Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menjaga Kehamilan Agar Janin Sehat

PREGNANCY  |  Trimester 1  |  Trimester 2  |  Trimester 3  |  13 Jan '18

Menantikan kehadiran sang buah hati ditengah-tengah keluarga memang sebuah hal yang sangat menyenangkan. Untuk anda yang sedang hamil, berikut beberapa tips mengenai kehamilan agar janin tetap sehat.

  1. Rajin periksakan kehamilan
    Memeriksakan kehamilan sangat penting bagi yang sedang hamil. Kehamilan sendiri dibagi menjadi tiga trimester. Untuk trimester satu dan dua, pemeriksaan dilakukan sebulan satu kali, dan untuk trimester ketiga pemeriksaan dilakukan sebulan dua kali karena sudah mendekati waktunya persalinan. Saat pemeriksaan rutin, ibu hamil akan diberi buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dimana buku tersebut merupakan panduan bagi ibu hamil dan juga catatan selama kehamilan sampai anaknya balita. Pemeriksaan rutin ini sendiri sangat berguna karena ibu hamil bisa mengetahui perkembangan dan kondisi janinnya.
  2. Perhatikan asupan gizi ibu hamil
    Asupan gizi tentu saja harus diperhatikan oleh para ibu hamil. Jika gizi yang dikonsumsi baik bagi ibu, maka bagi janin pun akan bagus. Pilihlah makanan yang banyak mengandung protein, asam folat,  dan juga vitamin yang baik untuk kehamilan. Seperti hati sapi, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, juga sangat penting untuk ibu hamil dan janinnya. Tablet tambah darah juga harus dikonsumsi oleh ibu hamil agar tidak mengalami anemia atau kekurangan darah. 
  3. Melakukan aktifitas ringan
    Aktifitas ringan yang dilakukan oleh ibu hamil seperti jalan-jalan, olahraga kecil, sangat bagus dilakukan oleh ibu hamil agar memperkuat fisiknya juga bisa membuat proses persalinan lebih lancar. Ibu hamil bisa mengikuti kelas senam hamil agar fisiknya terlatih. Selain baik untuk persiapan menuju persalinan, melakukan olahraga kecil juga bisa meningkatkan asupan nutrisi dan oksigen yang baik untuk perkembangan janin.
  4. Perhatikan kesehatan ibu hamil
    Agar janin yang dikandung sehat, maka ibu hamil pun harus sehat. Selain sehat fisik, psikisnya pun harus sehat. Ibu hamil haruslah terhindar dari stress karena bisa mempengaruhi kondisi janin. Peran suami dan juga keluarga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar bisa melewati masa kehamilan tanpa stress dan gangguan. Ibu hamil harus membuat dirinya sendiri bahagia dan jangan terlalu memikirkan hal yang berat.

Selama kehamilan, menjaga kesehatan ibu hamil tentulah penting karena jika ibu hamil sehat, janin yang dikandung pun akan sehat. Jaga asupan makanan juga perhatikan kenaikan berat badan anda. Demikian hal-hal yang harus diperhatikan selama kehamilan agar janin tetap sehat. Tentu saja selain semua hal tersebut, doa dan dukungan dari orang terdekat sangat diperlukan oleh ibu hamil. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda ya.

By: Babyologist Editor 

BACA JUGA: Faktor Penyebab Bayi Lahir Sungsang

2515 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories