Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Merawat Bayi Prematur

OTHERS  |  PARENTING  |  29 Jun '18


Halo mommies, kali ini saya mau berbagi tips merawat bayi lahir prematur. Ini adalah foto anak saya waktu usianya 3 bulan. Tubuhnya kecil karena usia koreksinya baru 1 bulan. Waktu dokter bahwa Si Kecil sudah boleh untuk dibawa pulang, saya senang sekali. Namun, sedikit merasa tidak siap untuk merawat dia yang ukurannya sangat mini karena khawatir akan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Waktu itu berat badan Clinton adalah 1,7 kg dan sudah boleh dibawa pulang dan dalam satu hari bisa naik 20-100 gram. Namun, saya ragu untuk membawa pulang hingga memutuskan untuk menunggu hingga berat-badannya mencapi 2 kg. Dan Dr.Erick menyarankan saya untuk belajar menyusui Clinton.

Dan salah satu syarat anak premi pulang salah satunya adalah sudah bisa menyusui dan bantuan selang makannya dicabut. Apabila tidak, tubuhnya bisa kuning dan berat badannya akan turun drastis.




Apa saja yang harus disiapkan di rumah ?

  • Suhu ruangan yang tidak terlalu hangat atau dingin. Karena premi badan bayi dapat mengatur suhu dengan baik.  Jadi, saya menggunakan AC dengan suhu 26 derajat celcius sama dengan suhu di NICU. Efeknya cukup gerah dan berkeringat.
  • Alkohol hand rub atau dapat menggunakan sabun cuci tangan sebelum memegang bayi.
  • Masker
  • Batasi tamu yang menjenguk
  • Catat jam dan dosis pemberian ASIP/vitamin agar tidak lupa. Jumlahkan, hitung total susu yang di minum dalam sehari. Premi harus minum per 2-3 jam sehingga saya benar-benar set alarm dan dosisnya mengikuti takaran dokter. Sehingga waktu baru pulang ke rumah EC hanya boleh minum 30 ml / 2 jam.
  • Untuk menambah BB, DSA menyarankan menggunakan HMF Similac. Harganya 720 ribu isi 50 sachet dan bisa dibeli di tokopedia atau shoppe.1 sachet dicampur dengan ASI 25-50 ml, setara dengan 24 kkal. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan DSA terlebih dahulu karena masalah setiap anak berbeda.

Semoga bermanfaat.

By: Febby Haryono.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2958 Febby haryono

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Stimulasi Bayi Merangkak, Berdiri, dan Merambat

Untuk dapat merangkak, bayi butuh keseimbangan tubuh yang baik. Moms bisa mengikuti beberapa langkah ini untuk menstimulasi si Kecil.

Perlukah Membuat Akun Media Sosial untuk Anak?

Media sosial telah kuat terikat pada kehidupan zaman sekarang. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun turut terlibat.

Membuka Rekening Tabungan Anak, Sejak Kapan?

Pendidikan anak saat ini sangat penting. Biasanya orangtua akan menyiapkan anggaran dengan membuka tabungan. Kapan sebaiknya dimulai?

Tahapan Belajar Bicara Anak

Mom harus memahami tahapan komunikasi anak agar dapat memastikan pertumbuhannya tergolong normal dan baik.

Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak

Kecerdasan linguistik anak haruslah diasah sejak dini, hal ini bertujuan untuk mempercepat kemampuan berbicaranya.

8 Kata Positif yang Sering Saya Ucapkan pada Anak

Mari kita simak apa saja kata-kata yang sering Mom Valent Cindy gunakan untuk Gavin setiap harinya.

Waspada Penyakit Terbaru Screen Dependencies Disorder

Waspadai penyakit terbaru, Screen Dependencies Disorder. Penyakit apa lagi ini? Apa yang orang tua dapat lakukan untuk mencegah ini?