karena kita kadang tidak sabar ingin melihat respon si saat merasakan berbagai macam makanan pendamping Asi.

Perjalanan memberi MPASI tidak selalu mudah, sekalipun si Kecil sudah tahap di usia ideal di beri makan tetap saja kadang kita sebagai orang akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan seputar MPASI, seperti GTM, alergi dll. Tapi meski demikian sudah sepatutnya kita menghadapi dan melewati masa MPASI ini dengan hati yang lebih lapang, sebab kunci keberhasilan MPASI adalah bayi yang bahagia dan ibu yang gembira sehingga akan menghasilkan masa MPASI yang menyenangkaan bagi ibu dan si Kecil.

Dengan adanya MPASI yang menyenangkan diharapkan si Kecil tidak mengalami trauma atau ibu yang stres berlebihan saat menghadapi permasalahan-permasalahan yang mungkin ada saat MPASI.

Tips MPASI Menyenangkan

Berikut beberapa tips MPASI menyenangkan yang bisa Moms coba:

  1.     Persiapkan mental Mama

Ternyata bukan hanya mental si Kecil yang harus dipersiapkan, sembari menunggu usia si Kecil 6 bulan kita alangkah baiknya kita juga sembari mempersiapkan mental saat akan memasuki masa MPASI ini, memahami dan menerima segala kemungkinan yang akan terjadi saat masa MPASI seperti si Kecil tidak suka dengan menu yang kita buat, si Kecil cenderung menolak makanan dll. agar saat memasuki masa MPASI jika hal ini memang terjadi maka kita sudah dengan lapang menerimanya dan bisa lebih sabar menghadapinya.

  1.     Tunggu si Kecil benar-benar siap

Maksudnya pastikan si Kecil memang sudah memasuki usia yang ideal diberi MPASI yaitu usia 6 bulan. Tak jarang, Moms yang mungkin masih belum tahu atau yang masih terdoktrin pemikiran orang tua zaman dulu akhirnya buru-buru emberikan MPASI sebelum usia si Kecil 6 bulan. Alasannya, karena ingin buru-buru melihat si Kecil tumbuh kuat atau agar si Kecil tidak rewel karena perutnya kelaparan. Hmm, miris sekali ya, Moms, saya sendiri masih sering mendapati alasan demikian saat saya berkunjung ke kampung halaman, bayi-bayi kecil yang usianya di bawah 6 bulan yang masih belum membutuhkan MPASI sudah dicekoki pisang yang disisir atau bubur beras yang di lumatkan dengan gula merah. Saat saya tanya alasannya, dengan gampang mereka menjawab 'agar tidak rewel' katanya.

MPASI dini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan si Kecil di kemudian hari, selain itu jika Moms buru-buru memberikan MPASI tanpa berkonsultasi dahulu ke dokter akan rentan terkena stres akibat efek buruk yang di rasakan si Kecil saat MPASI dini misalnya si Kecil bisa saja trauma terhadap makananya akhirnya ia akan cenderung lebih sering menolak makan, dll.

  1.     Ciptakan prinsip responsive feeding

Artinya saat memberikan MPASI pastikan Moms dan si Kecil melakukannya dengan rileks, Moms bisa menatap mata si Kecil saat makan dan fokus memberi si Kecil makan agar si Kecil merasa bahwa aktifitas makan adalah aktifitas yang menyenangkan. Sebisa mungkin hindari gadget yang bisa mengalihkan konsentrasi kita dan si Kecil ya, Moms.

  1.     Membuat menu makanan yang lebih di sukai si Kecil

Saat sudah terbiasa makan si Kecil akan punya selera sendiri dan akan mulai menunjukan mana saja makanan yang ia sukai dan kurang ia sukai, Moms bisa membuat MPASI kesukaan si Kecil agar aktifitas MPASI menjadi menyenangkan, hal ini benar terbukti loh saat saya mencobanya ketika si Kecil MPASI dia jadi lebih bahagia dan lahap saat makan.

  1.     Siapkan alat makan yang mendukung

Sekarang sudah banyak Moms milenial lebih aware saat akan memulai MPASI, segala macam alat dan bahan yang di butuhkan ketika MPASI pun disiapkan jauh-jauh hari. Ini juga saya lakukan loh, menyenangkan sekali rasanya hehe.

Kita memang harus benar-benar siap ya, Moms tak terkecuali segala macam alat dan bahan yang di butuhkan saat MPASI itu akan membantu kita menyiapkan MPASI yang menyenangkan.

Alat dan bahan MPASI banyak macamnya tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan kita dan si Kecil saja entah itu slow cooker semuanya tergantung kebutuhan. Jangan lupa untuk membeli Silicone Feeder Moms karena pengalaman pribadi saat dulu MPASI saya tidak kepikiran beli silicone feeder yang akhirnya nyusul beli deh saat baru tahu kalau silicone feeder ini ternyata banyak kegunaannya, di antara kegunaan silicone fedeer ini sendiri membantu saya mempermudah mengajari si Kecil makan sendiri tanpa takut tersedak atau berantakan.

