Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menyajikan Makanan Sehat Untuk Keluarga di Masa Pandemi

MY STORY  |  16 May '20


Badan Pangan dan Pertanian (FAO) menyerukan kepada masyarakat seluruh dunia untuk menerapkan hidup sehat dengan menjaga pola makan sehari-hari selama masa pandemi COVID-19 ini. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat mencegah dan melawan infeksi termasuk virus Corona. Untuk itulah, selama Moms masih bisa menyediakan makanan sehat untuk keluarga, Moms disarankan untuk melakukannya secara berkelanjutan.

Saya ada sedikit tips yang dapat Moms lakukan dalam menyiapkan dan memasak makanan sehat untuk keluarga. Simak, yuk!

  1.     Pilihlah bahan makanan yang berkualitas sesuai dengan kemampuan dan simpan dengan benar

Membeli bahan makanan yang berkualitas untuk dimasak merupakan salah satu kunci hidup sehat. Pilih bahan yang segar dan segera olah untuk hari yang sama terutama sayur-sayuran, apalagi jika Moms tidak punya waktu untuk menyimpannya dengan benar. Sayuran dan protein akan sulit bertahan lama jika tidak disimpan dengan benar. Pelajari pula cara menyimpan bahan makanan yang baik dan benar. Informasi ini bisa Moms dapatkan lewat internet dengan mudah.

  1.     Usahakan untuk setiap hari atau 2 hari sekali membeli bahan makanan

Jika Moms belum bisa meluangkan waktu untuk melakukan metode food preparation/meal preparation, usahakan untuk rutin belanja sayuran atau protein agar tetap segar sebelum dimasak. Memang cara ini agak merepotkan, tetapi demi dapat menyajikan bahan makanan yang selalu segar, Moms dapat melakukannya.

  1.     Cuci bersih semua bahan sebelum menyimpan dan memasaknya

Sebelum Moms menyimpannya di kulkas/freezer, cuci bersih semua bahan (kecuali daging merah segar dan bahan tertentu) dan simpan di wadah kedap udara. Cara ini selain agar terhindar dari berkembang biaknya kuman dan bakteri didalam kulkas juga akan mempersingkat waktu memasak Moms karena semua bahan sudah dicuci bersih.

  1.     Pastikan kebersihan alat masak dan alat makan

Kebersihan alat memasak juga harus menjadi perhatian utama Moms pun juga alat makan. Pisahkan talenan untuk protein hewani dan sayuran begitu pula dengan pisau yang digunakan. Pastikan semua alat memasak sudah dicuci bersih sebelum dan sesudah digunakan akan kebersihan masakan terjaga.

  1.     Gunakan alat yang dapat menunjang kegiatan memasak

Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu memasak, Moms dapat menggunakan alat yang multifungsi seperti food processor. Alat ini dapat Moms gunakan untuk memotong, mencacah, mengukus, membuat puree, dan lain-lain dengan mengandalkan teknologi yang sudah teruji. Food processor selain multifungsi juga dapat menjaga mutu dan nutrisi makanan karena lebih higienis dan tentu saja lebih praktis.

  1.     Pakai metode food preparation

Moms sudah tahu metode food preparation? Cara ini adalah untuk menyiapkan bahan masakanan dengan mencuci bersih, mengeringkan, memotong sesuai kebutuhan, lalu menyimpannya pada wadah kedap udara. Melakukan food preparation akan sangat menghemat waktu Moms dalam memasak dan juga menjaga agar bahan makanan tetap bersih dan higienis karena tidak bercampur satu sama lain. Saya pun sudah melakukan metode ini setiap kali saya selesai belanja Moms. Saya meluangkan waktu sejenak untuk food prep. Senang rasanya melihat isi kulkas rapi dan tetap bersih.

  1.     Pilihlah menu makanan yang lebih sehat

Makan sehat saat masa pandemi sepertinya menjadi sebuah keharusan agar imunitas tubuh terjaga. Moms dapat memilih menu makanan yang lebih sehat untuk keluarga misalnya mengurangi konsumsi gula dan garam, menghindari makan gorengan berlebih dan makanan berlemak jenuh serta selalu sediakan buah-buahan untuk menambah asupan vitamin.

Nah, ini sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

84 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Jalan-jalan Bersama Si Kecil Tanpa Repot

Sebelum jalan-jalan sore bersama si Kecil di masa New Normal ini, simak tips berikut, yah, Moms!

