Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menghilangkan Stretchmark

OTHERS  |  16 Jul '18


Stretch mark merupakan hal yang biasa terjadi pada perempuan terutama pada perempuan yang sedang hamil. Stretch mark merupakan munculnya guratan-guratan merah seperti nadi yang panjangnya bisa mulai milimeter hingga puluhan sentimeter.

Hilangkan stretch mark membandel dengan 4 perawatan rumahan ini :

Hilangkan stres, olahraga ini sebaiknya dilakukan usai bekerja

Stretch mark sendiri biasa terjadi pada keadaan ketika terjadi peregangan kulit secara berlebihan. Namun stretch mark juga bisa terjadi karena konsumsi obat-obatan dengan streoid tinggi, kekurangan nutrisi, dan juga keadaan di mana seseorang yang kelebihan berat badan, kurus dalam waktu yang singkat.
Banyak orang yang berasumsi bahwa stretch mark dan selulit itu sama. Nyatanya beda. JIka stretch mark merupakan guratan pada kulit akibat kulit yang meregang berlebihan, selulit adalah adanya penumpukan lemak pada kulit.

Cara menghilangkan stretch mark secara garis besar terbagi menjadi dua, yakni cara menghilangkan stretch mark secara medis dan alami. Secara medis bisa dengan penggunaan salep atau krim yang memang dikhususkan untuk mengurangi atau menyamarkan stretch mark, jika secara alami bisa dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan yang sudah disediakan oleh alam.

Cara menghilangkan stretch mark secara medis

  • Salep atau krim penghilang stretch mark
    Obat penghilang stretch mark sudah banyak dijual baik di apotek maupun supermarket. Obat-obat penghilang stretch mark ini saling menyatakan bahwa krim merk A atau B merupakan cara menghilang stretch mark dengan cepat. Nyatanya krim apapun itu hanya mampu untuk menyamarkan saja, bukan menghilangkan seluruhnya.
  • Lotion
    Dengan menggunakan lotion yang tentu saja cocok untuk jenis kulit yang Anda miliki secara rutin maka stretch mark perlahan-lahan akan menghilang. Memakai lotion setiap hari akan membuat kulit semakin kenyal dan juga mendorong perbaikan kulit yang signifikan.
  • Krim asam retinoat
    Asam retionat atau retin-A terbukti efektif untuk menghilangkan stretch mark. Retin-A akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar.

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dan cepat

  • Minyak vitamin E
    Vitamin E memang sudah dipercaya efektif untuk menghilangkan gangguan kulit ringan. Pakai minyak vitamin E secara rutin untuk hasil yang signifikan.
  • Minyak jarak
    Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami selanjutnya, ini karena minyak jarak kaya akan vitamin E yang mampu meregenerasi kulit. Caranya pun mudah. Oleskan minyak jarak pada stretch mark 2 kali setiap hari.
  • Minyak zaitun
    Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit . Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan oleskan pada stretch mark.
  • Cocoa butter Kandungan cocoa butter telah terbukti baik untuk kulit. Kandungannya yang antara lain alsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada sctretch mark dua kali sehari.
  • Bubuk coklat
    Sama halnya dengan cocoa butter, bubuk coklat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sctretch mark. Caranya adalah dengan membuat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air. Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.
  • Lidah buaya
    Dengan mengoleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada stretch mark, akan membantu kulit agar tetap kenyal dan elastis sehingga secara perlahan stretch mark akan hilang. Tidak hanya untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit Anda terbakar. Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada stretch mark. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Putih telur
    Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai lotion kulit alami. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.
  • Kentang
    Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar membantu regenerasi kulit. Anto-oksidan yang alami juga berperan penting agar stretch mark segera hilang. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada stretch mark. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Lemon
    Lemon kaya akan vitamin C yang berguna sebagai anti-oksidan. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch mark, proses regenerasi kulit agar terpicu sehingga stretch mark cepat hilang.

 

Semoga bermanfaat.

By: Maulidah

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

880 Maulidah Maulidah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Babyo Hati ke Hati : Juni 2020

Hi Moms, yuk simak Babyo Hati ke Hati edisi Juni berikut ini!

Babyo Hati ke Hati Ed#1

Hai Moms! Yuk simak Babyo Hati ke Hati edisi pertama dari Chief Editor Babyo.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Food Processor?

Apa aja sih yang perlu diperhatikan sebelum membeli food processor? Fungsinya, kapasitasnya, atau harganya?

FAQ - Babyo Story, Points, dan Babyo App

"Kok, artikelku lama banget di-publish-nya, sih?" Mau tahu alasannya? Yuk temukan di sini!

Kata Mertua VS Fakta

Perbedaan pendapat dengan mertua seringkali memicu ketegangan dalam rumah tangga.

Kamu Orang Tua Baru? Udah Tahu soal yang Satu Ini Belum?

Betulkah bayi yang menangis menjerit-jerit itu karena ia merasa lapar?

Hamil dan Bingung Harus Bagaimana?

Babyologist hadir sebagai social media platform untuk memberikan dukungan masa kehamilan & parenting.

Babyo App: Cara Share Story - Weekly Topic

Sekarang, Moms bisa menulis artikel “Weekly Topic” di Babyo App, lho! Simak di sini caranya!

Babyo App: Cara Share Story

Siapa yang suka share pengalaman di Babyo? Sekarang Share Story bisa dilakukan lewat Babyo App lho!

Babyo App: Cara Share Moment

Kini share moment lebih mudah dengan Babyo App. Yuk ikuti langkahnya di sini!

Apakah Ada Efek Samping dalam Menggunakan Pil KB?

Tahukah Moms, bahwa ternyata ketika menggunakan Pil KB akan menimbulkan efek samping?

Kapan Nano Punya Adik?

Tidak terasa sebentar lagi usia Nano 2 tahun, kira-kira kapan Nano akan punya seorang adik? Yuk, simak jawaban mom Lysa.

What To Bring While Traveling With 4 month Baby?

Tentunya setiap ibu ingin travelling bersama sang buah hati. Apa yang perlu dibawa saat travelling bersama si Kecil?

Ketidakcocokan Rh Selama Kehamilan

Ternyata ketidakcocokan Rh juga dapat berpengaruh sampai keguguran loh Moms, berikut informasi lengkapnya.

Pentingnya Asupan Bebas Gluten Bagi Kesuburan Pria dan Wanita

Jumlah gluten pada tubuh ternyata dapat mempenggaruhi berbagai hal loh Moms, yuk simak informasi selengkapnya.

Packing Essential Saat Liburan Bersama si Kecil

Tentunya setiap keluarga ingin pergi berlibur bersama anaknya, karena itu perlu disiapkan barang bawaan yang diperlukan.

Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan didefinisikan sebagai tumor ganas di faring, laring, atau amandel.

Bisakah Seorang Wanita Berovulasi Lebih Dari Satu Kali Per Siklus?

Apakah moms mengetahui bagaimana seorang wanita berovulasi dan akhirnya mengalami pembuahan? Yuk, simak informasinya!

Ide Bermain Anak - Pattern Game

Masih banyak barang bekas yang bisa dikreasikan untuk jadi mainan si Kecil loh Moms! Yuk, coba permainan berikut.

Apa itu Sindrom Down?

Apakah Moms pernah mendengar tentang sindrom down? Apa jenis, penyebab sindrom down dan bagaimana efeknya?