Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Menghadapi Mogok Makan Anak

FEEDING  |  MY STORY  |  12 Jul '19


Hampir semua mommy pasti pernah mengalami atau mungkin akan mengalami saat–saat dimana anak GTM. Masa–masa dimana mommy galau dan cemas. Takut kurang gizi lah. Takut perutnya ga kuat lah. Takut jadi gampang sakit lah. Takut bb turun lah. Dan bermacam2 ketakutan lainnya.

Yuk, kita sama–sama sharing apa aja yang sudah pernah mommy coba untuk mengatasi GTM. Bagi saya pribadi, sesuai dengan pengalaman dengan anak saya pribadi, ini cara–cara mengatasi anak saya saat GTM:

1. Yang paling utama, mommy keep calm jangan panik

Kita paling sering panik kalau anak ga mau makan, apalagi yang ga mau nyusu juga. Karena dengan kita tenang, kita baru bisa melihat situasi apa yang sedang dialami anak.

2. Cari tau kenapa dia GTM

Makanannya dia ga suka kah? Apa ada gigi yang tumbuh? Apa dia kurang enak badan? Sakit tenggorokan? Apa dia belum siap naik tekstur? Coba cari tau, dengan tau penyebabnya, kita baru bisa kasih remedynya kan.

Kalau mommy merasa dia ga kenapa–kenapa, tapi emang ga mau makan, coba tes dengan makanan yang menurut kita orang dewasa juga enak, makanan resto yang enak. Kalau dia mau makan, berarti emang dia ga suka makanannya. Berikan dulu yang dia suka, supaya dia mau makan, nanti pelan–pelan baru diajarkan makanan yang sehat.

3. Perhatikan jarak waktu susu dan makan

Jangan terlalu dekat waktu pemberian susu dan makan. Ini biasanya membuat anak lebih kenyang dan jadi ga mau makan. Kalau di anak saya, dulu karena saya takut dia kurang gizi karena GTM berkepanjangan, saya memberikan dia susu untuk anak yang susah makan. Dan ternyata oh ternyata malah inilah penyebab dia ga mau makan, karena susu anak kurang makan ini membuat anak kenyang lebih lama. Setelah saya stop, dalam beberapa hari, anak berangsur makan lebih banyak.

4. Beberapa anak mau makan sambil main, beberapa anak malah susah makan saat main/Youtube-an

Coba lihat tipe anak. Ada anak yang pas main, ga sadar mulutnya buka trus kita tinggal suap2. Ada anak yang malah saat main/nonton, menjadi sangat konsentrasi sampai2 ga bisa buka mulut ataupun ngunyah, ujung2nya makanannya hanya diemut.

5. Kreatif dan Fleksible

Mommy, kita semua memang ingin mengikuti saran dan aturan yang diberikan dokter tentang bagaimana makanan yang sehat untuk anak dan bayi kita. Tapi kalau semua itu membuat anak tidak bisa makan, kita harusnya bisa lebih fleksibel.

Mari lihat apa sih sebenarnya yang dibutuhkan dan anak kita mau. Seperti saya contohnya, anak saya umur 9 bulan. Dari 6 bulan makannya selalu pintar, mau buah, sayur, daging, apapun makannya sangat lahap. Tapi diumur masuk 9 bulan, tiba–tiba anak saya benar2 GTM. Tidak mau sama sekali buka mulut. Akhirnya, saya mau ga mau coba memberikan sedikit sekali garam ke makanannya, dan untungnya dia mau. Jika menurut aturan, gula dan garam memang tidak baik diberikan untuk anak dibawah 1 tahun. Tapi, daripada anak ga mau makan, ya sudah saya berikan. Setelah beberapa hari nafsu makannya kembali, saya mulai selingi dengan makanan tanpa garam, dan hasilnya GTMnya berlalu mommy.

Jadi, mommy kita ga bisa kaku dan berpatok pada 1 aturan baku. Karena anak juga manusia kan, adakalanya dia bosen atau eneg dengan makanan yang itu–itu aja. Atau ada anak yang maunya rasanya itu–itu aja dan ga mau coba makanan baru. Berikan aja yang dia mau, lama–lama kalau dia bosen, pasti juga minta makan yang lain kok. Yang penting anaknya makan dulu, baru pelan–pelan kita ajarkan makanan yang baik.

6. Waktu makan yang terlalu lama

Dulu, ingat waktu anak pertama, makan bisa 1 jam sampai 1.5 jam. Setelah saya baca artikel2 parenting, ternyata ini juga ga baik. Disiplinkan anak makan hanya 30 menit paling lama. Udah 30 menit, ga habis stop. Biarpun dia ga kenyang ya mom. Nanti biar jam makan berikutnya dia tau, dia harus makan lebih cepat supaya ga kelaparan. Karena kalau kita ikutin maunya anak, dia akan belajar kalau makan itu ga masalah selama apapun yang dia mau, dan ujung–ujungnya, karena makannya kelamaan, saat jam makan berikut dia juga ga begitu lapar.

