Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mengolah Masakan yang Dikukus untuk Ibu Hamil

BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  18 Jun '19


Pada saat hamil tentunya semua ibu akan sangat memperhatikan asupan gizi yang disantapnya untuk dapat mendukung pertumbuhan si Kecil dalam kandungan. Namun biasanya, kita hanya terfokus pada jenis makanan apa saja yang perlu dimakan dan tidak terlalu memperhatikan cara makanan tersebut diolah. Padahal tahukah Moms, bahwa cara memasak dapat menentukan kualitas nutrisi makanan tersebut?

Karena itu, biasanya ibu hamil lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dikukus karena kandungannya lebih terjaga dan tidak mudah rusak dibandingkan apabila makanan tersebut direbus, apalagi digoreng atau dibakar. Uap panas kukusan diketahui tidak menghancurkna vitamin terlalu banyak yang terdapat pada bahan makanan. 

Menurut ahli diet, Nigel Denby, mengukus bahan makanan dapat memertahankan zat gizi hingga 82%. Brokoli, misalnya, hanya kehilangan 11% kandungan antioksidan ketika dikukus. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang ditulis dalam Journal of Science of Food and Agriculture. Ahli gizi Jansen Ongko, M.Sc., RD bahkan berpendapat bahwa ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengukus sayuran dapat meningkatkan kandungan gizi dari sayurannya

Namun, hal yang perlu diingat adalah mengukus makanan juga aturannya, terutama tentang seberapa lama kita mengukusnya. Untuk menjaga kualitas makanan, Moms harus tahu betul durasi mengukus setiap masakan. Agar tidak salah menghitung waktu, Moms dapat memilih food processor yang dilengkapi dengan fitur timer.

Selain penghitungan waktu tidak meleset, food processor juga membuat proses pengolahan makanan menjadi jauh lebih mudah. Jika Moms termasuk orang yang ingin serba praktis, Moms bisa memilih food processor yang memiliki kapasitas besar dan dilengkapi dua tingkat steam. Dengan begitu, Moms dapat dengan mudah memisahkan bahan makanan yang memiliki tingkat kematangan berbeda dalam satu kali proses.

Nah, bagaimana soal rasa? Bagi sebagian ibu hamil, menyantap makanan kukusan setiap hari akan terasa membosankan dan bahkan bisa menimbulkan rasa mual (eneg). Namun, Moms tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menyiasatinya makanan yang dikukus.

Variasikan Menu Kukusan

Tak hanya menu kukusan, menu masakan yang diolah selain dikukus pun akan terasa membosankan jika kita setiap hari mengonsumsi makanan yang sama. Jadi variasikanlah menu kukusan setiap harinya. 

Tambahkan Sambal

Banyak orang Indonesia menyukai menu pedas dan merasa tidak nafsu makan ketika makanannya kurang pedas. Buatlah sambal sesuai selera dan tambahkan di setiap makanan agar tidak merasa eneg saat makan makanan yang dikukus. Namun, bagi Moms yang tidak terbiasa dengan makanan pedas, harap berhati-hati saat mengonsumsinya ya. Sebab, bukan tidak mungkin Moms malah akan terserang diare saat hamil.

Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Ikan maupun daging-dagingan yang dikukus terkadang memang sedikit terasa eneg terutama untuk ibu hamil. Tambahkan tetesan lemon maupun jeruk nipis agar daging-dagingan maupun ikan terasa lebih nikmat saat disantap.

Santap Selagi Hangat

Selanjutnya, usahakan agar mengonsumsi makanan selagi hangat ya, Moms. Sebab, makanan hangat dapat memberikan aroma yang lebih kuat dibanding makanan yang sudah dingin. Aroma inilah yang akan merangsang indra penciuman dan bisa meningkatkan nafsu makan kita. Gunakan food processor untuk menghangatkan makanan jika makanan tersebut sudah dingin.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

661 Babymoov Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Lahiran di Masa Pandemi, Jaga Stamina dan Hindari Baby Blues

Para bumil khawatir melahirkan di masa pandemi ini? Pastikan untuk melakukan hal berikut dan mengonsumsi ini dari trimester pertama!

Sudah ASI, Tapi Kok Bayiku masih Kurus, ya?

ASI melimpah, tapi si Kecil kok kurus ya? Moms sering mendapat pertanyaan seperti ini? Simak berikut ini yuk!

Goreng, Rebus, atau Kukus? Mana yang Lebih Baik Untuk Ibu Hamil?

Mengapa mengukus makanan menjadi metode terbaik untuk ibu hamil? Yuk, temukan jawabannya di sini!

Tips Mengencangkan Kulit Kendur Pasca Melahirkan

Kulit yang mengendur biasanya menjadi salah satu hal yang dialami ibu pascamelahirkan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum

Pada dasarnya stretch marks tidak bisa dihilangkan, tetapi masih bisa disamarkan. Bagaimana caranya?

Tips Mencegah Stretch Marks saat Hamil

Menurut The National Health Service, stretch marks biasanya terjadi ketika bb ibu hamil bertambah.