Moms, Ini 5 Cara Bangun Bonding dengan Si Kecil

Cara apa saja yang dilakukan Moms agar bonding dengan si Kecil tetap terjalin, simak tips berikut ini, yah, Moms!

Mengatasi Stranger Anxiety dengan Membiasakan Jalan-jalan Sore

Kondisi si Kecil yang mengalami kecemasan dan ketakutan berlebih ketika bertemu dengan orang baru atau yang jarang dilihatnya disebut stranger [...]

Jalan Sore Bersama Greentom

Berikut tips-tips yang biasa saya lakukan agar jalan sore bersama si Kecil tetap aman dan nyaman selama New Normal:

JJS bersama si Kecil di Masa New Normal, Amankah?

Selama pandemi Corona, salah satu kegiatan yang sulit dilakukan adalah jalan jalan sore bersama si Kecil.

Bonding dengan Aktivitas Menggendong, Yuk!

Moms, jangan percaya ya sama mitos yang belum terbukti benar. Karena menuruti mitos, seribu manfaat menggendong yang justru baik untuk bayi akan [...]

Sempatkan Jalan-jalan Santai Yuk, Moms!

Moms, tidak ada salahnya juga sekedar keluar rumah untuk mencari udara segar seperti jalan-jalan di sekitar komplek bersama si Kecil.

Pentingnya Menggunakan Stroller di Masa New Normal

Menggunakan stroller bisa menjadi salah satu solusi saat Moms & Dads membawa si Kecil keluar rumah.

Tips Berolahraga Seru dengan Si Kecil Saat New Normal

Meskipun kita masih berada di tengah pandemi, sebagian dari kita sudah mulai beraktivitas seperti sediakala dengan menerapkan protokol kesehatan [...]

Jalan-Jalan Sore Lebih Aman dan Stylish Dengan Stroller Greentom

Ketika akan berjalan-jalan bersama si Kecil, jangan lupa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Tips Aman Jalan-jalan Sore Bersama si Kecil di New Normal

Tempatkan si Kecil di stroller agar tetap aman. Dengan demikian, Moms dan si Kecil bisa menikmati udara segar di pagi dan sore hari.

Ketahui Olahraga yang Bisa dilakukan Sambil membawa Bayi dalam Stroller

Apa saja sih olahraga yang bisa Moms lakukan sambil membawa si Kecil di dalam stroller:

Caraku untuk Tetap Sehat di Masa New Normal Bersama Stroller Greentom

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan di masa New Normal ini, saya dan keluarga mempunyai beberapa tips sebagai berikut:

Si Kecil Bereksplorasi, Tandanya Dia Tumbuh!

Orang tua adalah orang yang paling berperan dalam membentuk karakter seorang anak. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan agar tumbuh bahagia.

Grow Happy dengan Sensory Play di Rumah

Banyak cara yang bisa Moms & Dads upayakan agar si Kecil Grow Happy di usia emas pertumbuhannya. Tidak perlu pergi ke sekolah mahal dan tidak [...]

Apa Sih yang Bisa Kita Lakukan untuk Memastikan Si Kecil Grow Happy?

Orang tua memang harus lebih aware terhadap perkembangan anak-anaknya agar mereka bisa tumbuh dengan optimal baik secara fisik maupun mental.

Tumbuh Kembang Bersama Anak Bahagia

Usia anak-anak adalah masa keemasannya dalam hal bertumbuh kembang. Berbagai faktor berpengaruh mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah [...]

Stimulasi Membaca supaya Anak Grow Happy

Membaca adalah salah satu upaya stimulasi Grow Happy bagi si Kecil. Mengenalkan aktivitas membaca sejak dini terbukti meningkatkan kemampuan [...]

Ini Pengalamanku Melihat Si Kecil Tumbuh Bahagia

Sebagai manusia biasa, tentu Moms bisa merasakan sedih, marah, dan perasaan negatif lainnya. Jangan menunjukkan perasaan ini di depan si Kecil [...]

Pastikan si Kecil Tumbuh Bahagia dengan Susu Nestle Lactogrow

Moms & Dads ga perlu risau karena ternyata untuk membuat si Kecil tumbuh dengan bahagia, kita hanya perlu memastikan beberapa hal ini tercukupi [...]