Silicone feeder ini juga berguna agar membuat proses makan si Kecil jadi lebih menyenangkan karena si Kecil bisa memegang makanannya sendiri lewat alat bantu ini.

Peralatan MPASI Silicone feeder ini banyak kita temui di pasaran ya, Moms tapi pastikan materialnya yang benar-benar aman sehingga tidak berbahaya untuk si Kecil. Misalnya silicone feeder Dr. Brown's yang memang sudah memenuhi standar ke amanan sehingga aman sekalipun di gigit oleh si Kecil, bentuknya pun di sesuaikan dengan ukuran mulut si Kecil yang sedang dalam tahap MPASI agar tetap nyaman di gunakan.

Nah Moms itulah beberapa tips MPASI menyenangkan versi saya, semoga bermanfaat ya, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

42 Risny Saputra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Tips Mudah Belajar Makan Sendiri saat MPASI

Aku ingin berbagi pengalamanku selama mengajarkan Zavi makan sendiri saat MPASI dengan mudah. Berikut ini tips MPASI dariku:

Spread the Love with Berdee

Hai @thebabyologist, perkenalkan ini foto sahabatku sekaligus sepupuku, namanya Kiki. Sebentar lagi sahabatku ini mau lahiran di akhir Desember. [...]

Caraku Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Saya melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan susu pertumbuhan yang mengandung probiotik Triple Bifidus.

5 Masalah Parenting Di Masa Pandemi dan Caraku Mengatasinya

Ada beberapa kendala yang biasa dihadapi selama harus berkegiatan di rumah saja, antara lain:

Tips Stok ASIP Aman Untuk Working Moms

Buat Moms yang tidak bisa dbf (direct breastfeeding) karena suatu alasan misalnya bekerja (working Moms). Moms tetap dapat memberikan ASI [...]

Pengalaman Menggunakan Produk Berbasis Xylitol untuk si Kecil

Hai Moms, Apakah hari ini Moms and Dads sudah mulai beraktivitas kembali seperti sebelum masa

Menjaga Gizi Bayi di Tengah Pandemi dengan Memilih Botol Susu yang Tepat

Agar kandungan dan nutrisi serta vitamin yang terkandung di dalam ASI tidak berkurang kualitasnya, Moms harus memilih botol susu yang tepat.

Jaga Gizi si Kecil Selama Pandemi

Apa yang Moms and Dads lakukan untuk jaga gizi si Kecil selama masa pandemi ini? Yuk bagikan ceritamu!

Kenali Tanda & Cara Mengatasi si Kecil yg Alergi Susu Sapi

Apa saja tanda-tanda si Kecil yang alergi susu sapi?

Pentingnya Memilih Hand Sanitizer yang Tepat untuk Si Kecil

Kita harus lebih selektif dalam memilih hand sanitizer apalagi jika kita menggunakannya untuk si Kecil.

Kenali Gejala Konstipasi dan Cara Menanganinya Secara Tepat

Si Kecil sering konstipasi? Bagaimana cara menanganinya? Yuk simak berikut ini.

Pencernaan Sehat, Imunitas Anak Meningkat

Apa saja yang Moms dapat lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil? Yuk simak berikut ini.

Ini Kegunaan Air Purifier untuk Anak, Manula, dan Keluarga

Air purifier memiliki banyak manfaat, baik untuk anak-anak dan juga manula. Yuk simak berikut ini.

Tangkis Virus Jahat Dengan Menggunakan Air Purifier

Selama #dirumahaja, selain menjaga kesehatan, kebersihan juga perlu diperhatikan ya Moms and Dads.

Tingkatkan Kualitas Udara yang Dihirup si Kecil Dengan yang Satu Ini

Kenapa udara di sekitar kita yang kita biasa hirup perlu ditingkatkan kualitasnya? Yuk simak bersama berikut ini.

Air Purifier, Solusi Masalah Pernafasan Si Kecil

Kualitas yang buruk dapat mengakibatkan si Kecil sering bersin, pilek, dan juga batuk. Air purifier bisa menjadi solusi untuk masalah ini loh!

Tidak Takut Memelihara Kucing Karena Air Purifier

Apa hubungannya memelihara kuling dengan air purifier? Yuk, simak bersama berikut ini.

Si Kecil Tidur Nyenyak Dengan Air Purifier

Betulkah air purifier bisa membantu si Kecil memiliki tidur yang berkualitas? Simak berikut ini!

Perhatikan 5 Fungsi Food Processor Sebelum Membelinya, Moms!

Saat akan menghadapi masa MPASI si kecil, kita biasanya akan bingung dalam memilih food processor.

Mandi Air Hangat Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Mandi mengunakan air hangat, selain menyenangkan, ternyata juga memiliki banyak manfaat loh Moms.