Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menjaga Air Ketuban Tidak Keruh

11 Jun '18

Dalam kehamilan ada yang disebut dengan air ketuban. Air ketuban merupakan cairan yang melindungi janin di dalam rahim. Fungsi dari air ketuban ini adalah untuk melindungi janin dari benturan dan juga supaya posisi janin tetap normal. Air ketuban terkadang ada yang normal dan abnormal. Air ketuban yang abnormal secara umum biasanya ditandai dengan warnanya yang keruh.

Air ketuban pada dasarnya bersih dan tidak keruh, namun jika air ketuban keruh maka kondisi tersebut bisa saja ada kelainan pada kehamilan atau akibat adanya pengaruh makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Semua itu bisa saja terjadi. Supaya air ketuban tetap bersih dan tidak keruh maka ada beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil:

Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menjaga kejernihan air ketuban sebaiknya perbanyak minum air putih. Dengan minum air putih lebih banyak maka akan membuat air ketuban semakin bersih. Ini anjuran sehat yang sebaiknya diperhatikan oleh semua ibu hamil.

Kacang Hijau 

Selanjutnya bisa dengan konsumsi kacang hijau yang kaya akan kandungan protein untuk kesehatan dan perkembangan janin. Bahkan dengan konsumsi kacang hijau, baik itu dalam bentuk olahan bubur kacang hijau atau apapun itu, maka kejernihan air ketuban akan terjaga.

Air Kelapa Muda 

Biasanya banyak yang menyarankan supaya ibu hamil minum air kelapa. Ini memang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan selama hamil. Air kelapa muda mengandung elektrolit untuk mencegah dehidrasi selama kehamilan. Di samping itu juga air kelapa muda tentunya bermanfaat untuk menjaga kejernihan dari air ketuban selama masa kehamilan.

Air ketuban yang sehat tentunya akan menunjang kesehatan janin selama di dalam kandungan. Maka dari itu berlakukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan janin dan juga kesehatan Moms hingga menjelang proses persalinan tiba. 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

284 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories