Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mengembangkan Hubungan antara Ibu dan Bayi

PARENTING  |  27 Nov '18

Mengembangkan ikatan yang dalam antara Anda dan bayi tentu akan membutuhkan waktu. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Moms terapkan agar hubungan dengan si Kecil dapat terbentuk dengan tepat dan lebih mudah:

Ketahui isyaratnya

Bayi Anda memiliki cara tersendiri untuk mengomunikasikan keinginan dan kebutuhannya. Dengan memperhatikan bahasa tubuhnya dan mendengarkan suara yang ia keluarkan, Moms akan segera belajar membaca isyaratnya.

Dapatkan kepercayaannya

Dengan menanggapi isyarat bayi dan memberinya respon dengan tepat, Moms akan membangun rasa percayanya terhadap Moms. Si Kecil akan tahu bahwa kebutuhannya dapat dipenuhi dan dia berada di penanganan yang aman. Setelah itu, Moms juga dapat membantunya belajar mengatasi perubahan lingkungannya dengan menenangkan dirinya ketika gelisah.

Konsisten

Secara konsisten menanggapi bayi akan membuatnya merasa dijaga dan tetap aman. Bicaralah dengan bayi ketika hendak menggendong, bermain, memberinya makan atau mengganti popoknya. Tidak masalah jika dia tidak mengerti kata-katanya, si Kecil masih akan menemukan kenyamanan dari respon suara Anda.

Berinteraksi dengannya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima perhatian dan dukungan yang konsisten dan positif cenderung memiliki keuntungan seumur hidup dalam kesehatan fisik, mental, sosial dan emosional. Jadi mulailah berinteraksi dengan bayi Anda melalui sentuhan, pijat, bermain bersama, dan lain sebagainya.

Jagalah dirimu sendiri

Meskipun memantau dan menjaga si Kecil merupakan tugas yang penting, Moms jangan sampai lupa juga kalau kesehatan tubuh sendiri juga merupakan hal yang penting. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk makan dengan baik, dapatkan udara segar dan istirahat yang cukup.

Merasa sedih, tertekan, dan lelah adalah perasaan yang dialami banyak orangtua. Depresi, kecemasan dan perubahan suasana hati lainnya semua sangat umum dan sangat penting untuk ditangani. Kesejahteraan emosional Moms akan berdampak pada si Kecil juga.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

1689 Babyologist Indonesia Send Message to Writer

Related Stories