Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mengurangi Mual Saat Hamil

27 Jun '18


Memasuki tahap awal kehamilan, semua wanita pastinya akan mengalami gejala-gejala morning sickness seperti mual, muntah, pusing dan lainnya. Kondisi seperti ini memang lumrah terjadi pada ibu hamil dan tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Namun, tentu saja gejala-gejala tersebut terkadang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi mual saat hamil?

Permasalahan mual dan muntah saat hamil tentu saja bisa diatasi dengan mudah. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Mulai dari mengatur pola makan, memilih jenis makanan yang tepat serta membuat jadwal makan yang teratur. Bahkan biasanya pakar kesehatan menyarankan supaya ibu hamil muda menerapkan konsep makan dengan porsi sedikit namun sering.

Disamping itu juga ibu hamil bisa memilih jenis makanan dengan rasa yang sedikit asam untuk mengurangi gejala morning sickness tersebut. Yang terpenting meskipun gejala mual dan muntah menyerang pola makan harus dijaga dengan baik supaya asupan nutirisi untuk kehamilan tetap terjaga dengan baik.

Lalu, Bagaimana Tips Mengurangi Mual Saat Hamil?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya permasalah mual saat hamil bisa diatasi dengan berbagai cara terutama pengaturan pola makan dan pemilihan jenis makanan yang tepat. Berikut tips mengurangi mual saat hamil yang bisa anda lakukan!

  • Konsumsi Buah-Buahan
    Tips mengurangi muasl saat hamil yang pertama yaitu mengkonsumsi buah-buahan. Seperti yang kita tahu bahwa didalam buah-buahan terdapat berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan apalagi untuk kesehatan ibu hamil. Selain kaya akan kandungan nutrisi yang melimpah, buah-buahan juga memiliki aneka rasa yang berbeda sehingga tidak heran beberapa jenis buah bisa dijadikan untuk mengurangi mual saat hamil.
  • Perhatikan Kebutuhan Cairan
    Kekurangan cairan pada saat hamil merupakan salah satu hal yang umum terjadi apalagi saat usia kehamilan awal yang ditandai dengan mual dan muntah. Pada saat muntah, cairan didalam tubuh akan terkuras sehingga kemungkinan besar ibu hamil akan mengalami dehidrasi dan lemas. Untuk mengurangi mual saat hamil, ibu hamil perlu memperhatikan kebutuhan cairan didalam tubuh. Selain itu dengan memperhatikan asupan cairan didalam kedalam tubuh juga akan membantu ibu hamil dalam mengontrol perubahan hormonal.
  • Istirahat yang Cukup
    Selanjutnya, perhatikan waktu istirahat anda selama hamil muda. Dengan pola istirahat yang cukup tentu saja bisa membuat suasana kehamilan anda lebih baik. Bahkan hal ini bisa membantu mengatasi mual dan muntah yang berlebihan. Pada intinya pada saat kehamilan awal ibu hamil jangan terlalu banyak beraktivitas.
  • Jauhi Hal yang Berbau Menyengat
    Tahukah anda? Pada saat seorang wanita sedang hamil muda biasanya indera penciumannya akan semakin peka dibandingkan sebelumnya. Tidak heran banyak sekali para Mom hamil yang tidak menyukai bau-bau yang menyengat sehingga ketika bau tersebut tercium kemungkinan besar ibu hamil akan mengalami muntah dan mual. Nah, untuk mengurangi rasa mual dan bahkan muntah ibu hamil dianjurkan untuk menjauhi bau yang tidak disukainya untuk sementara saja sampai dengan morning sickness berakhir.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2163 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Khasiat Kurma Muda Untuk Ibu Hamil Muda

Tidak hanya memiliki manfaat sebagai obat demam berdarah, ternyata sari kurma sangat bermanfaat bagi Moms hamil. Benarkah?

Pengaruh Flu dan Batuk Terhadap Janin

Flu dan batuk merupakan salah satu respon alami tubuh yang umumnya tidak berbahaya. Namun, bagaimana jika terjadi pada ibu hamil?

Kenali Pengaruh Demam Pada Ibu Hamil Terhadap Janin dan Penyebabnya

Moms, mari kenali pengaruh demam pada ibu hamil terhadap janin dan penyebabnya berikut ini.

Bolehkah Konsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Trimester 1?

Bolehkah Konsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Trimester 1? Simak ulasannya berikut ini.

Apakah Flu Tanda Hamil?

Selain terlambat haid, apakah ada tanda kehamilan lain yang bisa diketahui? Tentu ada. Mari simak bersama berikut ini.

Gejala Hamil yang Berbeda Pada Umumnya

Pada saat awal kehamilan akan banyak sekali perubahan hormon yang berubah pada tubuh. Yuk, cari tahu perubahan apa saja yang terjadi.

Denyut Jantung Janin Normal Selama Kehamilan

Bagaimana Moms tahu jika detak jantung Si Kecil dalam keadaan normal? Mari simak yang berikut ini.