7. Multivitamin/Suplemen nafsu Makan

Beberapa anak mungkin cocok dengan suplemen makan tertentu. Tapi ini harus di kontrol ya mom. Ada anak yang jadinya bablas dan malah jadi obesitas. Beberapa suplemen seperti Moller’s fish oil, Madu, ataupun Multivitamin penambah nafsu makan mungkin boleh di coba kalau mom sudah sangat desperate. Untuk anak saya sendiri, suplemen makan ga gitu pengaruh, karena dia susah banget minum obat, tapi saya pake oil dari Botanina (comforting oil). Ini bukan endorse ya, hanya sharing pengalaman, barangkali ada mommy lain juga ngalamin hal yang sama. Sudah saya coba, dan bandingkan dari Oil lain juga yang populer belakangan ini seperti Lemongrass oil, oil ini cukup ngefek mom di anak saya. Saya rasa, karena daya tahan tubuh bagus, anak jadi lebih nafsu makan.

8. Makanan yang menarik

Ini untuk anak dengan usia yang udah besaran ya mom, mungkin bisa mengkreasikan makanan dengan tampilan yang lucu dan menarik supaya mereka tertarik untuk makan. Contoh anak saya, makan roti tawar dengan coklat dia ga mau, tapi kalau roti tawar dengan selai coklat yang sudah saya cetak bermacam–macam, selalu habis. Nah, jadi sebenarnya dia suka rasanya, hanya tampilannya dia ga suka. Atau, kalau anaknya ga suka sayur, sayurnya bisa di sembunyiin di bagian makanan lain yang sudah di kasih penampilan menarik supaya mereka mau makan. Ya, be creative mom! Supaya anak mau makan.

Intinya mom, jangan panik dulu, sabar dan stay positive ya. Masa–masa GTM pasti berlalu kok. Ada nanti saatnya anaknya akan makan lebih mudah. Semangat mommy!!
 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

401 Christine Natalia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Merawat Botol Susu Agar Tahan Lama

Hai Moms, Siapa disini yang setuju bahwa merawat si Kecil membutuhkan banyak biaya? Memiliki

Pengalaman Bendungan ASI yang Tak Terlupakan

ASI yang mampet bisa terjadi pada Ibu menyusui. Bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

Manfaat Kolang Kaling

Resep manisan kolang kaling berikut ini bisa menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa. Simak yuk!

Ceritaku Memberikan Enfamil Gentle Care A+

Simak cerita Mom Dwi berikut ini mengenai Enfamil Gentle Care A+.

Tips dan Trik Mengganti Sufor Lama ke Sufor Baru

Simak tips mengganti susu formula si Kecil berikut ini yuk Moms and Dads.

Metode Blansir MPASI: Smart Mom, Save Money!

Di tengah pandemi ini kita tidak mungkin belanja ke pasar setiap hari. Bagaimana caranya agar sayuran bisa bertahan lama?

Cara Menyapih Anak yang Cuma Mau ASI

Bagaimana cara menyapih si Kecil yang sama sekali tidak mau susu lainnya selain ASI? Simak pengalaman Mom Selvi berikut ini.

Busui Jangan Takut Minum Kopi. Ini Tips Minum Kopi ala Saya

Busui tapi ingin mengonsumsi kopi? Tenang Moms asal sesuai dengan takaran aman kok

Cracked Nipple pada Ibu Menyusui

Puting Moms lecet? Yuk atasi dengan cara berikut ini

Produksi ASI Tiba-Tiba Berkurang? Ini Alasannya

Mengapa produksi ASI bisa berkurang?

Mengenal Tentang ASI dan Perbedaannya dengan Susu Sapi

Moms, taukah bagaimana produksi ASI saat pertama kali si kecil nenen?

Tips Menaikkan Berat Badan si Kecil

Saya mau berbagi tips nih moms bagaimana cara menaikkan berat badan si kecil

Tips Menaikkan Berat Badan Walaupun Anak GTM ala Bunda Braga

Bagaimana sih caranya anak GTM tetapi berat badan tetep bisa naik?

Anak Susah Makan dan BB Seret (Part 2)

Susah makan bisa menyebabkan si Kecil susah makan dan berat badannya susah naik loh Moms

Tips Menghadapi GTM pada Anak

Yuk cari tahu penyebab si Kecil GTM dan bagaimana cara mengatasinya

Ini Dia 5 Makanan Tinggi Zat Besi untuk si Kecil

Kenali sumber zat besi alami dari makanan yang bisa Moms berikan pada si kecil yuk!

Chocolate Cake dengan Slow Cooker! Must Try This Recipe!

Slow cooker juga bisa loh mom untuk membuat cemilan bagi Moms & si Kecil.

Pengalaman saat Anak GTM dan Tips Menghadapinya

Gerakan tutup mulut atau yang lebih dikenal dengan istilah GTM, tentu sangat dikhawatirkan setiap Moms.

Hasil Pumping yang Didapat Sedikit? Coba Lakukan Teknik Power Pumping

Jika dilakukan dengan rutin power pumping bisa memancing ASI keluar lebih banyak

Cara Membekukan dan Mencairkan ASIP yang Benar

Bagaimana cara mendinginkan & mencairkan ASIP dengan benar? Yuk simak tips berdasar pengalaman saya