Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menjelang Persalinan

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  18 Jul '18

Semakin mendekati waktu persalinan, perasaan Moms tentu campur aduk antara bahagia, cemas, dan tidak sabar. Kali ini kita akan membahas tips menjelang persalinan yang bisa membantu Anda lebih siap dalam menghadapi proses melahirkan nantinya. Ada beberapa metode persalinan yang bisa Anda pilih, yaitu normal, caesar, gentle birth, water birth, dll. Namun untuk menentukan metode apa yang harus diambil, sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu bersama dokter. Dengan begitu, metode yang dipilih sudah berdasarkan kondisi kesehatan ibu beserta janin.

5 Tips Menjelang Persalinan

Tanda-tanda persalinan biasanya akan muncul di bulan ke-9 kehamilan. Saat tanda-tanda persalinan muncul, Moms akan mulai merasakan sensasi senang sekaligus cemas. Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan menjelang persalinan:

  1. Pastikan mental ibu siap menghadapi persalinan. Rasa cemas pasti ada menjelang persalinan. Namun Anda bisa mengatasinya dengan banyak melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau berkomunikasi dengan suami. Moms juga bisa mencoba mengatasi rasa panik dengan memikirkan hal-hal positif, misalnya membayangkan bagaimana nanti wajah bayi ketika dilahirkan, dsb.

  2. Karena proses persalinan bisa mendebarkan dan membuat siapapun hilang fokus, maka sebaiknya persiapkan perlengkapan jauh-jauh hari. Perlengkapan yang perlu dibawa ke tempat persalinan ialah pakaian bayi, pakaian ibu, peralatan mandi ibu, popok bayi, dsb. Dengan mempersiapkan hal-hal seperti ini jauh-jauh hari, maka Moms bisa lebih rileks menjelang persalinan dan hanya fokus pada mempersiapkan mental.

  3. Rajin menggerakan tubuh agar bugar dan otot tidak kaku. Usahakan agar Anda tetap aktif bergerak, misalnya dengan berjalan-jalan di halaman rumah setiap pagi dan sore. Jalan-jalan santai di sekitar rumah selama 15-20 menit bisa membantu tubuh Moms tetap fit. Hindari kebiasaan terlalu lama berbaring, karena ini hanya akan membuat Anda semakin malas untuk bergerak.

  4. Lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan menjelang persalinan. Biasanya Moms akan menjalani pemeriksaan terakhir sebelum prediksi hari persalinan. Ini untuk memastikan bahwa kondisi ibu siap untuk melahirkan bayi.

  5. Jika akan menjalani persalinan caesar, maka menjelang persalinan Moms akan diharuskan untuk mengikuti berbagai tes dan pemeriksaan. Agar bisa melewati prosesnya dengan mudah, pastikan untuk meminta dukungan dari suami dan orang-orang terdekat. Ini bisa menambah motivasi Anda untuk menghadapi persalinan dengan lebih siap.

Menjelang persalinan, penting bagi Moms menyiapkan mental maupun fisik agar lebih siap untuk berjuang melahirkan bayi dengan selamat. Anda bisa mencatat poin-poin penting dari 5 tips menjelang persalinan di atas untuk mempersiapkan diri menghadapi saat-saat bayi akan dilahirkan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Proses Terjadinya Kehamilan

429 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories