Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Tips Mengatasi Kulit Bayi yang Kering dan Dehidrasi

BRANDS  |  OTHERS  |  08 Nov '18

Kulit bayi yang masih sensitif membutuhkan perawatan yang khusus. Banyak produk skincare bayi yang tersedia dengan istilah-istilah yang tidak jarang membuat kebanyakan Moms bingung. Di antaranya adalah moisturizing dan hydrating. Meskipun kedua istilah tersebut sama-sama untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit, namun faktanya kedua istilah tersebut memiliki fungsi yang berbeda.  

Hydrating dan moisturizing sering dianggap hal yang sama dan tidak jarang dianggap sebagai strategi marketing, padahal keduanya berlainan. Moisturizing berarti melembapkan, sedangkan hydrating artinya menghidrasi.

Bedanya Hydrating dan Moisturizing

Hydrating (menghidrasi) ditujukan untuk kulit yang dehidrasi atau kekeringan yang mengindikasikan kurangnya air pada kulit, tetapi sifatnya tidak konstan. Sedangkan, moisturizing (melembapkan) ditujukan untuk jenis kulit kering akibat kurangnya minyak yang sifatnya konstan pada permukaan epidermis kulit.

Hydrating

Kulit yang mengalami dehidrasi membutuhkan produk yang dapat menghidrasi. Kulit bayi dapat mengalami dehidrasi dari berbagai faktor, salah satunya penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan-bahan yang tidak dapat diterima oleh kulit bayi yang sensitif seperti kandungan bahan kimia yang berbahaya.

Jika si Kecil memiliki kondisi seperti ini, Moms dapat mengatasinya dengan memberikan produk perawatan kulit khusus bayi yang memiliki fungsi hydrating. Tujuan utama produk hydrating adalah untuk meningkatkan kandungan air dalam kulit untuk melawan dehidrasi, mencegah tanda-tanda penuaan dan melindungi kulit. Umumnya produk hydrating merupakan pelembab berjenis humectant yang dapat menyerap air ke dalam kulit.

Produk hydrating memiliki tekstur lebih cair (water-based) dan biasanya mengandung aloe vera, propylene glycol, glycerin, hyaluronic acid atau pantenol.

Moisturizing

Kulit kering membutuhkan produk yang dapat melembapkan kulit. Kondisi kulit kering terjadi karena ketidakmampuan kulit untuk menghasilkan jumlah minyak yang dibutuhkan untuk mengunci dan menjaga kelembapan. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan produk yang termasuk ke dalam kategori moisturizing. 

Moisturizing memiliki fungsi untuk mengunci kelembapan dan mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Produk moisturizing umumnya akan memberikan efek kulit terasa lebih lembut dan halus. Selain itu, moisturizing berfungsi untuk mencegah moisture loss, bukan menambah moisture di kulit.

Produk moisturizing khusus bayi umumnya mengandung bahan dasar yang alami seperti petroleum jelly, jojoba oil, argan oil, avocado oil, sweet almond oil, macadamia nut oil, cottonseed oil dan shea butter yang berfungsi untuk menghambat penguapan air pada permukaan kulit.  

Mana yang lebih baik untuk digunakan?

Tentunya kembali kepada kebutuhan kulit si Kecil. Jika kondisi kulit bayi Anda dehidrasi, maka gunakan produk perawatan kulit hydrating. Namun jika kondisi kulit bayi Anda kering, maka gunakan produk perawatan kulit moisturizing. 

Bagaimana cara mengetahui kondisi kulit bayi dehidrasi dan kering? Kulit yang mengalami dehidrasi umumnya mudah terkena masalah kulit seperti ruam, jerawat, dan iritasi. Sedangkan kulit kering umumnya didapatkan sejak dari lahir, terasa kasar, dan terlihat kusam.

Untuk perawatan sebaiknya menggunakan hydrating terlebih dahulu untuk menambah kadar air pada kulit. Lalu gunakan moisturizing untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit. Sehingga kulit bayi akan tetap halus dan lembut. Pastikan produk yang dipilih untuk bayi berbahan dasar alami tanpa ada campuran bahan kimia yang berbahaya bagi kulit bayi.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

2806 Naif Care

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Babyo Review Pigeon Japan Vernix Skincare

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang tipis dan sel yang lemah, untuk itu ia memerlukan perawatan kulit khusus bayi.

Mana Lebih Baik, Unscented atau Scented?

Terdapat banyak pilihan produk perawatan kulit, salah satunya adalah scented & unscented. Namun, manakah yang lebih baik?

Merawat Kulit Bayi

Perawatan kulit bayi nyatanya tidak boleh sembarangan, terutama jika ia memiliki kulit yang sensitif.

Seberapa Sering Bayi Harus Mandi?

Bayi yang dimandikan 2 kali sehari ternyata berisiko membuat kulitnya menjadi kering. Maka, apa yang sebaiknya dilakukan?

Hipotermia pada Bayi dan Cara Mencegahnya

Setelah lahir, tubuh bayi belum dapat mengatur suhu sehingga dapat menyebabkan ia mengalami hipotermia.

Pentingnya Hood pada Stroller si Kecil

Apakah Moms tahu bahwa stroller hood memiliki fungsi untuk keamanan dan kenyamanan si Kecil?

Cara Ampuh Mengajarkan Bayi Tidur Sesuai Jadwal

Agar si Kecil dapat memahami jam tidur yang baik, mula-mula ia harus dapat membedakan antara siang dan malam.

Barang Ini Wajib Dibawa ketika akan Traveling

Alas atau bantalan sangat penting bagi si Kecil saat berada di stroller dan car seat. Mengapa demikian?

Tips Tidur Nyaman di Stroller

Ketika bepergian dengan si Kecil, stroller menjadi salah satu kebutuhan paling penting yang harus dibawa.

Cukupkah Topi dan Payung untuk Menghindari Sunburn?

Untuk melindungi si Kecil dari sinar matahari yang menyengat, bayi diberikan topi dan payung, namun apakah sudah cukup?

Apakah Anak Berusia 4 Tahun ke Atas Masih Memerlukan Stroller?

Meskipun identik dengan bayi, stroller ternyata juga berguna bagi anak pra sekolah ketika traveling.