Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Merawat Pernapasan Bayi dengan Humidifier

BABY  |  BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  13 Feb '20


Para orang tua milenial pasti sudah tidak asing lagi dengan humidifier. Humidifier kini menjadi salah satu barang wajib yang dimiliki, terutama  jika si Kecil mengalami permasalahan pada kulitnya.

Namun, tahukah Moms bahwa humidifier juga dapat bermanfaat bagi pernapasan si Kecil? Menurut Luis E. Ortis, dokter anak di Johns Hopkins All Children’s Hospital, humidifier juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cara mencairkan lendir dalam hidung. Menurutnya, cara ini bisa menjadi alternatif yang cukup baik mengingat tidak banyak jenis obat-obatan yang bisa diberikan kepada bayi.

Selain itu, Lauren Levin, dokter anak di Columbia Doctors Midtown Pediatrics, menambahkan, udara yang lembap dapat membantu meringankan batuk pada bayi.

Humidifier aman digunakan untuk bayi selama kita mengerti bagaimana cara menggunakan dan merawatnya, ya Moms. Agar kita bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan humidifier ini, ada beberapa tips yang harus diikuti ketika menggunakan humidifier.

Cek Kondisi Ruangan si Kecil

Sesuai dengan namanya, air humidifier merupakan pelembab udara. Karena merupakan pelembab udara, maka tempat yang pas untuk meletakkan humidifier adalah di ruangan yang cenderung kering. Ruangan yang biasanya memerlukan humidifier adalah ruangan ber-AC. Sebab AC menghasilkan uap air dengan menyerap kelembapan dari ruangan sekitar, termasuk kulit. Humidifier mampu mengembalikan kelembaban di ruangan yang cenderung kering seperti ruangan ber-AC.

Cek Kondisi si Kecil sebelum Menggunakan Humidifier

Sebelum membeli humidifier, orang tua disarankan berkonsultasi kepada dokter apakah ruangan si Kecil boleh diberi  humidifier. Sebab, kondisi bayi satu dan lainnya berbeda-beda. Jika dokter sudah memberi ‘lampu hijau’, maka Moms dapat meletakkan humidifier di ruangannya. Jangan lupa gunakan humidifier sesuai dengan anjuran dari dokter, misalnya berapa lama humidifier harus menyala agar pernapasan si Kecil tidak terganggu.

Pilih Jenis Humidifier yang Tepat

Ada dua jenis humidifier diantaranya Cool Mist Humidifier dan Warm Mist Humidifier. Cool Mist Humidifier dapat melepaskan uap dengan menggunakan gelombang getaran. Uap akan disaring melalui filter yang terdapat di dalamnya serta dihembuskan melalui sumbu. Sementara itu, uap yang dihasilkan melalui Warm Mist Humidifier berasal dari air panas. Dilansir dari What to Expect, American Academy of Pediatrics (AAP) atau Ikatan Dokter Anak Amerika Serikat, Cool Mist Humidifier lebih baik jika dibandingkan dengan Warm Mist Humidifier. Sebab, Warm Mist Humidifier dapat menimbulkan risiko terbakar pada bayi.

Gunakan Distilled Water

Distilled water adalah air yang tidak mengandung mineral. Penggunaan air mineral maupun air keran yang mengandung mineral dapat membuat endapan pada humidifier. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Lakukan Pembersihan dan Perawatan secara Berkala

Agar penggunaan humidifier dapat optimal, ikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan pada buku panduan. Ganti air humidifier sesering mungkin. Pastikan endapan pada tangki selalu dibersihkan. Jika memungkinkan, pastikan juga tangki dibersihkan dan dikeringkan setiap hari sebelum digunakan.

Itulah beberapa tips menggunakan humidifier untuk merawat pernapasan si Kecil. Menurut Moms, apa lagi yang harus diperhatikan untuk merawat pernapasan si Kecil dengan humidifier? Yuk, share di kolom komentar!

Referensi: Mayo Clinic, What to ExpectChildren's Hospital Colorado

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2456 Dr Browns Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Sudahkah Moms Memandikan Si Kecil Dengan Benar?

Sudahkah Moms memandikan Si Kecil dengan benar?

Apa yang Sebaiknya Dilakukan untuk Memastikan Stroller Bebas dari Virus?

Stroller adalah salah satu barang keperluan si Kecil yang perlu dipastikan bebas dari virus Moms. Yuk, simak berikut ini.

Kiat Mencegah si Kecil dari Kepala Peyang

Bagaimana cara mengatasi kepala peyang pada bayi? Apakah bentuk kepala peyang peyang bisa diperbaiki? Simak berikut ini.

Tips Mengajak Si Kecil Berjemur

Moms and Dads, sebelum mengajak si Kecil berjemur, simak tips berikut ini!

Skincare Mendasar Untuk si Kecil

Apa saja skincare yang menjadi kebutuhan si Kecil? Simak berikut ini.

Kenali Keajaiban Sentuhan dan Pelukanmu untuk si Kecil, Moms!

Moms, tahukah Anda bahwa sentuhanmu dapat memberikan keajaiban untuk si Kecil? Simak berikut ini.

Cegah Alergi dan Iritasi terhadap Tisu Basah Bayi

Kulit bayi yang sensitif membutuhkan perhatian ekstra sehingga Moms perlu berhati-hati dalam memilih produk.

Pentingnya Memilih Wipes yang Aman untuk si Kecil

Banyak tisu basah bayi yang di jual di pasaran. Tapi kenapa kita harus berhati-hati dalam memilihnya?

Bagaimana Cara Mengenali Jenis Kulit Bayiku?

Tapi tahukah Moms, bahwa pada dasarnya kulit bayi usia 0-2 tahun memang sensitif?

Sisik pada Kepala Bayi

Pertumbuhan rambut Si Kecil dapat terhambat akibat cradle cap/kerak kepala, maka Mom harus segera mengatasinya.