Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga

BRANDS  |  FEEDING  |  16 Apr '19

Let Down Reflex (LDR) merupakan refleks alami keluarnya ASI dari payudara. Refleks yang juga disebut dengan refleks oksitosin ini terjadi ketika saraf dalam payudara ibu terstimulasi oleh isapan mulut bayi atau pompa ASI. Saat itu hormon oksitosin akan memicu otot-otot penghasil ASI untuk berkontraksi dan mengalirkan ASI.

LDR penting untuk keberhasilan proses menyusui bayi. Apabila LDR berjalan lancar, tentunya pertumbuhan si buah hati juga akan berjalan sempurna. Pada dasarnya LDR akan terjadi apabila ada rangsangan. Namun ternyata tak sedikit kasus ibu yang mengalami LDR secara tiba-tiba. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Menyusui si Kecil (tetapi TIDAK DISARANKAN jika bayi baru selesai menyusui/masih kenyang)

LDR memang salah satu tanda bahwa ASI siap diisap si Kecil. Jadi, Moms boleh saja memberikan ASI kepada si Kecil. Namun, jangan beri dan paksa si Kecil jika ia baru saja selesai menyusui atau masih kenyang. Sebab, lambung bayi masih sangat kecil sehingga ia hanya butuh asupan ASI dalam jumlah tertentu sesuai dengan usianya.

Memompa ASI

Memompa ASI merupakan salah satu solusi terbaik mengatasi LDR yang datang secara tiba-tiba. Moms bisa memompa ASI jika si Kecil masih kenyang. Memompa ASI tentunya tidak akan menjadi masalah jika Moms sedang berada di rumah. Moms bisa menyiapkan alat pompa dan memompa ASI secepatnya.

Mencegah ASI Bocor dengan Nursing Pad

Nah, masalahnya bagaimana kalau LDR ini terjadi saat Moms berada di luar rumah? Misalnya saat Moms ada di acara pesta ataupun saat meeting di kantor? Untuk mengatasi LDR di situasi-situasi yang tak terduga, Moms disarankan untuk memakai breast pad atau nursing pad agar ASI tidak bocor pada pakaian.

Nursing pad akan menyerap cairan ASI yang keluar sehingga tidak akan tembus ke pakaian. Jadi, dengan memakai nursing pad yang sesuai, tentunya Moms akan lebih nyaman dan percaya diri dalam beraktivitas meskipun masih dalam masa menyusui.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

2664 Spectra Baby Indonesia

Comments

Related Stories