Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Merawat Kulit Bayi yang Kering

HEALTH TIPS  |  24 Apr '19

Kulit bayi yang kering cenderung membutuhkan perawatan yang lebih intensif daripada kulit normal. Karena apabila tidak dirawat dengan baik dan benar maka akan menjadi iritasi kulit.

Seperti yang dialami pada kulit anak saya. Dari lahir Gwen memang memiliki kulit yang sensitif. Dapat dilihat dari pipinya yang selalu iritasi memerah setiap kali habis minum susu. Namun seiring bertambahnya usia, saya baru menyadari bahwa kulit anak saya adalah jenis kulit kering. Belum lama ini kulit Gwen mengalami iritasi pada setiap lipatan pergelangan kaki maupun tangan bahkan di bagian lipatan leher. Kulitnya jadi menebal dan seperti bersisik karena sering di garuk.

Setelah saya konsultasikan dengan DSA, maka beliau mengatakan bahwa ini adalah akibat dari jenis kulit kering yang tidak dirawat intensif.

Berikut adalah tips yang diberikan oleh DSA anak saya dalam merawat jenis kulit yang kering:

  1. Setiap sehabis mandi, keringkan badan dengan cara men tap tap handuk pada kulit bukan digosokkan, sehingga tidak terjadi gesekkan yang membuat kulit menjadi semakin kering.

  2. Jangan mengeringkan kulit sampai benar-benar kering setelah mandi, jadi cukup di tap tap hingga kulit masih terasa lembap.

  3. Saat kulit masih lembab langsung diberikan krim untuk jenis kulit kering setelah mandi. Bukan berikan lotion, tapi yang berjenis krim. Karna tekstur lotion yang cair membuat lebih cepat menguap dikulit sehingga perlu dioleskan setiap 2 - 3 jam sekali, sedangkan krim memiliki tekstur yang lebih tebal maka akan lebih tahan lama dalam melembabkan kulit sehingga cukup dioleskan 2x sehari setelah mandi.

  4. Apabila sudah terlanjur sampai iritasi seperti kulit anak saya, maka diperlukan krim yang mengandung ceramide untuk memperbaiki jaringan lapisan kulit paling luar. Karena skin barrier itu sangat penting untuk melindungi kulit kita.

  5. Usahakan agar anak kita banyak minum air putih karna dapat membantu menjaga kelembaban kulit

Semoga bermanfaat.

By: Shinta Abadi

Copyright by Babyologist

59 Shinta Abadi

Comments

Related Stories