Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menghemat Energi Listrik Saat di Rumah Aja

MY STORY  |  OTHERS  |  PARENTING  |  12 Jun '20


Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan berbulan-bulan memang banyak menimbulkan efek negatif ya Moms. Selama lebih dari 3 bulan ini kita dipaksa untuk tetap berada di rumah guna menghindari tertular ataupun menjadi carrier virus. Banyak dari kita yang harus bekerja dari rumah sehingga tagihan listrik justeru semakin membengkak karena barang elektronik yang difungsikan semakin banyak. Jika Moms and Dads merasakannya, mungkin Moms and Dads perlu menerapkan beberapa tips yang saya lakukan. Simak yuk! 


1) Kurangi pemakaian barang elektronik di rumah
Ada baiknya Moms memilih barang elektronik yang basic saja meskipun tetap berbeda ya untuk setiap keluarga. Saya pribadi hanya menggunakan TV, AC, kulkas, laptop,dispenser, mesin cuci, rice cooker, dan kipas angin. Untuk barang elektronik lain sangat jarang saya pakai dan hanya disimpan di gudang.

2) Gunakan AC dengan bijak
AC merupakan salah satu barang elektronik yang tinggi daya sehingga menghabiskan kuota listrik. Seperti yang terjadi pada saya Moms karena menggunakan AC berdaya 1 PK sehingga perbulannya harus membeli voucher listrik prabayar lumayan, tapi setelah saya mengurangi penggunaan AC, saya bisa menghemat pengeluaran listrik sebesar 200 ribu per bulan lho Moms. Kebetulan rumah saya banyak jendelanya, jadi saya tidak perlu menggunakan AC sepanjang hari.

3) Pakailah lampu dan TV LED
Lampu LED memang lebih hemat jika dibandingkan dengan lampu pijar biasa Moms. Ketahanan lampunya pun lebih baik dari lampu pijar. Demi mengurangi konsumsi listrik di runah, sebaiknya Moms menggunakan lampu LED.

4) Alih-alih menggunakan Komputer PC, Moms and Dads bisa menggunakan laptop untuk WFH
Menggunakan laptop saat WFH selain lebih ringkas karena bisa dibawa berpindah tempat, laptop juga lebih hemat daya karena bisa dicabut saat baterei sudah penuh berbeda dengan komputer yang harus selalu terhubung dengan aliran listrik.

5) Cabut charger dan alat elektronik lain yang tidak terpakai
Setelah selesai charging handphone, biasanya kita sering lupa nih untuk mencabutnya. Kalau di rumah saya, Suami nih Moms yang sering lupa mencabut charger handphone atau obat nyamuk elektrik, jadi saya yang sering mengingatkan.

6) Kurangi konsumsi listrik saat malam hari
Maksimalkan pengurangan konsumsi listrik saat malam hari Moms dengan mencabut elektronik yang tidak terpakai dan tidak menyeterika saat malam hari.

7) Masaklah nasi dengan menggunakan air panas
Menanak nasi dengan air panas selain akan mempersingkat waktu memasak juga akan menghemat listrik Moms. Saya di rumah juga menanak nasi dengan air panas karena benar-benar mempersingkat waktu memasak.

8) Jika ingin air panas, bisa memasak air di atas kompor
Alih-alih menggunakan dispenser, saat ingin air panas Moms bisa nih memasak air sebentar karena akan menghemat listrik juga Moms. Menyalakan mode air panas pada dispenser menggunakan daya yang cukup besar, bahkan seperti punya saya berdaya 800 watt. Duh, sangat tidak worth it menurut saya Moms karena saya hanya membutuhkan air panas untuk menyeduh segelas kopi untuk Suami atau membuatkan susu untuk anak saya.

9) Jika memakai mesin cuci, tunggu sampai cucian agak banyak
Moms bisa mencuci baju saat agak banyak, kalau saya sendiri seminggu 2 kali cuci jadi lebih hemat. Selain hemat listrik juga hemat air dan deterjen.

Semoga bermanfaat.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

484 H Eka Putri

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Caraku Mengelola Keuangan Selama Pandemi

Yuk simak cara Mom Palo mengelola keuangan dengan bijak selama masa pandemi ini.

Tips Manajemen Keuangan Di Masa Pandemi

Moms and Dads, yuk simak tips mengatur keuangan keluarga di masa pandemi berikut ini.

Cara Sederhana Mencegah Kulit Kering Karena Pemakaian Hand Sanitizer

Yuk simak tips mencegah kulit tangan kering akibat hand sanitizer berikut ini.

DIY Stroller Pad Praktis Tanpa Mesin Jahit

Tidak semua stroller dilengkapi stroller pad saat pembelian. Nah, kali ini, saya bermaksud membagikan cara membuat stroller pad dari kain bedong [...]

Berkunjung ke Wisata Kampung Halloween Sekipan

Hai Moms, saya ingin menceritakan pengalaman pertama kalinya mengajak anak saya untuk berlibur. Kebetulan, saya memutuskan untuk berkunjung ke [...]

REVIEW : Wisata Edukasi di The World Landmark Merapi Park Yogyakarta

Moms yang lagi liburan sama si Kecil di Yogyakarta, ada tempat wisata yang bisa membuat si Kecil mengenal berbagai negara di dunia, loh. Namanya [...]

Caraku Mengatasi Rasa Bersalah Saat Bekerja

Berikut tips untuk working Mom agar tidak merasa bersalah saat harus meninggalkan untuk bekerja

Haruskah si Kecil Memiliki Tabungan Sendiri?

Perlukah kita membuat tabungan sendiri untuk si Kecil? Buat saya pribadi sih PERLU BANGET. Kenapa?

Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih pada Nenek yang Menjaga Anak Kita

Sebagian besar Working Moms memilih menitipkan anak pada keluarga, baik itu Orang Tua ataupun Mertua jika memungkinkan.

Mompetition Di Social Media, Yuk Hadapi Dengan Bijak!

Menjadi Mom zaman now memang tidak mudah, salah satunya adalah ketika harus berhadapan dengan social media.